Top Brand HP DI Indonesia Kini Berganti?

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – Top Brand HP DI Indonesia Kini Berganti? Lembaga riset Counterpoint Research baru-baru ini merilis laporan bertajuk ‘Monthly Indonesia Channel Share Tracker’. Dari riset itu diketahui Oppo menguasai pasar smartphone di tanah air.

Seperti dikutip CNBC Indonesia, pandemi Covid-19 dan kekurangan komponen secara global telah membuat pengiriman smartphone ke Indonesia turun 6% pada kuartal III-2021 dibandingkan kuartal yang sama 2020. Dalam laporan tersebut disebutkan OPPO, Xiaomi, Samsung, Vivo, dan Realme menghadapi tantangan pengiriman karena masalah kekurangan komponen.

Dalam riset Counterpoint Research, pada kuartal III-2021, OPPO berhasil menggeser posisi Xioami sebagai penguasa pasar smartphone Indonesia, yang pada kuartal II-2021 berhasil menyabet gelar bergengsi ini. OPPO memiliki pangsa pasar 22%.

“Oppo menjadi vendor yang paling tidak terpengaruh oleh kekurangan komponen selama kuartal tersebut. Ini sebagian karena dampak terbatas dari kenaikan infeksi Covid-19 dan PPKM pada manufaktur OPPO di Indonesia,” tulis Paula Ruth selaku analis Counterpoint Research.

Baca juga : Wah , 3 Raksasa Teknologi Ini Kena Hukuman Oleh Xi Jinping

Posisi kedua diduduki oleh Samsung yang memiliki pangsa pasar 19%. Pada kuartal III-2021, kinerja Samsung di Indonesia meningkat karena peluncuran smartphone baru dan pemulihan bertahap dari masalah produksi setelah pelonggaran lockdown di Vietnam.

Xiaomi berada di peringkat keempat. Produsen smartphone yang didirikan Lei Jun ini terlempar dari posisi bergengsi karena masalah kekurangan komponen. Ada juga masalah peningkatan biaya komponen yang membuat Xiaomi menaikkan harga empat model smartphone-nya pada pertengahan Oktober, yaitu Redmi 9A, Redmi 9C, POCO M3 Pro 5G dan Redmi Note 10 5G.

Adapun peringat ketiga diduduki oleh Vivo dengan pangsa pasar 18%. Peringkat lima ada Realme dengan pangsa pasar 12%. Vendor smartphone lainnya menguasai 11% pasar.

Counterpoint Research melihat adanya tanda-tanda pemulihan di Indonesia menjelang akhir kuartal II-2021 karena menurunnya kasus Covid-19. Namun prospek pertumbuhan industri smartphone Indonesia dalam waktu dekat akan dipengaruhi oleh ketidakpastian pasokan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *