Tips Tidur Nyaman Meski Punya Sakit Punggung

Sakit punggung sering menjadi keluhan yang cukup mengganggu. Bahkan, masalah ini juga bisa membuat kualitas tidur menurun. Akibatnya, Anda jadi kurang tidur dan memiliki mood buruk keesokan harinya. Jangan khawatir, meski punya sakit punggung, Anda tetap dapat tidur dengan nyaman. Simak tipsnya berikut ini.

Sakit punggung bisa mengganggu tidur

Sebelum mengulas tips tidur nyaman dengan sakit punggung, akan lebih baik jika Anda memahami mengapa Anda jadi sakit punggung lebih dahulu.

Punggung Anda terdiri atas otot, ligamen, tendon, jaringan, piringan, dan tulang kompleks yang bertugas untuk menopang tubuh dan membantu Anda bergerak.

Nyeri punggung bisa menyerang sepanjang tulang belakang. Pada kebanyakan kasus, sakit punggung disebabkan oleh ketegangan otot, akibat kebiasaan dan postur tubuh yang buruk. Namun, bisa juga terjadi karena adanya masalah kesehatan tertentu.

Kemungkinan masalah kesehatan tersebut disebabkan adanya peradangan pada tulang belakang, kelainan tulang belakang, kelainan aorta, atau adanya tumor di dada.

Tips tidur dengan nyaman meski punya sakit punggung

Sakit punggung dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Malah, hal ini juga bisa diperparah dengan kebiasaan tidur yang buruk. Padahal, tidur yang cukup mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Supaya Anda bisa tidur dengan nyaman dan dapat beraktivitas bebas dari sakit punggung, ikuti tipsnya berikut ini.

1. Pilih kasur yang nyaman

Selama 6 hingga 8 jam, Anda menghabiskan waktu di atas kasur. Itulah sebabnya, kasur yang digunakan sangat berpengaruh pada sakit punggung yang Anda alami. Jika kasur yang sekarang digunakan membuat Anda tidak nyaman, sebaiknya ganti dengan kasur baru.

Memilih kasur yang tepat untuk sakit punggung, mungkin tidak mudah. Memiliki kasur dengan permukaan terlalu keras saat tidur bisa memperparah sakit punggung. Namun, kasur yang terlalu empuk juga bisa membuat tubuh Anda tenggelam ke dalam sehingga sendi mendapatkan banyak tekanan bahkan terpelintir.

Jadi, harus bagaimana? Ahli kesehatan merekomendasikan Anda untuk memilih kasur berdasarkan kenyamanan yang Anda rasakan saat digunakan. Sebaiknya, Anda mencoba kasur terlebih dahulu langsung di tokonya ketimbang membelinya secara online.

2. Pilih posisi tidur yang sesuai

leher sakit

Selain pilihan kasur, Sleep Foundation menyebutkan bahwa posisi yang sesuai juga membantu Anda tidur dengan nyaman tanpa sakit punggung.

Ada beberapa posisi tidur yang direkomendasikan untuk orang yang nyeri punggung, antara lain:

  • Tidur miring dengan bantal di kepala dan diapit kedua lutut yang ditekuk.
  • Tidur menyamping dengan menekuk lutut hingga mengenai siku Anda, seperti posisi janin dalam perut.
  • Tidur dengan posisi telentang, bantal di belakang kepala, dan tangan diletakkan di atas perut.

Apa pun posisi yang Anda pilih, pastikan keselarasan tulang punggung tetap terjaga. Jika Anda mulai tidak nyaman dengan satu posisi, ganti dengan posisi yang lain.

Saat ingin bangun atau berbaring, gerakkan tubuh Anda perlahan. Jangan menggerakkan tubuh secara cepat, menyentak, dan tiba-tiba. Bangun dengan gerakan mendadak ketika tidur dapat memicu sakit punggung.

Ketika ingin bangun, bertumpulah pada tangan Anda. Baru setelahnya geser tubuh Anda ke sisi kasur dan turunkan kaki dari tempat tidur.

3. Lakukan hal-hal yang membantu tidur jadi lebih nyaman

manfaat berendam air panas

Ada banyak hal yang bisa membantu Anda tidur dengan nyaman tanpa diganggu sakit punggung, misalnya mandi air hangat. Mandi air hangat bisa meredakan otot-otot tubuh yang tegang sehingga mengurangi sakit punggung yang Anda rasakan.

Bisa juga dengan mengompres sebentar bagian punggung yang sakit dengan air hangat. Tempelkan handuk kompres ke bagian punggung yang nyeri selama 10 hingga 20 menit sebelum tidur.

Apabila kondisi ini sampai menimbulkan rasa sakit yang tak kunjung hilang, berkonsultasilah ke dokter. Dokter mungkin akan memberikan beberapa resep untuk mengatasi sakit punggung yang Anda alami.

Minumlah obat tersebut sesuai dengan ajuran dokter agar Anda bisa tidur dengan nyaman meski punya sakit punggung.

Baca Juga:

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *