8 Tips Menghemat Uang yang Bisa Anda Terapkan

Daftar Indodax

Ada beberapa tips menghemat uang yang bisa Anda terapkan. Hal itu bisa Anda pelajari dari buku, artikel atau orang yang sudah paham tentang finansial. Sebenarnya mengatur keuangan sangat mudah, Anda bisa mulai dari mengatur pengeluaran makan, minum, hingga hiburan.

Hal-hal tersebut adalah pengeluaran yang sering orang remehkan. Padahal jika tidak pandai mengaturnya bisa berdampak pada kesehatan keuangan kita. Agar tidak berlama-lama lagi. Yuk, simak beberapa tips di bawah ini.

Tips Menghemat Uang

Selain menjadikan keuangan tetap aman, menghemat uang juga bisa cepat bikin kita menambah kekayaan. Alhasil, kita tidak perlu pusing memikirkan cicilan atau kebutuhan hidup lainnya. Berikut cara menghemat uang:

  1. Alokasikan pendapatan dan pengeluaran

Anda harus bisa mengalokasikan pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemasukan Anda sudah cukup atau tidak. Hal ini akan sulit dalam proses alokasi dana jika pengeluaran Anda lebih banyak dibandingkan pendapatan.

Oleh karena itu, Anda harus mulai menghitung pengeluaran tetap dan mulai mengalokasikannya. Pengeluaran tetap seperti belanja bahan pokok, asuransi atau lainnya yang bersifat penting.

Sedangkan solusi untuk mengatasi pengeluaran yang lebih banyak dibandingkan pemasukan adalah mengurangi daftar belanja yang tidak penting atau bisa dengan menambah penghasilan.

  1. Prioritaskan kebutuhan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, yaitu mengurangi daftar belanja yang tidak penting. Anda harus bisa memprioritaskan mana keinginan dan kebutuhan. Tentu saja hal ini sangat penting jika Anda ingin berhemat setiap bulannya.

Kebutuhan adalah sesuatu yang tidak bisa Anda tunda, contohnya adalah pangan, telekomunikasi, dan transportasi. Sedangkan, keinginan yang mungkin tidak begitu penting tiap bulannya adalah liburan, membeli aksesoris yang tidak dibutuhkan, hingga liburan.

  1. Bijak menggunakan kartu kredit

Memiliki kartu kredit bukanlah larangan, selama Anda menggunakannya dengan bijak. Alangkah baiknya kartu kredit digunakan untuk hal-hal yang produktif, seperti biaya berdagang atau membiayai sebuah usaha.

  1. Buatlah rekening tabungan terpisah

Jika saat ini masih menggunakan satu rekening untuk tabungan dan belanja, maka Anda bisa menggunakan rekening secara terpisah. Dengan begitu, Anda bisa fokus membagi tabungan dan pengeluaran.

Tak hanya itu, hal ini juga bermanfaat agar tabungan Anda tidak terpakai untuk belanja. Hal ini sudah terbukti efektif bagi sebagian orang. Jika uang di rekening belanja Anda sudah menipis juga menjadikan pengingat bahwa Anda harus berhenti membuat pengeluaran.

Bagi Anda yang ingin membandingkan dan mendaftar rekening tabungan dari berbagai bank ternama di Indonesia, Anda bisa melakukannya di Financer.com.

Di Financer.com, Anda juga bisa melihat review dan membandingkan semua produk keuangan lainnya.

  1. Terapkan gaya hidup minimalis

Tips menghemat uang selanjutnya adalah menerapkan gaya hidup minimalis. Hidup demikian bukan berarti pas-pasan atau pelit terhadap diri sendiri. Namun, memenuhi kebutuhan sesuai dengan porsi masing-masing.

Anda juga bisa menghemat pengeluaran dengan berbelanja saat promo. Namun, pastikan belanjaan tersebut adalah kebutuhan bukan keinginan ya. Untuk mengetahui segala macam promo, Anda bisa cek website kuponq.com. Hal ini sangat berguna jika selalu update.

  1. Membawa bekal ke kantor

Tips yang satu ini berguna bagi Anda yang sudah bekerja. Membawa bekal ke kantor adalah salah satu kiat berhemat yang terbukti efektif. Bayangkan saja ketika Anda tidak membawa bekal, Anda bisa saja menghabiskan Rp20 ribu untuk sekali makan atau bisa saja lebih.

Sedangkan jika Anda membawa bekal, Anda hanya membawa masakan dari rumah yang termasuk pengeluaran pokok. Hal ini jika dihitung per hari, kalau selama satu bulan? Pastinya sudah lumayan pengeluaran tersebut untuk ditabung.

  1. Kurangi nongkrong

Saat ini baik para remaja hingga orang kantoran suka nongkrong di kafe. Tentu saja jika berlebihan ini termasuk ke dalam pengeluaran yang kurang penting. Oleh karena itu, Anda bisa mengurangi nongkrong dan memilih ngopi di rumah saja.

Meskipun biaya nongkrong terbilang sedikit jika terus Anda lakukan tanpa sadar pengeluaran tersebut juga banyak. Pastinya Anda juga akan memesan kopi dan cemilan. Belum lagi jika nongkrong bersama teman-teman dan diminta untuk membayarkan mereka.

  1. Pintar dalam memilih barang

Jangan remehkan satu ini, jika Anda asal-asalan dalam memilih barang belanjaan, maka hal tersebut juga membuat pengeluaran Anda menjadi lebih banyak. Sebagai contoh, Anda membutuhkan penanak nasi, Anda tidak melihat review dan asal membeli. Tak sampai 1 bulan produk tersebut sudah rusak.

Tentu saja Anda harus mengeluarkan uang kembali untuk membeli produk tersebut. Bagi Anda sebaiknya melihat ulasan terlebih dahulu dalam membeli produk, kami sarankan untuk mengecek website Duniapedia.com karena di sana terdia banyak review yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli barang.

Nah, itu dia 8 tips menghemat uang dengan mudah yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *