Tips Anti Stres dari Dapur Wanita Ini Ternyata Jawaban Segala Keluh Kesah Ibu Rumah Tangga

Daftar Indodax

Sejak sebelum Corona datang, ibu rumah tangga atau ibu bekerja yang mengasuh anak sudah banyak memendam uneg-uneg. Apalagi begitu pandemi datang, harus di rumah saja, mau tak mau berhadapan dengan berbagai urusan rumah, capek dan stres itu semakin bagai lingkaran setan. Salah satunya adalah dalam hal memasak.

Memutar menu masakan, atau anak dan suami ingin makan ini itu, tapi pekerjaan masih menumpuk dan belum sempat bikin apa-apa. Gejala ini sangat dipahami Anne Avantie. Kita tahunya beliau adalah perancang busana. Tapi, ternyata ia memiliki channel Youtube yang salah satu segmennya adalah tentang masakan.

Dalam salah satu videonya, Anne Avantie yang juga kerap dipanggil bunda ini membagikan cara agar para wanita tidak stres di dapur. “Ibu-ibu itu.. Emak-emak itu, bawaannya kemrungsung, kudu ngamuk wae, di rumah seperti mau melalap manusia. Semua gak kebeneran, maunya ngamuk.” Nah, inilah beberapa pencerahan desainer kondang itu bagi sesama ibu-ibu atau istri yang merasakan greget mengurus rumah di masa pandemi ini.

Wajib menyimpan bumbu baku

Banyak orang menggantinya dengan bumbu instan yang dibeli di luar. Namun, bumbu instan itu juga beragam harga dan kewaspadaannya. Ada yang murah tapi khawatir bahannya tidak terjamin, ada yang lebih mahal tapi kok uang belanja takut enggak cukup. Nah, salah satu solusinya adalah membuat bumbu dasar sendiri.

Bumbu merah, terbuat dari rebusan tomat, bawang putih, bawang merah dan cabai besar yang dihaluskan. Gilingan ini tahan disimpan di lemari es, berfungsi di beragam masakan warna merah seperti bali, sambal goreng balado, nasi goreng dan sejenisnya. Siapkan juga cabai ulekan yang terdiri dari cabai merah besar dan cabai rawit dihaluskan. Disimpan di kulkas bila sewaktu-waktu ingin rasa yang ekstra pedas.

Bumbu bawang, terbuat dari bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan. Simpanan bumbu ini bisa menjadi bumbu putih untuk dasar berbagai masakan. Selain itu, juga ada bumbu bawang yang terbuat dari bawang putih saja dihaluskan.

Kesemua bumbu yang disebutkan ini, bisa ditempatkan dalam wadah tertutup dan disimpan dalam lemari es. Dengan demikian, sewaktu-waktu hendak masak apa saja, kita sudah memiliki bumbu dasarnya. Tanpa banyak kupas-kupas, geprek atau potong-potong lagi ya, bund.

Aneka variasi menu meski hanya berbahan telur

Dalam videonya, Bunda Anne Avantie mempraktikkan beragam menu dengan hanya menggunakan telur. Misalnya tahu telur, balado telur ceplok dengan kentang, nasi goreng telur dan aneka variasi lainnya. Tujuannya, untuk membantu para kaum hawa yang sering bingung memutar menu dengan bahan simple di masa sekarang ini.

Semua resep ini dipraktikkan Anne Avantie dengan mengulek sendiri bumbunya tanpa blender. Tapi, kembali pada kepraktisan masing-masing ya. Selain itu, masih banyak bahan murah yang bisa diolah aneka ragam, seperti tahu, jamur, kentang, dan sebagainya.

Mengendalikan emosi

Memang sih, kondisi saat ini sedang sangat terbatas dan tak menentu. Membuat kita kurang piknik, bahkan kurang uang belanja. Sementara rumah tangga sendiri merupakan sebagian kebahagiaan tapi juga permasalahan. Bunda Anne Avantie menganjurkan untuk belajar menahan emosi dengan menyadari kebersamaan yang sekarang kita alami bersama. Bagaimanapun momen berkumpul dengan keluarga di masa sekarang ini teramat berharga, karena wabah ini sangat berbahaya dan misterius.

Ia mengajak para wanita menjadikan dapur sebagai sumber kebahagiaan di rumah. Bunda Anne Avantie sendiri mengatakan dirinya tidak pintar memasak, tapi berjuang untuk bisa mengolah makanan sebagai bagian dari sisi wanitanya.

Semoga tips ini bermanfaat, utamanya untuk siapapun yang di masa pandemi ini merasakan berat dan repotnya mengurus rumah tangga dalam keterbatasan. Dengan stok bumbu dasar sendiri di rumah, belajar memutar menu dengan aneka bumbu yang ada dan latihan mengendalikan diri dari energi negatif.

Bisa disalurkan lewat memasak untuk orang tersayang atau berkreasi membuat menu favorit sendiri. Stay safe ya buibu dan kakak-kakak semua.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *