Tiga Besar Perusahaan Pembeli Chip Terbanyak 2020


Jakarta, Wikimedan Tiga Besar Perusahaan Pembeli Chip Terbanyak 2020, Gartner baru-baru ini merilis perusahaan pembeli semikonduktor terbanyak selama 2020.

Dalam laporan Gartner, Apple tercatat sebagai perusahaan pembeli chip semikondutor terbanyak, mencapai 12% dari total penjualan chip semikonduktor.

Kemudian Samsung dengan jumlah pembelian 8%, dan di bawahnya ada Huawei dengan 4,2%. Pembelian chip oleh Apple dan Samsung meningkat lebih dari 20% secara year over year, sementara belanja chip Huawei turun 23%.

Di bawah tiga produsen ponsel itu ada Lenovo (4%) dan Dell (3,7%), masing-masing di peringkat ke-4 dan ke-5.

Pembelian chip oleh Apple dan Samsung meningkat lebih dari 20% secara year over year, sementara belanja chip Huawei turun 23%.

Masatsune Yamaji, Direktur riset Gartner mengatakan ada dua faktor utama yang memengaruhi pembelian semikonduktor OEM teratas pada tahun 2020 yakni pandemi Covid 19, dan konflik politik antara AS dan China.

Dikatakan dia, seperti dikutip Phone Arena pandemi melemahkan permintaan akan smartphone 5G dan mengganggu produksi kendaraan, tetapi mendorong permintaan untuk PC seluler dan video game, serta investasi di pusat data cloud hingga tahun 2020.

Selain itu, kenaikan harga memori pada tahun 2020 mengakibatkan peningkatan pengeluaran chip OEM sepanjang tahun.

Perusahaan yang ada dalam 10 besar pembuat peralatan meningkatkan pengeluaran mereka untuk chip semikonduktor sebesar 10%, dan menghabiskan 42% dari pengeluarannya untuk komponen. Angka ini meningkat dari 40,9% pada 2019.

Bisnis Xiaomi sendiri menurut Gartner hanya sedikit terdampak dari pandemi karena sistem penjualannya lebih banyak dilakukan secara online. Ditambah lagi masalah yang dialami Huawei membantu Xiaomi meningkatkan pangsa pasarnya di bisnis ponsel.

Tidak hanya itu, selain mendominasi pembelian chip, tablet Apple pun tumbuh positif. Menurut laporan terbaru Canalys, produsen tablet telah mengirim sebanyak 5,2 juta perangkat pada Q4 2020. Posisi tertinggi ada pada Apple yang menguasai 36 persen pangsa pasar tablet dunia melalui produk iPadnya. Angka ini mengalahkan Samsung, Huawei, dan Amazon.

Berdasarkan laporan Canalys, iPad pada kuartal Q4 pengirimanya tembus hingga 19,2 juta perangkat. Jumlah ini meningkat 40 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019, yang tercatat 13,7 juta pengiriman saja. Dan menurut Canalys, capaian ini merupakan yang tertinggi yang diraih Apple sejak kuartal empat (Q4) 2014.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *