Ternyata Selama Ini Cara Pakai Obat Tetes Matamu Keliru. Ini 7 Langkah yang Benar

Featured Image

Pakai obat tetes mata memang nggak gampang. Makanya kita sering banget minta bantuan orang lain untuk meneteskannya. Saat keadaan mengharuskanmu untuk menggunakannya sendiri, pasti kerap kebingungan bagaimana caranya biar si obat bisa masuk ke mata dengan sempurna. Tapi yakin kamu sudah melakukannya dengan benar?

Ternyata pakai obat tetes mata nggak hanya sekadar meneteskan ke permukaan bola mata saja lo. Ada langkah-langkah tertentu yang harus dilakukan agar obat tetes mata yang dipakai bisa berfungsi dengan efektif. Berikut Wikimedan Tips telah merangkum teknik pakai obat tetes mata yang benar.

1. Sebelum mulai pakai, pastikan kamu sudah mencuci tanganmu sampai bersih

cuci tangan dengan sabun via www.awhealthcare.com

Meneteskan mata dengan tangan yang kotor bisa menyebabkan kontaminasi bakteri. Pastikan kamu sudah mencuci bersih tanganmu dengan sabun dan di bawah air mengalir sebelum meneteskan obat.

2. Kalau kamu pakai lensa kontak, lepas dulu sebelum pakai obat tetes mata

lepas lensa kontak via www.today.com

Melepas lensa kontak sebelum meneteskan obat juga penting agar obat langsung teraplikasikan pada mata yang bermasalah. Kecuali kamu meneteskan air mata buatan sebagai pelembap lensa kontak atau sesuai instruksi dari dokter spesialis mata.

3. Cek botol kemasan obat tetes mata yang akan digunakan, pastikan steril dan masa pakai obatnya masih berlaku

cek kemasannya via www.syafiqahhashimxoxo.com

Ambil dan buka tutup obat tetes mata, lalu perhatikan apakah ada cacat pada kemasan obat. Pastikan mulut tempat keluar obat steril, makanya jangan sampai bagian tersebut tersentuh oleh benda apa pun, termasuk tanganmu yang sudah dicuci tadi.

4. Dongakkan wajah, lalu tarik kelopak mata bagian bawah dengan perlahan

tarik kelopak bagian bawah via www.theeyepractice.com.au

Ini yang sering banget keliru dipraktikkan. Kebanyakan orang akan menarik kelopak bagian atasnya, bukan bagian bawah. Kocok dulu obat perlahan, pastikan untuk buka mata lebar-lebar dengan arah pandangan mata ke atas. Lalu dengan menggunakan satu atau dua jari, tarik kelopak mata bawah hingga membentuk sebuah kantong. Kantong tersebut akan menjadi tempat untuk meneteskan obat mata.

Pegang obat tetes mata dan posisikan ujung pipet obat mata berjarak 2,5 cm dari mata. Pencet perlahan obat tetes mata agar dosis obat yang keluar nggak berlebihan. Arahkan ke ujung luar mata yang dekat dengan pelipis, hindari ujung yang dekat dengan hidung ya. Ingat, pastikan ujung pipet obat nggak menyentuh apa pun.

5. Setelah obat masuk, tutup kelopak mata, bukannya dikedip-kedipkan apalagi ditahan agar tetap terbuka

pejamkan mata via www.youtube.com

Setelah setetes obat sudah masuk ke mata, tutup mata selama 2-3 menit sambil menunduk untuk memberikan waktu bagi mata untuk menyerap obat. Jangan berkedip karena justru akan mendorong cairan obat keluar dari mata sebelum sempat diserap.

Tekan lembut sudut mata bagian tengah yang dekat dengan hidung. Tujuannya agar cairan obat mata nggak masuk ke dalam saluran air mata yang berhubungan dengan hidung. Juga mencegah agar lidahmu nggak merasa aneh karena cairan obat bisa saja menetes ke dalam rongga mulut.

6. Jangan langsung meneteskannya dua kali, lakukan bertahap agar cairan obatnya terserap sempurna

tunggu dulu 5 menit via www.healthcentral.com

Setiap tetes obat harus diserap dulu oleh mata selama kira-kira lima menit, makanya jangan langsung meneteskan dua tetes obat sekaligus pada mata yang sama. Hal yang sama juga berlaku kalau kamu diresepkan lebih dari satu jenis obat mata yang harus diteteskan bersamaan.

Jadi, berikan satu tetes saja bagi masing-masing mata (atau hanya mata yang sakit, tergantung saran dokter) dan tunggu lima menit. Baru kemudian berikan tetesan yang kedua.

7. Terakhir, tutup kemasan obat sampai rapat agar nggak terkontaminasi kuman

tutup lagi lalu simpan rapi via www.youtube.com

Sebelum menutup kemasan obat, jangan sentuh mulut botol obat apalagi membiarkannya terbuka dalam waktu lama dan terkontaminasi bakteri juga kuman. Segera tutup rapat botolnya setelah dipakai. Lalu simpan di tempat yang kering.

Kamu memang diperbolehkan membeli obat tetes mata secara bebas di apotik tanpa meresepkannya di dokter. Tapi, kalau obat tetes mata yang digunakan nggak memberikan efek yang diharapkan, atau justru bikin kondisi mata makin memburuk dan timbul gejala gangguan lain pada mata, segera hentikan penggunaan obat tetes mata tersebut dan kunjungi dokter spesialis mata ya! Semoga cara penggunaan obat tetes mata yang benar di atas bisa membantumu mengefektifkan khasiatnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya


Kategori : Berita Hiburan

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *