Tak Cuma Takut Berlebihan, Ini 5 Dampak Buruk Fobia Bagi Kesehatan Mental

Daftar Indodax


Saat seseorang mengalami fobia, maka kondisi emosi dan mentalnya menjadi terganggu saat dihadapkan pada ketakutannya. Kira-kira apa saja efek buruk fobia pada kondisi emosional seseorang? Berikut ulasannya.

Efek buruk fobia pada mental pengidapnya

Berikut ini berbagai efek buruk fobia pada kondisi emosi dan mental Anda:

1. Merasa tidak berdaya

Orang yang mengalami fobia biasanya sadar bahwa apa yang ia takutkan secara berlebihan sebenarnya bukan hal yang normal. Namun, ia merasa tidak berdaya untuk mengubahnya.

Dalam kondisi ini, Anda biasanya akan merasa tidak ada hal yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkannya. Anda merasa bahwa Anda akan hidup dengan fobia ini seumur hidup. Apalagi jika ternyata Anda sudah pernah mencoba terapi untuk mengatasi fobia yang dimiliki tetapi belum juga membuahkan hasil.

Selain itu, rasa tidak berdaya ini juga muncul saat fobia sudah mulai memengaruhi berbagai aspek kehidupan seperti pekerjaan, kehidupan sosial, dan ketenangan batin.  Sehingga Anda merasa tidak ada lagi harapan untuk dapat membuangnya jauh-jauh dari pikiran dan kehidupan Anda.

2. Merasa terisolasi

claustrophobia adalah fobia ruang sempit

Fobia yang cukup mengganggu seperti misalnya fobia sosial dapat membuat Anda merasa terisolasi. Anda akan bertanya-tanya di dalam hati mengapa Anda berbeda dengan yang lain, mengapa Anda tidak bisa dengan mudah berinteraksi dengan orang lain.

Akibatnya, hal ini dapat berpengaruh pada hubungan Anda dengan keluarga dan juga teman. Anda bisa menjadi pribadi yang semakin tertutup dan merasa berbeda. Pada akhirnya, Anda hanya menambah diri menjadi semakin tertekan.

3. Merasa kehilangan kendali

mudah marah tekanan darah tinggi

Salah satu masalah emosional yang sangat buruk dari fobia ialah perasaan yang tidak terkendali. Pasalnya, saat mengalami fobia, seseorang paham betul bahwa fobianya sangat berlebihan.

Namun, tidak peduli seberapa keras Anda mencobanya, Anda tidak dapat mengendalikannya. Oleh sebab itu, setiap kali dihadapkan pada ketakutannya maka saat itu pula ia merasa kehilangan kendali.

4. Merasa malu

rasa malu

Fobia bisa membuat Anda merasa canggung dan juga malu. Misalnya, saat kantor mengharuskan Anda untuk pergi keluar kota dengan pesawat, Anda akan merasa dilema.

Di satu sisi Anda merasa takut karena naik pesawat menjadi hal yang sangat Anda hindari akibat fobia yang dimiliki. Namun di sisi lain, Anda merasa malu untuk mengatakannya pada atasan atas fobia yang Anda miliki.

Contoh lainnya misalnya ketika Anda memiliki fobia pada karet gelang. Kemudian saat membeli makanan dan penjual membungkusnya dengan karet gelang, Anda tiba-tiba mengeluarkan reaksi yang tidak biasa hingga membuat orang di sekitar menoleh. Akibatnya, Anda merasa malu dan hal ini justru membuat fobia bisa menjadi semakin buruk.

5. Merasa terbatasi dan cemas sepanjang waktu

gangguan cemas atau ansietas

Fobia membuat Anda merasakan pergulatan yang cukup nyata dalam menjalani hidup. Apalagi jika fobia yang Anda alami misalnya sangat erat dengan kehidupan sehari-hari sehingga sangat sulit untuk dihindari.

Dengan kata lain, fobia tertentu bisa merusak kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Akibatnya, Anda akan selalu merasa terbatasi dan cemas sepanjang waktu karena terus memikirkan bagaimana jika tiba-tiba hari ini di depan mata hal yang Anda takuti akan muncul.

Baca Juga:



Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *