Stoikisme Bisa Bikin Hidup Bahagia, Simak Cara Menjalankannya

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – Stoikisme Bisa Bikin Hidup Bahagia, Simak Cara Menjalankannya. Setiap orang tentu pernah merasakan kecemasan, gundah, dan takut. Hal tersebut merupakan hal yang wajar, namun jangan dibiarkan berlarut.

Selain meditasi dan terapi, ada banyak cara yang bisa membantu Anda meredakan kecemasan, salah satunya dengan mulai menjalani filosofi stoicism atau stoikisme. Filosofi tersebut mengajarkan Anda untuk mengendalikan emosi sehingga rasa cemas, gundah, ataupun takut yang biasanya muncul, bisa dicegah atau setidaknya berkurang.

Memang tidak mudah menjalani filosofi ini, namun dengan penerapan yang tekun, filosofi stoikisme bisa menjadi jalan untuk merasa lebih bahagia.

Pada dasarnya Anda harus percaya bahwa untuk bisa hidup dengan tenang dan bahagia, hanya perlu fokus pada hal-hal yang bisa dikontrol dan tidak perlu terlalu banyak memikirkan hal-hal yang tidak bisa diubah.

Mengutip SehatQ, dalam filosofi stoikisme disebutkan bahwa segala hal yang terjadi di dunia ini sebenarnya adalah netral. Yang membuat seseorang merasa bahwa hal tersebut adalah buruk dan baik adalah penilaian atau rasa yang kita berikan terhadap hal tersebut.

Tentu, bukan berarti di dunia ini tidak ada hal yang baik dan buruk. Namun pada dasarnya, ada banyak hal yang kita beri rasa berlebihan, sehingga memicu rasa marah, cemas, hingga takut. Dengan menyadari bahwa Anda bisa mengontrol rasa atau nilai dari suatu kejadian, tentunya Anda bisa lebih bisa mengendalikan emosi, cemas, rasa marah, dan emosi negatif lain dalam hidup.

Sebagai contoh penerapan filosofi stoicism adalah saat Anda sedang berkendara lalu disalip oleh motor yang posisinya terlalu mepet dengan kendaraan Anda. Umumnya, orang akan merasa marah saat mengalaminya karena kita cenderung sudah punya opini akan hal tersebut. Tapi ketika sadar bahwa perilaku pengendara tersebut tidak bisa diubah dan kita sadar bahwa kita masih baik-baik saja, maka rasa marah akan kejadian itu akan berkurang. Karena Anda tahu, tidak perlu membuang-buang waktu untuk marah dan merasa emosi.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *