Starlink Masuk Indonesia 2024

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Starlink Masuk Indonesia 2024. Jaringan internet berbasis satelit, Starlink dipastikan akan beroperasi di Indonesia tahun depan. Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi mengonfirmasi kabar tersebut dalam akun resmi Instagramnya.

Dia mengatakan Starlink akan beroperasi pada awal 2024 mendatang. Jaringan satelit juga diwajibkan menggunakan IP Address Indonesia.

“Wajib pakai IP Address Indonesia!” kata Budi dalam unggahannya tersebut, dikutip Jumat (6/10/2023).

Masuknya Starlink ke Indonesia memang sudah dikabarkan sejak beberapa waktu lalu. Elon Musk yang merupakan pemilik perusahaan dikabarkan juga akan datang ke Indonesia pada bulan Oktober.

Ditemui bulan lalu, Budi juga mengungkapkan Starlink telah membuka perusahaan di Indonesia. Ini dilakukan karena perusahaan ingin beroperasi langsung ke masyarakat.

Pihak Starlink juga telah melakukan pertemuan dengan Kominfo beberapa waktu lalu. Saat itu, Starlink berkeinginan memiliki bisnis seperti over-the-top (OTT) yakni berbisnis tanpa memperkerjakan pegawai dalam negeri.

Padahal pembukaan perusahaan lokal bertujuan untuk asing dapat menyerap para pegawai lokal. Saat itu, Dirjen PPI Wayan Toni menjelaskan masih mendiskusikan hal tersebut dengan Starlink.

“Ya masalahnya sekarang proses ini Starlink masih ingin seperti OTT, dia ingin bisnis tapi tidak mau ada pegawai di Indonesia. Itu masih diskusikan lebih lanjut,” jelasnya.

Budi memastikan tidak ada perlakuan khusus bagi Starlink di Indonesia. Semua perusahaan yang berbisnis di Indonesia akan diperlakukan sama oleh pemerintah alias tidak ada karpet merah bagi siapapun.

Pemerintah juga siap bekerja sama dengan siapapun. Namun dengan catatan, mereka mematuhi aturan yang ada di Indonesia.

“Bekerjasama dengan siapapun tapi juga harus comply aturan yang berlaku di Indonesia,” kata Budi.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *