Simak 7 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi


Berita Teknologi – Simak 7 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi. “Kenapa laptop tidak bisa konek ke Wi-Fi?” Kalau pertanyaan ini adalah yang sedang Anda pikirkan, selamat ya! Karena kami punya tips dan trik yang bisa membantu Anda untuk mengatasi permasalahan laptop yang selalu gagal terkoneksi ke Wi-Fi.

Di zaman yang serba modern seperti ini semua menjadi wireless, terlebih untuk laptop yang suka dibawa ke mana-mana. Pokoknya, sudah enggak zaman lagi kalau laptop memakai kabel LAN. Walaupun kabel LAN bisa membuat koneksi internet lebih cepat, tuntutan mobilitas yang dirasakan anak muda tentu mau tidak mau mengharuskan mereka untuk pakai WiFi sebagai jendela dunia.

Tapi yang namanya hidup, tidak semuanya dapat berjalan mulus. Ada kalanya di saat genting laptop Anda malah tidak mau konek ke Wi-Fi. Apalagi kalau Anda sedang berada di suatu cafe, ingin kesal dan banting laptop pun rasanya malu dilihat orang banyak.

Nah, daripada banting laptop apalagi sampai ngomel-ngomel ke pelayan cafe karena internetnya tidak jalan, sebaiknya coba dulu beberapa cara yang kami sediakan di bawah. Siapa tahu internetnya memang sudah lancar, tapi justru laptop Anda yang bermasalah.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan kalau laptop tiba-tiba ngadat tidak bisa terkoneksi ke WiFi, yakni seperti yang berikut ini.

1. Pastikan WiFi Terkoneksi ke SSID yang Benar

Untuk Anda yang memakai WiFi di rumah sendiri, tips ini mungkin tidak akan berlaku. Jika Anda berada di rumah teman atau berada di ruang publik seperti cafe dan perpustakaan, Anda harus benar-benar perhatikan hal ini.

Pasalnya, seringkali suka ada satu tempat yang memiliki lebih dari satu SSID atau nama jaringan WiFi, misalnya seperti “Cafe_wifi1” dan “Cafe_wifi2”. Biasanya, hanya salah satu dari kedua ini yang bisa dipakai. Itu mengapa, pastikan Anda sudah bertanya kepada kasir atau pelayannya agar tahu WiFi mana yang bisa dipakai.

2. Masukkan Kata Sandi yang Tepat

Ini biasanya sudah jadi tren di beberapa cafe untuk menamai kata sandi WiFi dengan nama-nama yang aneh. Sehingga, saat Anda menanyakan kata sandi WiFi ke salah satu pelayan, jawaban mereka biasanya seperti, “Rahasia ah!” atau “Kepo ya?” atau semacamnya. Sebelum Anda sempat berubah menjadi Hulk, pelayan atau kasir kembali buru-buru menjelaskan kalau kata sandinya adalah “rahasiaah” atau “kepoya”.

Yang jadi masalah adalah ketika pengguna menggunakan pengejaan yang salah, seperti penggunaan huruf besar atau kecil atau pemakaian spasi. Apalagi untuk kata sandi yang mengandung angka, sulit untuk mengetahui apakah 11 harus dieja sebagai “11” atau “sebelas”. Usahakan untuk mendapatkan kata sandi dalam bentuk tulisan di kertas agar hal ini tidak terjadi.

3. Lakukan Troubleshoot

Jika sudah yakin menggunakan SSID dan kata sandi yang benar dan di logo WiFi ada tanda segitiga kuning, Anda bisa coba beberapa tahapan di bawah untuk melakukan troubleshoot. Oh iya, langkah di bawah mengikuti sistem operasi yang digunakan penulis, yakni Windows 10. Beda versi OS bisa beda juga navigasinya.

  1. Klik pada simbol kaca pembesar sebelah tombol Start.
  2. Ketikkan kata kunci “troubleshoot”
  3. Pilih menu Troubleshoot Settings.
  4. Pada jendela yang muncul, scroll sedikit ke bawah dan pilih Internet Connections.
  5. Klik pada tulisan Run the troubleshooter di bawahnya.
  6. Tunggulah sampai masalah selesai terdeteksi, dan jendela tersebut akan memunculkan masalah yang dihadapi.

Kini setelah Anda melakukan troubleshooting, Anda tinggal perlu menjalankan perintah yang tertuai pada instruksi di layar. Karena masalah yang muncul bisa beragam-ragam, setiap laptop yang berbeda dan pada kondisi spesifik akan memunculkan masalah yang berbeda pula. Jika troubleshooting tidak menyelesaikan atau bahkan tidak menemukan masalah, bisa melakukan cara lain di bawah ini.

4. Restart Laptop

Sebelum Anda mengecek hal-hal lain yang lebih teknis dan rumit, alangkah baiknya lakukan dulu hal-hal yang mudah. Nah, Anda bisa coba melakukan restart pada laptop, karena memang cukup banyak masalah yang dengan mudah teratasi hanya dengan melakukan restart saja.

Pasalnya, laptop akan kembali ke dalam keadaan segar setelah berhasil dilakukan restart. Ini pun berlaku jika Anda menemukan kendala pada laptop lainnya seperti ada game yang tidak mau berjalan, webcam tidak menyala, suara tidak keluar, ataupun yang lainnya. Selalu pertimbangkan untuk restart pada setiap permasalahan yang ada.

5. Pastikan Sinyal WiFi Kuat

Ada yang cukup sering dilupakan orang-orang, bahwa jarak laptop dan modem bisa memengaruhi kestabilan sinyal WiFi. Sekalipun misalnya SSID masih terdeteksi dan muncul di daftar WiFi, kemungkinan Anda tidak bisa terkoneksi ke sana jika sinyalnya jelek.

Hal ini tidak selalu berarti berhubungan dengan jarak. Nyatanya, memang ada material yang bisa menghambat sinyal secara fisik, seperti cermin, bahan metal, dan juga beton. Cobalah hindari untuk jangan sampai furnitur atau tembok berbahan tadi berada di antara laptop dan modem.

6. Restart Modem

Masih berhubungan dengan cara di No. 4 tadi, bahwa restart tidak hanya berlaku untuk laptop tapi juga modem. Ya, terkadang modem yang di-restart akan mengembalikan kondisi internet seperti semula, dengan alasan yang sama – untuk mengatasi segala macam masalah yang berkaitan dengan modem.

Jadi, tidak hanya pada saat laptop gagal konek ke WiFi, Anda juga bisa coba melakukan restart modem di saat kecepatannya melambat, atau saat internetnya nyala dan mati di waktu yang random. Namun ada yang beda saat restart modem, Anda diharapkan untuk menunggu hingga 30 detik dalam kondisi modem mati, lalu menyalakannya kembali.

Mengapa harus begitu? Jawabannya sama seperti saat mematikan laptop. Sebuah laptop atau PC tidak akan langsung mati saat dilakukan perintah restart atau shutdown, melainkan akan mematikan dulu seluruh aplikasi yang berjalan. Lalu, barulah saat memorinya kosong, laptop akan menyala kembali. Konsep yang sama berlaku untuk modem, biarkan ia melakukan “reset” sejenak lalu nyalakan kembali.

Ini adalah cara yang bisa Anda lakukan apabila sedang memakai WiFi di rumah. Jangan coba-coba reset modem cafe atau tempat publik tanpa seizin pelayan, ya! Dan jika memang ingin lakukan reset modem di rumah, pastikan bahwa yang bermasalah hanyalah laptop Anda supaya tidak mengganggu aktivitas internet orang lain di rumah yang jaringannya fine-fine saja.

7. Instal Ulang Driver WiFi

Setiap peripheral yang terhubung dengan laptop membutuhkan driver sebagai jembatan antara sistem antarmuka dan hardware. Hal ini tidak terkecuali pada WiFi yang tersemat di dalam laptop Anda. Nah, kalau laptop tidak mau terhubung ke WiFi, siapa tahu ada masalah yang berkaitan dengan driver-nya.

Daripada ribet, lebih baik gunakan software penyedia driver yang All in One seperti “Driver Pack Solution” yang bisa diunduh secara gratis melalui link ini. Menggunakan software semacam ini sungguh praktis, karena bisa dilakukan pada semua laptop terlepas dari merk dan tipenya.

Peranti lunak driver pack akan berusaha memindai hardware pada laptop dan menyediakan driver yang bisa diunduh dan diinstal dalam sekali klik saja. Tidak harus terpaku dengan software Driver Pack tertentu, Anda bisa dengan bebas menjelajahi software mana yang sesuai. Kami juga merekomendasikan Bit Driver Updater (berbayar) dan Quick Driver Updater (freemium).

Kendala laptop yang tidak mau terkoneksi dengan WiFi memang suatu hal yang menjengkelkan, terlebih jika itu terjadi di saat genting seperti saat mencari referensi untuk skripsi, melakukan online meeting, dan menonton drama Korea kesukaan.

Dengan mengikuti cara-cara yang telah kami sajikan di atas, kami berharap Anda bisa selalu mengatasi kendala WiFi agar produktivitas ataupun hiburan tidak terganggu.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *