Sang Ayah Meninggal Dunia dan Dijadikan Konten, Ria Ricis Tuai Kritikan dari Warganet

Daftar Indodax

Sang Ayah Meninggal Dunia dan Dijadikan Konten, Ria Ricis Tuai Kritikan dari Warganet – YouTuber Ria Ricis tengah berduka setelah sang ayah meninggal dunia. Kabar duka itu disampaikan oleh sang kakak, yakni Ustazah Oki Setiana Dewi melalui postingan sekaligus siaran langsung di akun Instagram-nya.

Pemakaman dihadiri oleh keluarga besar, tapi pada saat itu tidak terlihat sama sekali kehadiran dari YouTuber yang bernama asli Ria Yunita itu. Bukan tanpa alasan absennya Ria Ricis pada pemakaman sang ayah, ada fakta tersendiri tentang hal itu. Ada juga beberapa fakta lainnya yang menjadikan ia sebagai bahan pembicaraan warganet hingga saat ini.

Diketahui sedang berada di Flores

Pada saat siaran langsung di akun Instagram-nya, Ustadzah Oki mengatakan bahwa sampai waktu pemakaman sang ayah, Ricis masih belum bisa dihubungi. Hal itu dikarenakan adik bungsunya itu sedang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur, untuk melakukan suatu pekerjaan. Sinyal yang susah membuat siapa pun tidak bisa menghubungi Ricis sama sekali dan hanya bisa bersabar menunggu.

Setelah bisa dihubungi dan mengetahui kabar duka tersebut, Ria Ricis berusaha untuk tetap tegar dan ikhlas menerimanya. Ia membuat unggahan di akun Instagram-nya yang berisikan ucapan untuk sang ayah, sekaligus mengunggah momen kebersamaan dengan ayahnya semasa masih hidup.

Kronologi meninggalnya ayah Ria Ricis

Dijelaskan oleh Ustazah Oki bahwa beberapa hari sebelumnya sang ayah masih dalam kondisi sehat wal afiat. Beliau meninggal dalam tidurnya karena penyakit jantung, tanpa diketahui oleh ibu dan juga keluarga lainnya. Ibu dari Ustazah Oki hanya mengatakan bahwa ayahnya dalam kondisi dingin dan akan dibawa ke rumah sakit, tapi justru kenyataan berkata lain.

Meskipun tak mengikuti prosesi pemakaman, setelah pulang dari Flores, Ria segera menuju ke ‘rumah baru’ sang ayah dengan ditemani keluarga lain. Terlihat bahwa YouTuber tersebut berusaha untuk terlihat tegar di hadapan awak media, juga masih sempat bercanda dengan para fansnya. Hal ini memantik rasa simpati dari warganet dan siapapun yang menyaksikan.

Tuai kritikan dari warganet

Setelah sebelumnya bersimpati dengan Ria Ricis, kini warganet ramai-ramai memberikan kritikan pada gadis karena menjadikan meninggalnya sang ayah sebagai konten yang menghasilkan uang. Sebab, ada banyak iklan dalam video-video yang ditayangkan oleh YouTuber tersebut. Ada yang menilai bahwa tindakan tersebut tidak etis sama sekali, bahkan ada pula yang menilai bahwa Ricis memanfaatkan kejadian tersebut untuk mendapatkan uang dari adsense YouTube.

Dibandingkan dengan BCL, Ustazah Oki, dan Atta Halilintar

Karena permasalahan konten ini, Ricis akhirnya dibandingkan dengan Atta Halilintar yang beberapa waktu lalu. Ia juga mengalami hal serupa di mana warganet menilai meninggalnya sang anak yang masih di dalam kandungan Aurel juga dijadikan konten untuk menghasilkan uang. Selain itu, ia juga dibandingkan dengan BCL yang ketika kepergian Ashraf sama sekali tidak sibuk membuat konten saking berdukanya.

Bahkan ia juga dibandingkan dengan Ustazah Oki di mana sama-sama mengunggah kronologi kematian sang ayah, akan tetapi dalam bentuk dokumentasi dan tidak ada iklan di unggahannya tersebut. Tak bisa dipungkiri hal ini memantik reaksi dari para keluarga, termasuk suami dari Ustazah Oki.

Di mana kemudian kakak ipar Ricis ini mengunggah sejumlah postingan di Instagram terkait dengan uang donasi yang diberikan Ricis kepada beberapa pesantren. Yang membuktikan bahwa uang hasil dari YouTube sama sekali tidak digunakan untuk kepentingan sendiri, melainkan sebagai sedekah yang diatasnamakan ayahnya. Jadi pada para netizen, lebih baik tetap berpikir positif dan nggak asal ngehujat ya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *