Sakit Pinggang Sebelah Kiri? 5 Masalah Kesehatan Ini Bisa Jadi Sebabnya

Daftar Indodax


Sakit pinggang sering kali tidak dianggap sebagai masalah kesehatan yang serius. Padahal, kondisi ini bisa saja menjadi sinyal dari masalah kesehatan serius yang sedang Anda derita. Sakit pinggang sebelah kiri misalnya, memiliki berbagai penyebab yang tidak bisa disepelekan. Berikut ulasan mengenai penyebab sakit pinggang sebelah kiri.

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri

mengatasi sakit pinggang

Berikut berbagai penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Batu ginjal

Sakit pinggang sebelah kiri bisa diakibatkan oleh batu ginjal. Ginjal adalah organ tubuh yang terletak di kiri dan kanan tubuh di bagian pinggang. Jadi rasa sakit yang muncul di pinggang bagian kiri bisa menjadi pertanda masalah pada ginjal.

Biasanya kondisi ini diakibatkan oleh berbagai gejala lainnya seperti rasa sakit saat buang air kecil, adanya darah di dalam urine, serta mual dan juga muntah.

2. Otot menegang

Saat otot di bagian punggung bawah Anda menegang akibat digunakan secara berlebihan, maka pinggang akan merasa sakit. Otot pinggang yang menegang bisa menyebabkan serat otot robek sebagian.

Akibatnya, peradangan pun muncul dan rasa sakit menjadi tidak tertahankan. Biasanya, kondisi ini terjadi pada otot lumbar. Jika sudah begini, nyeri pinggang bisa menjalar hingga ke bokong dan berlangsung selama dua minggu.

3. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS atau sindrom usus yang teriritasi dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri. IBS adalah kondisi saat usus besar mengalami kontraksi yang tidak teratur. Biasanya kondisi ini membuat perut terasa sakit, kembung, sakit kepala, hingga nyeri pinggang sebelah kiri.

4. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal sebelah kiri bisa menyebabkan sakit pinggang di sisi yang sama. Biasanya rasa nyeri yang dirasakan cukup mengganggu aktivitas Anda. Infeksi ini umumnya di mulai di saluran kemih dan kandung kemih hingga akhirnya menyebar ke ginjal dan menyebabkan peradangan serta rasa sakit yang tak tertahankan.

Tak hanya sakit pinggang, Anda juga biasanya akan merasakan demam, mual dan muntah, serta sakit saat buang air kecil. Kondisi ini biasanya sangat terasa di sebelah tulang belakang atas pinggul Anda dan akan semakin memburuk saat bergerak atau tertekan.

5. Masalah pada sistem reproduksi

Fibroid dan endometriosis merupakan masalah pada sistem reproduksi yang bisa menyebabkan rasa nyeri pada bagian punggung bawah. Nyeri akibat endometriosis biasanya cukup tajam dan menusuk.

Kondisi ini disebabkan oleh jaringan uterus berlebih yang tumbuh di luar rahim. Sementara fibroid adalah tumbuhnya jaringan jinak di dalam rahim. Selain sakit pinggang, fibroid juga ditandai dengan periode menstruasi yang abnormal, sering buang air kecil, dan sakit saat seks.

Baca Juga:



Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *