Rukun Iman Dan Maknanya

Daftar Indodax

Rukun Iman Dan Maknanya – Iman adalah kepercayaan, yang berarti yakin dan percaya dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt. lah yang menciptakan seluruh alam semester besar isinya. Sedangkan rukun ialah pokok atau dasar.

Iman merupakan pokok kepercayaan atau dasar dalam agama Islam yang harus diyakini oleh setiap muslim. Jika seorang muslim tidak mempunyai iman, maka ia tidak dianggap sah menganut agama Islam.

Kepercayaan tersebut bisa diwujudkan dengan meyakini di dalam hati, mengakuinya secara lisa, serta mengamalkan iman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Adapun rukun iman yang harus senantiasa diamalkan oleh seorang muslim di antaranya.

Iman Kepada Allah Swt.

Artinya meyakini dan mempercayai bahwa Allah itu ada. Allah Swt. Yang Maha Kuasa menciptakan bumi dan langit beserta segala isinya, mempercayai ketetapan-Nya, serta 99 sifat Allah yang tertuang di dalam Asmaul Husna.

Iman kepada Allah artinya menjauhi semua larangan-Nya dan menjalankan perintah-Nya dan. Makan dari rukun ini yaitu bahwa tidak ada Tuhan yang pantas disembah selain Allah Swt.

Iman Kepada Malaikat

Artinya percaya bahwa malaikat-malaikat itu ada dan Allah Swt. yang menciptakannya. Malaikat adalah makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah Swt. dari cahaya atau nur.

Jumlah malaikat sangatlah banyak, walaupun tidak pernah melihatnya, namun ada sepuluh malaikat yang wajib diketahui, yaitu malaikat Jibril, Mikail, Israil, Izrail, Munkar, Nakir, Raqib, Atid, Malik, dan malaikat Ridwan. Makna rukun iman ini berarti meyakini adanya malaikat yang selalu mengawasi segala perbuatan manusia.

Iman Kepada Kitab Allah

Artinya meyakini semua kitab yang diturunkan Allah Swt. kepada rasul-rasul-Nya mulai dari kitab Zabur, Taurat, Injil, dan Kitab Al-Qur’an yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. Mengimani kitab Al-Qur’an bagi seorang Muslim berarti menjadikan Al-Qur’an sebagai dasar berperilaku dan pedoman hidup.

Iman Kepada Nabi Dan Rasul

Artinya mempercayai adanya rasul-rasul Allah yang membawa kebenaran dan ajaran kepada setiap umat manusia. Ke-25 rasul tersebut menerima wahyu dari Allah melalui perantara malaikat, mulai dari Nabi Adam As. Hingga Nabi Muhammad Saw.  Beriman kepada rasul Allah berarti mempercayai semua ajarannya serta meneladani sikapnya agar selamat dunia akhirat.

Iman Kepada Hari Kiamat

Setiap Muslim wajib meyakini adanya hari kiamat atau hari akhir yang mana pada hari itu seluruh alam semester akan dimusnahkan. Dengan meyakini hari akhir maka manusia akan senantiasa berhati-hati dalam lisan dan perbuatannya.

Iman Kepada Qada’ Dan Qadar

Artinya percaya bahwa  semua takdir baik dan buruk datang dari Allah. Semua ketetapan (Qadha) dan ketentuan (Qadar) yang berupa takdir baik maupun buruk manusia adalah karena ketetapan-Nya. Dengan demikian, umat manusia akan senantiasa bersyukur.

Itulah tadi beberapa rukun iman yang wajib diyakini oleh umat Muslim, semoga artikel ini bisa memperkuat iman Anda.

Share :