Robert Kiyosaki Beberkan Efek Inflasi ke Orang Kaya

Pasang Iklan Disini

Wikimedan  – Robert Kiyosaki Beberkan Efek Inflasi ke Orang Kaya. Robert Kiyosaki kembali dengan cuitannya seputar ekonomi dunia. Kali ini, penulis buku “Rich Dad Poor Dad” itu berkomentar mengenai inflasi.

“Inflasi membuat warga miskin dan kelas menengah menjadi semakin miskin karena mereka bekerja dan menabung Dollar. Namun inflasi membuat orang kaya jadi makin kaya. Kenapa? Karena orang kaya bekerja dan menabung emas, perak, serta Bitcoin,” demikian cuitan Kiyosaki di akun X (dulu Twitter) miliknya.

Seperti diketahui, faktor inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa seringkali dikaitkan dengan performa harga emas.

Semakin tinggi inflasi maka semakin mahal pula harga emas, secara logika, ketika terjadi kenaikan inflasi banyak orang yang enggan menyimpan dana dalam bentuk tabungan karena khawatir akan penurunan nilai uang yang mereka miliki.

Alhasil, mereka berbondong-bondong memborong emas dan membuat harga logam mulia ini naik.

Namun demi mengontrol inflasi, Bank Sentral Amerika Serikat (The Federal Reserve) memberlakukan kebijakan suku bunga tinggi. Secara tidak langsung hal itu bisa membuat para pelaku pasar menjual investasi surat utang Pemerintah AS dan pindah ke pasar uang.

Ketika hal tersebut terjadi, yield atau imbal hasil dari surat utang Pemerintah AS akan naik dan investasi anti-gagal bayar ini pun akan menjadi lebih menarik ketimbang logam mulia.

Sejauh ini, data inflasi AS dan data tenaga kerja akan menjadi perhatian terbesar mengingat keduanya menjadi pertimbangan utama bagi kebijakan The Fed.

Ketika inflasi Negeri Paman Sam melunak, maka hal itu tentu akan berbanding lurus pada kebijakan The Fed ke depannya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *