Putin Buka Suara soal Kematian Misterius Bos Wagner Prigozhin

Pasang Iklan Disini

WikimedanPutin Buka Suara soal Kematian Misterius Bos Wagner Prigozhin. Presiden Rusia Vladimir Putin akhirnya buka suara terkait kematian bos Wagner Group Yevgeny Prigozhin yang berada dalam pesawat yang jatuh pada Rabu (23/8/2023).

Prigozhin, yang pernah menjadi koki pribadi dan orang kepercayaan Putin, tinggal di pengasingan menyusul upaya kudeta dan pemberontakan pada Juni lalu karena rasa frustrasi yang timbul dari kurangnya keberhasilan Rusia di medan perang di Ukraina.

“Sehubungan dengan jatuhnya pesawat ini, pertama-tama saya ingin menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga seluruh korban. Itu selalu merupakan sebuah tragedi,” kata Putin dalam pidatonya yang disiarkan televisi, dikutip CNBC International, Jumat (25/8/2023).

“Saya sudah mengenal Prigozhin sejak lama, sejak awal tahun 90-an,” kata Putin, menggambarkannya sebagai “pengusaha berbakat” dengan “nasib rumit” yang “membuat kesalahan serius dalam hidupnya.”

Pemimpin Rusia itu tidak mengonfirmasi kematian Prigozhin, namun berbicara dalam konteks lampau ketika merujuk pada pria berusia 62 tahun itu. Putin mengatakan penyelidikan atas apa yang terjadi pada jet pribadi yang membawa 10 orang dan berangkat dari Moskow ke St. Petersburg sudah dilakukan.

Pentagon mengatakan pada Kamis bahwa intelijen awal menunjukkan bahwa pemimpin Wagner meninggal dalam kecelakaan pesawat hari Rabu itu.

“Kemungkinan besar Prigozhin terbunuh dan kami terus menilai situasinya,” kata Brigadir Jenderal Angkatan Udara AS Pat Ryder dalam pengarahan di Pentagon.

“Pers melaporkan bahwa ada semacam rudal permukaan-ke-udara; kami menilai informasi tersebut tidak akurat,” kata Ryder, menolak menjelaskan lebih lanjut.

Mantan wakil penasihat keamanan nasional Ben Rhodes mengatakan kepada MSNBC bahwa serangan itu “bukanlah kecelakaan misterius.”

“Ini memiliki ciri-ciri yang terlihat seperti pencopotan gaya militer,” kata Rhodes, seraya menambahkan bahwa nasib Prigozhin sangat baik setelah pemberontakan singkat sekitar dua bulan lalu.

Mantan Laksamana Angkatan Laut AS James Stavridis, yang memimpin pasukan aliansi NATO antara tahun 2009 dan 2013, mengatakan kematian Prigozhin merupakan peringatan bagi mereka yang tidak setuju dengan pemerintahan absolut Putin.

“Dia [Putin] perlu menunjukkan siapa sebenarnya yang menjalankan aksi ini,” kata Stavridis, menggambarkan serangan itu sebagai “eksekusi publik.”

“Tidak ada kejutan nyata di sini, ini adalah penanda betapa mematikannya, betapa mematikannya dan betapa tidak bermoralnya Vladimir Putin,” tambah Stavridis.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membantah klaim bahwa Kyiv berada di balik jatuhnya jet pribadi di wilayah Rusia.

“Kami tidak ada hubungannya dengan itu. Semua orang memahami siapa yang terlibat,” kata Zelensky.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20230825054332-4-465975/putin-buka-suara-soal-kematian-misterius-bos-wagner-prigozhin

Share :

Satu tanggapan untuk “Putin Buka Suara soal Kematian Misterius Bos Wagner Prigozhin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *