Profil Lengkap Rider MotoGP Enea Bastianini

Wikimedan.com – Italia sudah tidak asing lagi menelurkan talenta rider yang tidak perlu diragukan lagi. Nama-nama besar dan legenda yang sudah dikenal di MotoGP banyak yang berasal dari Italia. Misalnya living legend dari Italia yaitu Valentino Rossi. Selain nama tersebut, ada banyak rider muda lainnya yang digadang sebagai penerus sosok Rossi. Salah satunya adalah nama rider yang mempunyai usia cukup muda yaitu Enea Bastianini.

 

Berdasarkan dari sumber Artikel LAzone terkait Fakta Enea Bastianini merupakan pembalap MotoGP yang mempunyai usia tergolong muda. Enea lahir pada 30 Desember 1997. Pembalap yang tahun 2022 ini berumur 24 tahun ini lahir di Rimini, Italia dan mempunyai kebangsaan Italia. Saat ini pembalap ini bergabung dengan tim Avintia Esponsorama Racing dan mempunyai nomor motor 23. Enea sendiri belum lama aktif di kejuaraan dunia MotoGP dan memulai karirnya mulai tahun 2021 hingga sekarang.

 

Akan tetapi untuk karir ridingnya sendiri Enea Bastianini mempunyai perjalanan yang cukup panjang. Untuk karir awalnya, Bastianini minibike saat usianya masih 3 tahun 3 bulan. Nomor balapnya saat itu adalah 33. Setelah itu, karirnya berkembang ke berbagai kategori mulai dari Honda HIRP Trophy 100cc, mengikuti Honda RS125 Trophy, MiniGP 700cc Italian Championship, dan juga lainnya. Dari berbagai kejuaraan yang diikuti tersebut juga pembalap muda ini tidak pulang dengan tangan kosong. Seperti bisa meraih juara musim 2012 di Honda RS125 Trophy yang diikutinya. Selanjutnya, saat mengikuti Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2013, Enea juga bisa meraih kemenangan yang berhasil membuatnya menjadi peringkat ke empat dalam kejuaraan tersebut.

 

Selanjutnya, karir balap Enea Bastianini dimulai saat mengikuti kejuaraan Moto3 yang mempunyai perjalanan seperti berikut ini:

 

  • Pada 2014, Enea mulai debut pada kejuaraan dunia Moto3 dengan tim Go&Fun Moto3. Dari debunya tersebut, pembalap ini sudah mempunyai hasil yang cukup bagus yaitu bisa untuk mencetak poin di start keduanya dan berhasil finish di urutan ke 13 saat berkendara di Circuit of the Americas di Texas. Hasil tersebut juga bisa membuatnya menempati sepuluh besar di Grand Prix Argentina, Spanyol, dan juga Prancis. Akan tetapi Enea juga pernah gagal menyelesaikan balapan dan lebih disayangkan lagi hal tersebut terjadi ketika berada di kandang sendiri, yaitu di Mugello. Selanjutnya, Enea bisa mempunyai hasil baik di Catalunya, Republik Ceko, dan juga Inggris Raya.
  • Selanjutnya, Enea bergabung dengan Gresini Racing Moto3 pada 2015-2016 dan menjadi penantang terdekat dari Danny Kent.
  • Pada 2017, Enea balapan dengan Estrella Gralicia.
  • Pada 2018, pembalap dari Italia ini bergabung dengan Leopard Racing.

 

Sedangkan untuk kejuaraan dunia moto2, karirnya dimulai dengan bergabung dengan Italtrans Racing Team untuk musim 2019-2020. Pada 2019, Ia berhasil untuk meraih posisi 10 dan berhasil untuk meraih 97 poin dengan 1 podium yang berhasil didapat. Selanjutnya pada tahun 2020, Enea berhasil mengumpulkan 205 poin dengan hasil mendapatkan 3 kemenangan dan 7 podium. Musim tersebut juga, Enea mengalami kecelakaan saat berlaga di Grand Prix Austria.

 

Dengan pengalaman yang dipunyai, Enea Bastianini mulai berlaga di MotoGP mulai tahun 2021. Enea bergabung dengan tim Avintia Esponsorama Racing dan mempunyai rekan dengan pembalap yang berasal dari Italia yaitu Luca Marini. Untuk kiprah dan capaian selanjutnya dari pembalap muda dari Italia ini bisa terus diikuti sehingga bisa menunjukkan talenta balapan yang dimilikinya agar bisa mempunyai hasil yang bagus di musim-musim MotoGP selanjutnya.

Share :