Prediksi Indonesia vs Filipina: Tekad Nodai Kiprah Eks Arsitek Inggris

Wikimedan – Timnas Indonesia memang sudah dipastikan gagal melaju ke semifinal Piala AFF 2018. Namun, bukan berarti Fachruddin Aryanto cs bakal bermain setengah hati saat menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (25/11) malam WIB. Tekad untuk meraih kemenangan didengungkan. Skuad Garuda ingin menutup kiprahnya di Piala AFF 2018 dengan positif demi penghiburan bagi suporter setia.

Selain itu, Timnas Indonesia memiliki tekad untuk menodai kiprah eks pelatih Timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson bersama The Azkals – julukan Timnas Filipina. Maklum saja, kiprahnya cukup menawan di debutnya berkarir di Asia tenggara. Dari tiga laga, Eriksson membawa Filipina mencatat dua kemenangan dan sekali seri. Pada laga terakhir, Eriksson membawa Filipina menahan imbang kandidat juara Thailand dengan skor 1-1.

Indonesia sendiri memiliki rekor gemilang atas Filipina. Ini menjadi modal dalam laga nanti. Dari 22 pertemuan, Indonesia mampu menang 18 kali, seri 3 kali dan baru kalah satu kali.

Piala AFF 2018, Timnas Indonesia, Indonesia, Filipina, Bima Sakti, Sven Goran Eriksson
Bima Sakti dan Sven-Goran Eriksson dalam konferensi pers jelang laga Indonesia vs Filipina (PSSI.org)

Hanya saja, Indonesia tak boleh jemawa. Perlu diingat, dalam dua laga terakhir dan semua terjadi di Piala AFF, Indonesia tak bisa mengalahkan Filipina. Bahkan, Skuad Garuda kalah sekali pada 2014 dengan skor telak 0-4. Sedangkan pada 2016 bermain imbang 2-2. Perlu diketahui, dalam dua pertemuan terakhir itu, Filipina telah jauh berubah dengan diperkuat banyak pemain naturalisasi.

Kendati begitu, Bima Sakti selaku pelatih Timnas Indonesia, tidak gentar. Bima akan berusaha sekuat tenaga mencari strategi yang tepat untuk bisa mengalahkan Filipina sekaligus menodai kiprah Eriksson di Asia Tenggara.

“Pertandingan lawan Filipina tetap sangat penting bagi kami. Meski dipastikan sudah tidak lolos, semua pemain bertekad untuk menutup grup dengan torehan kemenangan,” beber Bima Sakti seperti dilansir laman resmi PSSI.

“Filipina punya kelebihan dengan banyak pemain berpostur tinggi, kemudian banyak pemain naturalisasi. Kami sudah siapkan untuk bagaimana menghadapi bola set piece dari mereka. Kondisi pemain oke semua dan kami sudah siapkan komposisi terbaik untuk melawan Filipina,” imbuh Bima.

Di satu sisi, Filipina bertekad untuk meraih hasil serupa yakni kemenangan demi mengamankan tiket semifinal. Andai menang, tiket semifinal pasti digenggam.

Hanya saja, situasi Filipina sebenarnya sedikit nyaman. Andai kalah pun, mereka tetap bisa melaju ke semifinal dengan catatan Thailand mampu mengalahkan Singapura. Toh, paling aman adalah Filipina tak kalah di SUGBK. Apapun hasil Thailand kontra Singapura, dengan satu poin di SUGBK, Filipina pasti melaju ke semifinal.

Eriksson sendiri yakin timnya bisa meladeni perlawanan Indonesia. Dia juga menambahkan sudah mengetahui kekuatan Skuad Garuda.

“Kami sudah bermain hebat melawan tim sekelas Thailand. Jika kami bisa mempertahankan gaya permainan seperti laga melawan Thailand, saya yakin kami bisa mengalahkan Indonesia,” beber Eriksson.

Well, rasanya laga nanti bakal sengit. Filipina saat ini bukan tim yang mudah dikalahkan. Indonesia justru harus waspada dengan racikan Eriksson, pelatih yang kenyang pengalaman. Juru racik asal Swedia itu selain pernah menjadi pelatih The Three Lions cukup lama, juga pernah menukangi klub-klub elite Eropa seperti Sampdoria, AS Roma, Lazio, dan Manchester City.

5 Pertemuan Terakhir
22/11/16 Indonesia 2-2 Filipina
25/11/14 Filipina 4-0 Indonesia
14/08/13 Indonesia 2-0 Filipina
05/06/12 Filipina 2-2 Indonesia
19/12/10 Indonesia 1-0 Filipina

5 Laga Terakhir Indonesia
17/11/18 Thailand 4-2 Indonesia
13/11/18 Indonesia 3-1 Timor Leste
09/11/18 Singapura 1-0 Indonesia
16/10/18 Indonesia 1-1 Hongkong
10/10/18 Indonesia 3-0 Myanmar

5 Laga Terakhir Filipina
21/11/18 Filipina 1-1 Thailand
17/11/18 Timor Leste 2-3 Filipina
13/11/18 Filipina 1-0 Singapura
13/10/18 Filipina 1-1 Oman
09/10/18 Filipina 0-2 Tajikistan

Perkiraan Susunan Pemain
Indonesia: Andritany, Hansamu, Rizky Pora, Fachruddin, Gavin Kwan Adsit, Stefano Lilipaly, Irfan Jaya, Evan Dimas, Riko Simanjuntak, Zulfiandi, Beto
Pelatih: Bima Sakti

Filipina: Michael Falkesgaard, Carli de Murga, Daisuke Sato, Patrick Reichelt, Kevin Ingreso, James Younghusband, John-Patrick Strauss, Stephan Schrock, Paul Mulders, Phil Younghusband, Martin Steuble
Pelatih: Sven-Goran Eriksson

Prediksi Wikimedan
Indonesia Menang: 35%
Filipina Menang: 35%
Imbang: 30%

(ies/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *