Petronas Jadi Sponsor Utama Tim Satelit Yamaha SIC Racing

Berita MotoGP: Setelah sukses di ajang Formula 1 bersama tim Mercedes, Petronas ingin melebarkan sayapnya dengan menyepakati kontrak sebagai sponsor utama tim satelit Yamaha MotoGP.

Petronas telah menuai kesuksesannya bersama Mercedes dengan menjuarai Formula 1 lima kali berturut-turut. Pencapaian apik tersebut membuat perusahaan minyak dan gas asal Malaysia itu ingin merambah dunia MotoGP.

Hijrahnya Tech 3 dari Yamaha ke KTM, membuat posisi tim satelit Yamaha akan diisi oleh SIC Racing yang merupakan tim balap asal Malaysia untuk memasuki ajang MotoGP. Hal tersebut memudahkan jalan Petronas untuk masuk ke MotoGP menjadi sponsor utama tim tersebut.

Jika sebelumnya tim satellit mendapatkan motor berusia satu tahun lebih tua, maka Petronas memiliki hubungan jauh lebih dekat dengan Yamaha. Franco Morbidelli bakal mendapat spesifikasi pabrikan, sama seperti Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Tim yang akan dberi nama Petronas SRT ini menargetkan mampu bertahan pada tahun pertamanya dan kemudian terus meningkat kedepannya.

Petronas berharap dalam proyek ini, dari segi hasil maupun penerapan teknologi. MotoGP dipilih karena merupakan balap motor terbaik hingga saat ini. Dan hal tersebut merupakan motivasi utama bagi sang perusahaan minyak dan gas untuk memulai petualangan di dunia baru.

“Balap motor adalah salah satu disiplin yang paling populer di kalangan anak muda di Malaysia,” ucap Noor Afiza Mohd Yusof, Petronas Senior General Manager of Group Strategic Communication.

“Kami telah memasok pelumas dan minyak untuk tim Mercedes F1, dan hasilnya bagus. Sekarang kami ingin menemukan kesuksesan itu di MotoGP.

“Kami harus kembali, karena tidak semua hal yang telah memberi kami kesuksesan di F1 bisa diterapkan pada MotoGP. Apa yang kami inginkan adalah dapat mengembangkan produk kami di bangku tes sesuai tuntutan kejuaraan ini. Kami bukan hanya sponsor untuk Yamaha, tapi kami juga bagian dari tim dan kami akan hadir di setiap Grand Prix,” imbuhnya.

“Awalnya kami ingin kedua pebalap memiliki motor pabrikan. Tetapi tidak masuk akal untuk membelanjakan uang untuk motor pabrikan ketika Fabio [Quartararo, pebalap kedua tim] perlu belajar dan terbiasa dengan kelas premier.

“Kami berharap banyak dari Franco [Morbidelli]. Dia datang setelah menjadi rookie terbaik pada musim [2018]. Dia benar-benar membuat kami terkesan selama dua hari pertama [tes Valencia pekan lalu]. Kami ingin menjadi tim independen teratas dan dia ingin menjadi pebalap independen teratas. Itu sebabnya dia akan memiliki motor pabrikan,” paparnya.

Petronas Yamaha SRT akan melakukan launching yang kemungkinan dihelat di Sepang, sebelum tes pramusim 2019, yang dijadwalkan akan berlangsung pada 6-8 Februari tahun 2019.

Artikel Tag: MotoGP 2019, sic racing, Petronas SRT, yamaha


Kategori : Berita Olahraga

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *