Pernah Dijudesin Kasir Minimarket? Bisa Jadi 5 Hal Inilah Penyebabnya

Daftar Indodax

Berita Hiburan – Minimarket sudah menjadi solusi hidup banyak kalangan. Nongkrong murah, belanja bulanan, top up saldo, tarik tunai, semua bisa di sana. Maklum, sistem aplikasi kasir dan berbagai merchant elektronik lainnya di sana sudah semakin canggih. Tapi ada satu hal yang sering kejadian dan bikin gak nyaman.

Yakni, lagi apes ketemu kasir yang judes. Padahal sebagai pelanggan kan ingin diservis bukan? Apalagi rasanya kita enggak ada cari gara-gara sama beliaunya. Jadi, apa yang bikin dia kudu jutekin kita?

Beberapa penelusuran yang akan Wikimedan ulas ini, bukan untuk membenarkan sikap judes tersebut. Tapi, setidaknya bisa sedikit menjawab rasa penasaran jika hal ini sedang menimpa kalian.

Konflik internal dengan sesama karyawan

Minimarket lumrahnya digawangi beberapa petugas dan 1-2 kasir. Sama seperti pekerjaan yang lain, pasti ada konflik internal yang mewarnai. Misalnya, molor pulang gara-gara temannya sering nelat, karyawan baru yang sulit diajari, hingga saat si kasir repot malah nggak ada yang bantuin. Walhasil, ini ngefek kepada service yang mereka berikan.

Tekanan dari atasan

Sama seperti karyawan pada umumnya, kasir juga mendapat tuntutan dari atasan. Jadi bukan sesimpel pasang senyum, kasih salam dan hitung-hitung saja kerjaannya. Masih banyak hal teknis seperti menawarkan isi pulsa atau promo produk lainnya yang mesti diingat. Kadang kita gengges dengan hal itu, tapi begitulah tuntutan kerja mereka.

Masalah jaringan

Semakin canggihnya pembayaran jaman sekarang, kasir juga diminta buat up to date. Tapi, tidak semua kasir dibekali kemampuan IT yang mumpuni. Sehingga tatkala ada gangguan jaringan saat beli pulsa atau pakai kartu debit sebentar saja, mereka sudah terhambat banget. Belum lagi kalau antrian sedang sangat panjang, yang nunggu aja bisa stress, apalagi yang melayani. Karena tangannya hanya dua, sebisa mungkin petugas kasir ini putar otak dan akrobat agar bisa multitasking dan pelanggan yang mau bayar tidak sampai menunggu lama.

Konsumen yang memanfaatkan promo

Salah satu momen yang bikin deg-degan kasir jaman sekarang adalah masa promo cashback. Pembeli yang kekinian dan mau untung banyak kadang juga memanfaatkan momen ini. Misalnya saat promo Rp 1 di mana anak-anak kos sering nebeng teman mereka. Sehingga 1 orang kadang bisa bawa orderan dengan 3 akun di HP berbeda atau lebih. Walhasil ini tensi dan kecepatan kerja kasir dalam waktu bersamaan supaya antrian yang mengular tidak didemo massa dan viral di media.

Belum ada kembalian

Sebagai punggawa pembayaran, kasir sering pusing kalau kehabisan uang receh sementara pembeli bayarnya pakai uang nominal sultan semua. Jika terjadi secara berulang, maklumi saja kalau akhirnya kasir agak kurang bisa mengendalikan komuk judesnya. Sebagai konsumen yang pintar, jika ingin membayar secara tunai, pastikan kamu bawa uang pas ya.

Penulis yakin, masih banyak pengalaman-pengalaman unik seputar kasir minimarket yang mungkin Sobat Wikimedan pernah alami. Di satu sisi kita memang perlu menyadari bahwa semua orang akan mencapai sisi manusiawi mereka saat bekerja. Di sisi lain, namanya

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *