Perhatikan 3 Hal Penting Ini saat Memilih Susu Bumil!

Daftar Indodax

Perhatikan 3 Hal Penting Ini saat Memilih Susu Bumil!  – Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi lebih yang mampu menununjang pertumbuhan janin. Hal ini dikarenakan ibu hamil mengalami banyak perubahan, baik dari kindisi fisik dan hormonal. Sehingga apa yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap kondisi janin yang dikandungnya.

Mengingat kondisi ini, tentu saja Anda sebagai ibu hamil penting sekali untuk mengonsumsi susu yang diproduksi khusus dalam memenuhi kebutuhan asupan selama masa kehamilan. Dengan demikian, kelahiran prematur, keguguran ataupun bayi lahir dengan kondisi berat badan rendah dapat diantisipasi. Asal Anda rutin mengonsumsi susu tersebut.

Hanya saja, Anda tidak boleh memilih susu bumil sembarangan. Ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan saat Anda ingin mengonsumsinya. Apa saja?

Perhatikan Kandungan Nutrisi pada Susu

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin D 4.000 IU atau atau 100 μg setiap harinya. Apabila nutrisi ini terpenuhi maka persalinan dini dan infeksi dapat dicegah. Selain itu, menurut penelitian yang dilansir di The Journal of Allergy and Clinical Immunology, vitamin D harian yang tepenuhi pada ibu hamil biaa menurunkan risiko alergi pada bayi. Dengan alasan ini, penting sekali bagi bumil untuk memilih susu yang mengandung vitamin D.

Tidak cukup vitamin D saja, ibu hamil juga membutuhkan asupan kalsium dan zat besi supaya pembentukan dan perkembangan tulang bayi sekaligus pengangkutan oksigen ke janin bisa berlangsung secara optimal.

Susu khusus ibu hamil juga dilengkapi dengan kandungan protein, asam amino, dan asam lemak yang mampu mendukung perkembangan sistem saraf pada janin.

Pilih  yang Sesuai dengan Usia Kehamilan

Memilih susu bumil juga perlu memperhatikan kesesuaian dengan usia kehamilan. Sebab, beda usia kehamilan, nutrisi yang dibutuhkan juga berbeda. Anda sebagai ibu hamil dituntut cerdas dalam memilih susu supaya kesehatan janin terjaga.

Anda disarankan untuk mengonsumsi susu yang mengandung vitamin B6 pada usia awal kehamilan. Rasa mual yang biasa dialami pada kehamilan akan terminimalisir. Selain itu, untuk membantu pembentukan saraf dan kecerdasan otak janin, susu yang Anda konsumsi juga harus mengandung asam folat dan DHA.

Sementara, Anda yang usia kehamilannya sudah trimester kedua dan ketiga, kalsium dan zat besi merupakan nutrisi yang harus didapatkan. Penyakit anemia pada ibu hamil akan tercegah. Tidak hanya itu, zat besi mencegah bayi lahir prematur atau dengan berat badan rendah.

Pemilihan Varian rasa

Selain memperhatikan kandungan dan penggunaan sesuai usia kehamilan pada susu bumil, penting juga untuk mempertimbangkan varian rasa pada susu yang ingin Anda konsumsi selama kehamilan. Karena pemilihan varian rasa dapat mempengaruhi selera Anda saat meminum susu.

Seperti yang Anda rasakan sendiri, mual sering kali dialami, kondisi ini tentu sangat mengganggu ibu hamil ketika ingin meminum susu. Varian rasa pada susu mampu mual ibu hamil berkurang, karena aroma dan rasa pada susu bisa menetralisir kondisi tersebut.

Maka dari itu, penting sekali bagi ibu hamil memilih varian rasa sesuai selera dan yang paling penting tidak membuat mual. Varian rasa seperti cokelat, vanila, strowberry dan lainnya dapat Anda pilih dengan memperhatikan kebutuhan kondisi selera Anda.

Nah, itulah pembaca 3 hal penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih susu bumil yang baik untuk janin dan kesehatan tubuh Anda. Jaga perkembangan janin, mulai dari pembentukan tulang, organ, saraf otak dan pertumbuhan fisik dan mental janin selama kehamilan Anda. Wujudkan keluarga impian dengan tidak salah dalam pemilihan susu bumil ya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *