Perbedaan ASUS ROG Phone 5, 5 Pro, dan 5 Ultimate


Perbedaan ASUS ROG Phone 5, 5 Pro, dan 5 Ultimate – Kabar gembira buat kamu yang tengah menanti penerus dari ASUS ROG Phone 3. Pasalnya pada Maret 2021 produsen ponsel pintar asal Taiwan, ASUS telah mengumumkan ke publik soal kehadiran tiga ponsel gaming andalan berikutnya yakni ASUS ROG Phone 5, ASUS ROG Phone 5 Pro, dan ASUS ROG Phone 5 Ultimate.

Kendati demikian, ketiga ponsel di seri ROG Phone 5 ini punya jadwal berbeda dalam urusan tanggal peluncurannya. Untuk ASUS ROG Phone 5 versi standar diluncurkan pada Maret 2021, dilanjutkan oleh ASUS ROG Phone 5 Pro yang direncanakan rilis pada April 2021, dan ditutup dengan ASUS ROG Phone 5 Ultimate yang kabarnya akan hadir pada Mei 2021.

Bagi kamu yang belum tahu, seri ASUS ROG ialah rangkaian produk yang dirancang untuk memfasilitasi para pengguna dengan minat tinggi akan dunia gaming. Para model di seri ASUS ROG dibekali dengan spesifikasi yang bermutu dan mutakhir.

Sebagai bukti akan kecanggihan dari perangkat ASUS ROG, kamu bisa melihat spesifikasi dari ketiga perangkat di seri ASUS ROG Phone 5 di bawah ini:

Spesifikasi ASUS ROG Phone 5

  • Rilis: Maret, 2021
  • Layar: AMOLED, 6.78 inci
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB, 12 GB, 16 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 64 MP + 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 24 MP
  • Baterai: Li-Po 6.000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi ASUS ROG Phone 5 Pro

  • Rilis: April, 2021
  • Layar: AMOLED, 6.78 inci
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 16 GB
  • Memori Internal: 516 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 64 MP + 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 24 MP
  • Baterai: Li-Po 6.000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi ASUS ROG Phone 5 Ultimate

  • Rilis: Mei, 2021
  • Layar: AMOLED, 6.78 inci
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 18 GB
  • Memori Internal: 516 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 64 MP + 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 24 MP
  • Baterai: Li-Po 6.000 mAh tidak dapat dilepas

Perbedaan ASUS ROG Phone 5, ROG Phone 5 Pro, dan ROG Phone 5 Ultimate

Setelah kamu mengkaji spesifikasi dari ketiga perangkat di seri ASUS ROG Phone 5 di atas, apakah kamu mulai mengerutkan dahi dan bertanya-tanya tentang perbedaan dari ketiga ponsel pintar tersebut?

Tidak bisa dipungkiri kalau ketiganya memang memiliki banyak kemiripan, tapi tenang saja ada Wikimedan yang akan menyingkap perbedaan dari ketiga perangkat tersebut. Yuk, langsung saja disimak pembahasannya berikut ini:

1. Pertikaian Teknologi Bodi

Secara keseluruhan tampilan dari ketiga perangkat jebolan seri ASUS ROG Phone 5 ini mirip seperti suksesornya, punya desain yang estetik dan futuristik.

Namun, apabila dibandingkan dengan rangkaian perangkat di seri ASUS ROG Phone 3, para model di ASUS ROG Phone 5 punya dimensi yang lebih besar yakni 172.8 x 77.3 x 10.3 mm dengan bobot 238 g. Yap, ketiga ponsel di lini ASUS ROG Phone 5 punya spesifikasi yang kembar.

Pun ketiganya dibangun dari substansi yang serupa mulai dari bagian cangkang berbahan kaca Gorilla Glass 3, aluminum untuk area bingkainya, hingga kawasan depan berwujud kaca terkuat yaitu Gorilla Glass Victus, yang diklaim mampu bertahan dari goresan dan retakan walau diterjunkan ke dasar yang kasar nan keras pada ketinggian dua meter. Keren gak sih?

Di area bodi belakang, ketiganya telah disematkan tiga sensor kamera yang tersusun vertikal lengkap dengan kehadiran LED Flash. Uniknya pada ketiga perangkat seri ini dibubuhkan beberapa kata dan nomor di antaranya ada “REPUBLIC OF GAMERS”, “EST. 2006”, “TENCENT GAMES”, dan “05”.

Akan tetapi pada sisi belakang ASUS ROG Phone 5 versi regular menyuguhkan titik-matrix yang membentuk pola label ikonik “ROG”. Deretan titik-titik cahaya itu mampu mempersembahkan dua gradien warna sekaligus pada logo ROG tersebut.

Desain belakangnya mirip seperti perangkat gaming garapan Asus lainnya salah satunya laptop gaming ROG Zephyrus G14.

Berbeda dengan arena belakang ASUS ROG Phone 5 Pro dan ASUS ROG Phone 5 Ultimate yang dibekali dengan layar PMOLED kecil berwarna. Layar kecil ini disebut dengan ROG Vision, yang bisa menampilkan animasi atau visual keren seperti notifikasi panggilan masuk, pengisian daya baterai, mengetahui aktivasi Mode X, dan masih banyak lagi.

Selain itu, pengguna dari kedua perangkat ini bisa menciptakan animasi khusus sesuai selera masing-masing.

Serupa dengan generasi terdahulu, pada seri ASUS ROG Phone 5 turut dimeriahkan dengan tombol bahu yang peka terhadap sentuhan atau “AirTrigger”. Pada edisi reguler punya sembilan sensor AirTrigger, sedangkan untuk varian Pro dan Ultimate telah ditambahkan dua sensor sensitif ekstra yang dijuluki “Rear Touch” atau sentuhan belakang.

Berpindah ke kawasan bingkai kiri, ketiga ponsel memiliki slot kartu SIM, USB tipe-C 3.1 untuk pengisian daya, dan konektor POGO sebagai port untuk aksesoris tambahan seperti AeroActive Cooler 5.

Sementara, pada sisi kanan bingkai terdapat tombol pengatur volume, tombol power, dan tombol virtual. Terakhir, untuk area bawah ponsel ada jack 3.5 mm dan USB tipe-C 2.0 buat Kunai Gamepad 3.

2. Gap Suguhan Ruang Penyimpanan

Melirik dapur pacu pendahulunya yang terbilang tinggi, maka jajaran ponsel di seri ASUS ROG Phone 5 juga tidak ingin kalah saing atau bahkan mentok di perfoma yang sama. Dengan demikian, ASUS kembali memboyong Qualcomm sebagai prosesornya tetapi kali ini dengan chipset terbaru dan tertinggi yaitu Snapdragon 888 dengan fabrikasi 5 nanometer yang lebih kencang.

Ketiga ponsel gaming ini juga ditopang oleh CPU Octa-core yang terdiri dari satu inti Kryo 680 dengan laju 2.84 GHz, tiga inti Kryo 680 berkecepatan 2.42 GHz, dan empat inti Kryo 680 yang memiliki clock speed hingga 1.80 GHz.

Dalam upaya meningkatkan pengolahan grafis, ketiganya mendapatkan bantuan dari GPU Adreno 660. Dengan jeroan seperti ini dapat dipastikan performa semua perangkat di seri ASUS ROG Phone 5 mampu melakukan aktivitas multitugas khususnya bermain gim secara bagas.

Apalagi diperkuat oleh komposisi memori dari ketiga perangkat ini yang bisa dibilang gembung nan luas, memungkinkan penggunanya dapat menyimpan berbagai berkas berukuran besar atau memasang aplikasi yang berat. Akan tetapi dalam hal ini, ketiga ponsel ASUS ROG Phone 5 tersebut menawarkan kapasitas yang berbeda-beda.

Dimulai dari ASUS ROG Phone 5 yang menyuguhkan banyak kombinasi memori di antaranya 8/128 GB, 12/256 GB, dan 16/256 GB. Sementara, pada ASUS ROG Phone 5 Pro akan dipasarkan pada tipe memori berukuran 16/512 GB.

Terakhir, untuk edisi Ultimate akan terasa spesial karena didaulat menjadi ponsel gaming pertama di dunia yang mempersembahkan RAM 18 GB dan akan dikawinkan dengan penyimpanan internal 512 GB. Proses penyimpanan akan semakin gesit tatkala ditemani oleh teknologi UFS 3.1, suatu kecanggihan yang mampu menghemat energi.

3. Tawaran Harga dan Warna Beragam

Bila kamu sudah merasa bosan dengan warna yang disuguhkan ASUS pada seri ROG terdahulu, tidak lain adalah Phantom Black. Kali ini ASUS menelurkan terobosan warna baru yang diharapkan dapat membuat ponsel lebih menonjol dan menarik yaitu Storm White pada ASUS ROG Phone 5 versi reguler dan Matte White untuk ASUS ROG Phone 5 Ultimate.

Sayangnya, ASUS ROG Phone 5 Pro harus gigit jari karena tidak ada pilihan warna anyar. Sehingga perangkat ini hanya tersedia dalam balutan Glossy Black atau Hitam Mengkilap, bagaimana pun warna tersebut tetap membuatnya tampil dengan penuh estetika.

Perkara harga juga punya diferensi, ini dikarenakan perbedaan dari kapasitas memori yang dipanggul oleh masing-masing perangkat di seri ASUS ROG Phone 5.

Dengan kapasitas penyimpanan 8/128 GB, ASUS ROG Phone 5 versi reguler dibanderol mulai dari Rp13,7 jutaan, sedangkan ASUS ROG Phone 5 Pro yang akan meluncur pada April 2021 dengan komposisi memori 16/512 GB di harga Rp20,5 jutaan, dan ASUS ROG Phone 5 Ultimate lewat ukuran 18/512 GB dipatok sekitar Rp22,3 jutaan per unitnya.

Persamaan ASUS ROG Phone 5, ROG Phone 5 Pro, dan ROG Phone 5 Ultimate (Bonus)

Bagi kamu yang penasaran akan persamaan dari ASUS ROG Phone 5, ASUS ROG Phone 5 Pro, dan ASUS ROG Phone 5 Ultimate, Wikimedan juga sudah merangkumnya untukmu. Yuk, telusuri dan baca hingga usai mengenai persamaan dari ketiga ponsel di lini ROG Phone 5 berikut ini:

1. Punya Layar Berkelas

Layar yang dirancang pada jajaran perangkat di seri ROG Phone 5 tampaknya lebih cerah dan lebih besar dari ponsel gaming produksi ASUS sebelumnya. Punya layar AMOLED berukuran 6,78 inci, ketiga perangkat ini berkolaborasi dengan Samsung untuk menciptakan panel berbahan E4.

Serupa dengan pendahulunya, layar dari ketiga ponsel gaming ASUS ini dipompa oleh laju penyegaran hingga 144Hz. Kecepatan refresh ini juga bisa diatur secara manual atau dikelola dengan menggunakan mode otomatis, sehingga rendah-tingginya laju penyegaran dapat disesuaikan dengan aplikasi yang tengah berjalan.

Didukung dengan HDR10+ dan 1 miliar warna, ketiga ponsel ini memiliki tingkat kecerahan sebesar 800 nits (typ) dan 1200 nits (peak) yang sangat memanjakan dan membuat mata pengguna nyaman saat layar terkena pantulan cahaya sang surya.

Dengan rasio layar-ke-bodi cukup luas yaitu 82 persen, kerapatan piksel dari semua perangkat ASUS ROG Phone 5 terbilang tajam di angka 395 ppi sehingga memungkinkan tampilan layar menjadi lebih jelas dan detil.

2. Sistem Kamera Jempolan

Meski mendapatkan julukan sebagai ponsel gaming, tapi semua perangkat di seri ASUS ROG Phone dibopong dengan sistem kamera yang mumpuni.

Pengguna akan dipersembahkan tiga sensor pada kamera belakang antara lain 64 MP berdiafragma f/1.8 untuk sensor lebar, 13 MP dengan bukaan f/2.4 sebagai sensor ultra-lebar, dan 5 MP ber-aperture f/2.0 yang tertanam di sensor makro.

Dilengkapi dengan fitur LED flash, HDR, dan panorama, kamera belakangnya punya kemampuan merekam tidak kalah hebat dengan resolusi [email protected], [email protected]/60/120fps, [email protected]/60/120/240fps, [email protected], serta dukungan teknologi gyro-EIS yang membuat proses perekaman menjadi seimbang.

Tidak hanya itu, diramaikan juga oleh Pro Video Mode yang terdiri dari Free Zoom, Wind Filter, dan Acoustic Focus yang akan membuat hasil video menjadi lebih profesional.

Sedangkan, pada kamera selfie telah dibenamkan sensor yang memiliki resolusi 24 MP dengan diafragma f/2.5 mampu menghasilkan bidikan swafoto berkualitas tinggi. Untuk mendukung kegiatan merekam, kamera depan dari ketiga ponsel ini punya resolusi 1080p pada frame rate 30fps yang cocok digunakan untuk melakukan konferensi video.

3. Disuntikan Baterai yang Agung

Sebagai ponsel gaming berkasta luhur, para model ASUS ROG Phone 5 menyediakan sumber daya baterai yang impresif pada penggunanya. Dengan baterai Li-Po berkapasitas 6.000 mAh perangkat bisa bertahan 12 jam 23 menit dalam laju penyegaran 60Hz, 10 jam 53 menit pada mode 120Hz, dan 10 jam 27 menit saat kecepatan refresh-nya mencapai 144Hz.

Selain itu, ketiga perangkat ini menghadirkan teknologi pengisian cepat 65W yang diklaim dapat mengisi baterai dari 0 persen hingga 70 persen hanya dalam 30 menit saja dan 100 persen dalam kurun waktu 52 menit.

Adapun fitur Power Delivery 3.0, Quick Charge 5, hingga pengisian balik 10W yang tertanam pada sistem baterai ketiga ponsel dari seri ASUS ROG Phone 5. Dengan konfigurasi baterai tersebut, pengguna bisa tenang dan tetap asyik menjalankan berbagai aplikasi di perangkat khususnya bermain gim.

Simpulan

Seperti yang kamu baca di atas perbedaan antara ASUS ROG Phone 5, ASUS ROG Phone 5 Pro, dan ASUS ROG Phone 5 Ultimate terletak pada segi bodi, variasi ruang penyimpanan, warna, dan harga. Secara keseluruhan ketiganya sangat mirip mulai dari prosesor terbaru dari Qualcomm, kamera beresolusi tinggi, hingga baterai jumbo.

Demikianlah pemaparan dari perbedaan antara ASUS ROG Phone 5, ASUS ROG Phone 5 Pro, dan ASUS ROG Phone 5 Ultimate. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang berencana membeli ponsel gaming di seri ASUS ROG Phone 5. Jangan lupa pantau terus Wikimedan supaya kamu tidak ketinggalan informasi seputar teknologi dan gadget!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *