Pendapatan KPU Bea Cukai Batam 2018 Meningkat Tajam

Wikimedan – Kantor Pelayanan Umum Bea Cukai (KPUBC) tipe B Batam mencatatkan pendapatan Rp 2,6 triliun hingga akhir 2018 ini. Angka ini jauh melebihi pendapatan pada tahun sebelumnya di angka Rp 1,35 triliun.

Kepala KPUBC tipe B Batam, Susila A Brata mengatakan, angka pendapatan pada 2018 ini bisa saja bertambah karena perhitungannya masih menyisakan bulan Desember.”Saat ini sudah naik hampir seratus persen, ini paling besar dari beberapa tahun sebelumnya,” kata Susila ketika ditemui di Hotel Radisson, Batam Centre, Batam, Senin (10/12).

Ia menjelaskan, peningkatan pendapatan itu dikarenakan beberapa faktor,
diantaranya disebabkan peningkatan aktivitas perdagangan yang terjadi di Batam sepanjang 2018 ini. Kemudian pertumbuhan ekonomi yang mencapai angka 4,25 sampai Oktober 2018 lalu, yang diikuti dengan meningkatnya aktivitas ekspor dan impor barang ikut berpengaruh pada pendapatan BC Batam.

“Kita juga melakuian intensifikasi di BC Batam. Saat ini Batam juga mulai sibuk dengan aktivitas perekonomiannya, sampai akhir tahun nanti kita tidak tahu berapa,” kata Susila lagi.

Peningkatan pendapatan ini, lanjut Susila, juga disertai peningkatan pada aktivitas penindakan BC pada 2018. Dimana penindakan terhadap peredaran narkotika masih mendominasi. Susila mengaku belum memegang data keseluruhan terkait aktivitas BC pada 2018 ini.

Namun, ia mengaku ada beberapa tangkapan cukup besar yang dilakukan BC Batam. Salah satunya adalah tangkapan 2,4 juta batang rokok ilegal hanya dalam satu kali penegahan. Jumlah itu setara dengan penegahan di Jawa Timur dalam dalam satu semester.

“Sekarang prosesnya sudah sampai ke Kejaksaan untuk diproses lebih lanjut,” kata Susila lagi.

(bbi/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *