Pemko Medan dan FKUB Gelar Gotong Royong Kerukunan Di Belawan

MEDAN Wikimedan | Sebagai wujud kebersamaan antar umat beragama sekaligus memberikan pengetahuan dan mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dengan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing, Pemko Medan bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Medan melaksanakan gotong royong kerukunan di Jalan Taman Makam Pahlawan, Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan, Minggu (7/4) pagi.

Gotong royong yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari personel TNI, kepolisian, Satpol PP Kota Medan, tokoh lintas agama, Karang Taruna, organisasi kepemudaan, masyarakat serta Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) dari 21 Kecamatan se-Kota Medan. Diharapkan gotong royong ini dapat menjadi simbol kerukunan dan keharmonisan hidup antar umat beragama yang ada di Kota Medan, khususnya di wilayah Kecamatan Medan Belawan.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan (Aspem) Kota Medan Musadad Nasution, menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya kegiatan gotong royong kerukunan tersebut. Melalui kegiatan ini, masyarakat dari berbagi agama berbaur dan saling bekerja sama untuk bergotong royong tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

‘’Alhamdulillah, kita semua bisa berkumpul bersama di sini dalam balutan keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan. Mudah-mudahan keakraban yang terjalin hari ini dapat terus kita jaga dan kita bina sebagai wujud keharmonisan hidup bermasyarakat. Oleh sebab itu, sudah selayaknya kita saling menjaga ketentraman dan kerukunan di Kota Medan termasuk di wilayah Kecamatan Medan Belawan,’’ kata Musadad.

Dalam kesempatan tersebut, Musadad juga mengingatkan seluruh masyarakat agar menjaga keamanan serta ketertiban terlebih sebentar pemilihan legislatif (Pileg) maupun (Pilpres) akan diselenggarakan pada 17 April mendatang. Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat agar saling menghargai pilihan masing-masing demi terciptanya kondisi yang aman dan kondusif di seluruh wilayah Kota Medan.

Dihadapan seluruh peserta yang mengikuti kegiatan gotong royong tersebut, Musadad juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah berpartisipasi dan berkontribusi sehingga kegiatan gotong royong tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan.

‘’Pemko Medan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini. Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi amal baik bagi kita semua dan diberi ganjaran pahala oleh Allah SWT,’’ pungkasnya didampingi Kadis PU Kota Medan Isa Ansari, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis, Camat Medan Belawan Ahmad yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan diawali dengan apel peserta dipimpin Aspem Kota Medan. Kemudian pembacaan deklarasi pemilu damai oleh pihak FKUB Kota Medan diikuti para pemuka lintas agama. Usai pembacaan deklarasi, masing-masing tokoh agama yang mewakili agama Islam, Kristen dan Etnis Tionghoa menandatangani naskah deklarasi pemilu damai tersebut disaksikan Aspem Kota Medan.

Usai prosesi apel, seluruh peserta berpencar menjadi beberapa tim untuk melakukan pembersihan di beberapa titik yang telah ditentukan. Adapun yang menjadi fokus pembersihan adalah rumah ibadah, pemakaman umum serta sejumlah drainase yang berada di sepanjang jalan lokasi berlangsungnya kegiatan gotong royong. (er)

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *