Pembangunan Talud Tebing Pengaman Desa Bandung Jaya yang belokasi di Dusun Antara Gagal dikerjakan, Upah Sebelas Orang Pekerja Belum Dibayar

ACEH TAMIANG Wikimedan. | Hal tersebut dikatakan oleh Zulkarnain bersama sohibnya Edisyahputra kepada Wikimedan Kamis (08/01) saat turun kelapangan melakukan kegiatan Investigasi hasil Kinerja Datok Penghulu Desa Bandung Jaya Kecamatan Manyak Payed.

Hasil wawancara kami kepada masyarakat Desa Bandung Jaya sangat kecewa. Pasalnya Talud Pengaman Tebing Desa Bandung Jaya Kecamatan Manyak Payed yang di bangun memakai Anggaran Dana Desa (APBN) Tahun 2018 hingga kini tak juga diselesaikan, sudah satu bulan ini Talud Pengaman Tebing Desa tersebut terbengkalai, dan upah 11 orang pekerja belum dibayar” Ucap Zulkarnain

Pada Plang Proyek tercantum bahwa pembangunan Talud Penahan Tebing Desa Bandung Jaya Kecamatan Manyak Payed dilaksanakan dengan Metode Kerja Padat Karya Tunai (PKT), dengan Volue 100 M, yang berlokasi di Dusun Antara menelan dana Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp. 140.282.000,- termasuk honor TPK, PPN, dan PPH, Sumber Dana Dana Desa (APBN) Tahun Anggaran 2018, Pelaksana Kerja Tim Pelaksana Kegiatan Desa, tanpa mencantumkan Awal dan Selesainya pekerjaan pembangunan Talud Pengaman Tebing Desa tersebut.

Zulkarnain juga mengatakan, bahwa tujuan dibangunnya Talud Pengaman Tebing Desa Bandung Jaya yang berlokasi di Dusun Antara adalah, bila hujan turun deras tebing tidak mudah longsor dan jika tanah tebing longsor masuk ke bangunan talud agar jalan dapat dilewati.

Ditambahkannya, jika warga ingin mengangkut hasil bumi atau pun barang keperluan lainnya terpaksa diunjal menggunakan angkong dan ini jelas menyusahkan masyarakat.

Untuk itu dirinya, berharap agar Bupati Kabupaten Aceh Tamiang mendesak Datok Penghulu Desa Bandung Kecamatan Manyak Payed (Kasmin- red), untuk sesegera mungkin menyelesaikan pembangunan Talud Penahan Tebing tersebut. “Kita minta kepada Bupati Aceh Tamiang H.Mursil, SH, M.Kn melalui Dinas yang terkait memanggil oknum Kepala Desa Bandung Jaya Kecamatan Manyak Payed beserta Tim Pelaksana Kerja Pembangunan Talud Penahan Tebing, untuk mempertanggung jawabkan Anggaran Dana Desa yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2018,” Ujar Zulkarnain.

Akibat tidak kunjung selesainya Pembangunan Talud Pengaman Tebing Desa Bandung Kecamatan Mayak Payed yang berlokasi di Dusun Antara, setiap hujan turun deras badan jalan tergerus air, hingga dipenghujung Tahun 2018 masyarakat belum menikmati hasil pembangunan Talud Penahan Tebing Desa yang menggunakan Anggaran Dana Desa yang bersumbaer dari APBN Tahun Anggaran 2018.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Edisyahputra sohib Zulkarnain kepada Wartawan. jika selama ini memang warga Desa Bandung sangat membutuhkan Pembangunan Talud Penahan Tebing Desa tersebut karena jalan di Dusun Antara semakin hancur dan jika di musim penghujan tidak bisa dilalui, masyarakat jadi susah. “Jangan sampai, telah memakan korban baru diperhatikan,” Ujarnya.

Dijelaskannya, jika disaat pembangunan tidak transparan menggunakan Anggaran Dana Desa yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2018, dan yang mengerjakan bangunan tidak sungguh – sungguh karena ingin memperoleh untung yang banyak dikhawatirkan terjadi korupsi berjama’ah.

Dalam kesempatan ini Edisyaputra mengajak masyarakat bekerjasama bersama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Anti Rasuah Daerah Aceh yang disingkat “GARDA” melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan yang mempergunakan uang Negara RI, baik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Tamiang, Anggaran Pendapatan Dan Belanja Aceh (APBA), dan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN).

Ditegaskan Edisyahputra yang juga salah seorang pentolan LSM GARDA. “Kegiatan Investigasi Pembangunan Talud Pengaman Tebing Desa Bandung Jaya Kecamatan Manyak Payed yang berlokasi di Dusun Antara ini tetap kita pantau, dan kita koordinasikan kepada pihak Penegak Hukum guna terwujudnya program Pemerintah, khususnya dibidang pembangunan,” Tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Wartawan Media ini belum dapat mengkonfirmasi Datok Penghulu Desa Bandung Jaya Kecamatan Manyak Payed beserta Tim Pelaksana Kerja Pembangunan Talud Penahan Tebing Desa Bandung Jaya.(ABS)

Kategori : Berita Medan

Komentar
Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *