Pekan Terakhir April, Minyak Mentah Turun Kembali Akibat Kekhawatiran Kelebihan Pasokan

Daftar Indodax

Harga minyak mentah global terus mengalami penurunan pada perdagangan pekan terakhir di bulan April 2020 ini. Saat ini minyak mentah turun sampai 5% sepanjan sesi awal kawasan Asia di hari Senin (27/4). Penyebab utama penurunan itu adalah adanya rasa kekhawatiran terhadap pasokan minyak mentah global. Pasalnya mungkin akan terus mengalami kelebihan pasokan secara terus menerus.

Pada minyak mentah berjangka WTI AS, minyak mentah turun diperdagangkan di sekitar level harga 15,50 per barelnya atau turun 5,85% di hari Senin ini. Energi tampak terus mencatatkan kinerja yang sangat negatif akibat aktivitas produksi global yang terhenti di tengah pandemi virus Corona. Beberapa ahli analisa mengatakan nada peringatan bahwa akan terjadi penurunan kembali karena ancaman kelebihan pasokan produksi minyak mentah.

Kepala strategi komoditas dari Goldman yaitu Jeffrey Currie mengatakan bahwa komoditas merupakan aset spot bukan untuk antisipasi pasar. Sehingga harus menghapuskan antara permintaan dan penawaran yang tidak seimbang saat ini. Apalagi sampai saat ini tingkat penawaran masih sangat tinggi dibandingkan dengan penawaran. Meski saat ini harga minyak mentah telah mengalami penurunan sampai 74% dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari kondisi tersebut terlihat bahwa prospek pemulihan harga minyak mentah masih sangat lemah sekali. Kecuali jika produksi minyak mentah AS mengalami penurunan yang cukup ekstrim maka ada harapan pemulihan. Dengan harga minyak mentah turun, menyebabkan produsen minyak mentah AS terpaksa memangkas produksi mereka.  Bagaimanapun produksi perlu turun karena permintaan yang sangat rendah.

Data Baker Hughes yang disampaikan pada hari Jumat pekan lalu menampilkan hasil kilang minyak AS aktif yang mengalami penurunan 60-378. Dengan penurunan itu maka memperpanjang trend turun selama enam pekan terakhir tanpa jeda.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *