Patuhi Aturan Mandi yang Tepat Ini Jika Anda Memiliki Eksim


Mandi mungkin jadi ritual menyenangkan bagi sebagian besar orang, tapi tidak untuk orang yang memiliki eksim. Pasalnya, eksim bisa menimbulkan gatal, kemerahan, dan kering pada kulit yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Mirisnya, kondisi ini bisa semakin memburuk bila Anda belum memahami betul bagaimana cara mandi untuk eksim yang tepat.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penderita eksim sebelum mandi

mengatasi eksim

Tidak hanya langkah-langkah mandi saja yang perlu Anda perhatikan bila memiliki eksim. Anda dituntut untuk lebih jeli dalam memilah-milah produk perawatan kulit mana yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Sebab salah memilih kandungan produk, justru bisa semakin mengiritasi kulit yang akan memperparah kondisi eksim.

Sebaiknya hindari produk mandi maupun perawatan kulit (seperti sabun, krim, atau body lotion) yang mengandung wewangian, banyak busa, dan pewarna buatan. Menurut Yunyoung Claire Chang, MD, seorang dokter spesialis kulit di Union Square Laser Dermatology di New York City, bahwa kandungan bahan-bahan tersebut bisa menimbulkan iritasi dan alergi pada kulit.

Perhatikan juga suhu air saat mandi. National Eczema Association (NEA), menganjurkan Anda untuk Anda menggunakan suhu air hangat – yakni tidak terlalu panas ataupun dingin. Alasannya karena suhu air ini dapat membantu untuk mempertahankan kelembapan kulit.

Selain itu, pastikan Anda rutin mengaplikasikan produk perawatan yang dapat melembapkan kulit. Seperti yang telah dijelaskan di awal, kulit yang mengalami eksim rentan kering dan tampak pecah-pecah. Itulah mengapa Anda butuh produk perawatan kulit yang dapat memberi kelembapan optimal bagi kulit eksim Anda.

Kulit yang lembap akan mengunci kadar air di kulit yang dapat mencegah risiko terkena infeksi. Waktu terbaik untuk mengaplikasikan pelembab adalah tiga menit setelah selesai mandi, menurut Dr. Chang.

Lantas, apa saja aturan mandi untuk eksim?

manfaat mandi susu

Dilansir dari Everyday Health, National Eczema Association merekomendasikan beberapa langkah penting bagi Anda yang ingin mandi untuk eksim. Langkah ini diyakini dapat membantu meringankan gejala eksim.

Pertama, isi bak mandi Anda dengan air bersuhu hangat seperti yang telah dianjurkan. Kemudian biarkan tubuh Anda berendam di dalamnya selama kurang lebih 5-10 menit, dengan memakai sabun yang bebas pewangi dan pewarna. Gosokkan sabun dengan lembut ke sekujur tubuh tanpa tenaga yang kuat. Hindari waktu mandi yang terlalu lama karena justru bisa memperparah gejala eksim.

Kedua, sapukan handuk dengan lembut atau sekadar ditepuk halus ke sekeliling tubuh Anda. Sebaiknya jangan sampai benar-benar kering. Biarkan kulit dalam keadaan agak lembab guna memudahkan penyerapan obat dan produk pelembab kulit.

Ketiga, pakai obat topikal untuk eksim (bentuk salep, krim, atau lotion) sesuai dengan resep dokter. Anda bisa aplikasikan obat ini segera setelah selesai mengeringkan tubuh dengan handuk.

Keempat, setelah selesai pakai obat topikal, lanjutkan dengan mengaplikasikan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Selain meresepkan penggunaan obat topikal, biasanya dokter juga akan memberikan Anda produk pelembab kulit tergantung kondisi eksim yang Anda alami.

Kelima, beri waktu sejenak bagi kulit untuk menyerap seluruh perawatan yang telah diberikan sebelum Anda mengenakan pakaian. Beri jeda setidaknya sekitar 3-5 menit. Tujuannya untuk menjaga kelembapan di area kulit yang terkena eksim. Sebagai perawatan tambahan, penting untuk mencukupi kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi optimal.

Baca Juga:



Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *