Pamit, LG Sempat Rilis Smartphone yang Hadir dengan Inovasi Terkini


Jakarta, Wikimedan Vendor asal Korea Selatan LG Electronics mengungkapkan bahwa mereka telah menghentikan divisi selular yang terus merugi sejak beberapa tahun terakhir. Keputusan resmi ini menjadikan LG sebagai merek smartphone besar pertama yang sepenuhnya menarik diri dari pasar.

Namun jika menelisik sepak terjang LG di industri smartphone, vendor ini tidak bisa dianggap pemain biasa, karena LG pernah menghadirkan sejumlah smartphone dengan inovasi terkini.

Mengenang kontribusi LG dalam bisnis smartphone, berikut smartphone inovatif yang telah dibuat LG.

LG G5

LG G5 menjadi smartphone yang berbeda dari seri lainnya, karena LG menggunakan smartphone modular, area yang hanya berani dilakukan oleh beberapa produsen. G5 memiliki apa yang disebut Magic Slot yang memungkinkan penggunanya melepas bagian bawah ponsel dan menukarnya dengan aksesori tambahan.

LG menamakan aksesoris tersebut LG Friends. Salah satu add-on ini adalah LG Cam Plus yang menghadirkan kontrol kamera perangkat keras seperti tombol shutter fisik, tombol camcorder, dan tombol zoom. Add-on ini juga memiliki baterai internal, sehingga meningkatkan total kapasitas baterai ponsel.

Namun seri ini tidak hadir di Indonesia, sebagai gantinnya, LG menghadirkan G5 SE, alasannya lebih cocok untuk pasaran Indonesia. Harganya juga lebih bersaing dibandingkan LG G5, yang Rp 1 juta lebih mahal. Di Indonesia seri ini dibandrol dengan harga Rp8 juta, dan dirilis pada 2016.

LG G5 SE turut mendukung modul hardware yang bisa ditukar-tukar di bagian bawah perangkat. Modul ini dapat menambah fungsi perangkat dan juga kompatibel dengan milik LG G5. Modul yang tersedia baru dua jenis, yakni modul kamera untuk menambah area handgrip dan kapasitas baterai serta modul audio untuk meningkatkan kualitas keluaran suara.

LG G Flex

LG G Flex merupakan salah satu yang revolusioner, hal itu karena ini punya layar yang melengkung dan fleksibel. Salah satu nilai jual yang dimiliki oleh smartphone ini tentu saja terdapat pada layar lengkungnya yang fleksibel. Dimensi smartphone ini sendiri tergolong besar, layarnya berukuran 6 inch (720 x 1280 pixels) dan bodinya berukuran 160.5 x 81.6 x 8.7 mm. Sedangkan untuk beratnya mencapai 177 gram. Smartphone ini mengusung desain unibody, sehingga cover belakangnya tidak bisa dilepas.

Fitur menarik lainnya dari LG G Flex termasuk tombol daya dan volume yang dipasang di belakang serta blaster IR yang dipasang di belakang yang memungkinkan kamu mengontrol peralatan elektronik dengan memegang telepon secara tegak, daripada secara horizontal seperti remote control biasa.

Sektor performa LG G Flex dipercayakan pada chipset Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800 dengan prosesor Quad-core 2.26 GHz Krait 400 yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 2 GB. Sementara sebagai media untuk menyimpan file telah disediakan memori penyimpanan internal berkapasitas 32 GB, tanpa ada slot untuk microSD.

LG V10

LG bukanlah hal baru dalam layar ganda, LG V10 adalah contoh lain dari obsesi pabrikan Korea dengan layar ganda. Unggulan yang diluncurkan pada 2015 ini memiliki dua layar yang saling bertumpuk. Layar utamanya adalah layar QHD 5,7 inci dan di atasnya ada layar sentuh 2,1 inci yang lebih kecil di samping kamera selfie ganda.

Display seri ini menggunakan layar utama IPS LCD berukuran 5.7 inci dengan resolusi 1440 x 2560 pixels dengan kerapatan layar mencapai 515 ppi. Lalu,layar kedua pada LG V10 ditempatkan di atas layar utama dengan ukuran lebih kecil, yakni 2.1 inci. Ketika layar utamanya mati, layar tambahan dapat menampilkan informasi cuaca, waktu dan tanggal, serta kapasitas baterai.

Selain itu, layar yang terdapat pada LG V10 juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi MIL-STD-810G yang membuatnya memiliki daya tahan yang cukup kuat terhadap goncangan. Sama seperti pada smartphone flasghip kelas premium lainnya, spesifikasi LG V10 juga sudah dilengkapi dengan Fingerprint Sensors untuk melindungi privasi penggunanya. Terakhir, pada bagian perlindungan layar hadirlah sistem proteksi Corning Gorilla Glass 4 yang akan memberikan perlindungan secara sempurna pada layarnya.

Dengan tampilan utama, yang sekarang berada dalam posisi lanskap, kamu dapat mengakses layar sekunder 3,9 inci yang lebih kecil. Saat dibuka, LG Wing tampak seperti huruf besar “T”. kamu dapat memegang telepon dalam mode ini atau membalikkannya, sehingga layar yang lebih besar ada di bagian bawah. Pengguna smartphone ini dapat menonton video YouTube di layar utama sambil menelusuri komentar di layar kedua.

LG Wing

Desain LG Wing memang berbeda, bahkan dibanding ponsel lipat yang ada di pasaran saat ini. Ponsel ini memiliki dua layar, di mana salah satunya bisa diputar hingga 90 derajat. Dalam basic mode atau posisi layar sekunder tidak diputar, LG Wing akan tampak seperti smartphone pada umumnya, hanya saja lebih tebal dari smartphone lain.

Layar utama berukuran lebih besar yakni 6,8 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.460 x 1.080). Jenis panel yang digunakan adalah P-OLED dengan rasio aspek 20,5:9 dan resolusi 1,240 x 1,080. Baca juga: LG Q92 Meluncur dengan Snapdragon 765G dan Empat Kamera Sementara layar kedua yang bisa diputar berdiagonal 3,9 inci dengan panel jenis OLED.

Bagian punggung layar utama dilapisi bahan thermoplastic yang disebut bisa melindungi bagian layar dalam dari goresan. Beberapa peredam hidrolik digunakan untuk mengurangi tekanan pada saat layar sekunder diputar ke atas membentuk huruf “T”. DI punggung layar utama terdapat tiga kamera yang masing-masing beresolusi 64 MP (f/1.8), ultra wide 13 MP (f/1.9), dan ultra wide big pixel 12 MP (f/2.2). Ponsel ini juga mengadopsi kamera selfie pop-up dengan resolusi 32 MP (f/1.9).

Sebab, bingkai layar di sisi atas dan bawah tidak terlalu tebal. Desain layar putar semacam yang diterapkan LG Wing ini dibuat dengan harapan bisa memudahkan multitasking di smartphone.

LG mengklaim bahwa layar yang diputar ini akan awet hingga 200.000 kali putaran dengan rata-rata 100 gerakan setiap hari selama lima tahun. Untuk hardware, LG Wing ditenagai chipset Snapdragon 765G 5G yang dipadu dengan RAM 8 GB dan internal 256 GB. Kapasitas penyimpanan bisa ditambah hingga 2 TB menggunakan microSD. Baterainya berkapasitas 4.000 mAh dan didukung teknologi pengisi daya cepat Qualcomm Quick Charge 4.0 serta fitur NFC. Untuk sistem keamanan perangkat, LG Wing dibekali pemindai sidik jari di dalam layar. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 10. Ada dua warna yang tersedia yakni Aurora Gray dan Illusion Sky.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *