OLX Dikabarkan PHK 300 Karyawan, Mau Jual Bisnis Mobil Bekas

Pasang Iklan Disini

WikimedanOLX Dikabarkan PHK 300 Karyawan, Mau Jual Bisnis Mobil Bekas. Situs jual beli OLX, dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawannya.

Menurut laporan dari DealStreetAsia, dikutip Selasa (31/1/2023), sebuah sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa OLX Group bakal melakukan pengurangan karyawan di Indonesia.

Setidaknya 300 orang dari 1.000 karyawan yang ada di Indonesia bakal terdampak PHK ini.

Perusahaan juga bakal mengubah arah bisnis secara perlahan dari model bisnis ke konsumen (business to consumer/B2C) menjadi konsumen ke bisnis (consumer to business/C2B) dan bisnis ke bisnis (business to business/B2B)

Tak hanya itu, perusahaan juga ingin untuk menjual bisnis otomotif yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan penjualan yang sepi.

Kabar penjualan bisnis otomotif memicu spekulasi bahwa Grup OLX dapat menarik diri sepenuhnya dari Indonesia, mengingat iklan baris otomotif merupakan unit bisnis inti OLX. Bisnis inti lain OLX, yaitu properti, telah dialihkan ke EPMG.

Pada 2020, EPMG mengumumkan merger dengan OLX Group, perusahaan iklan klasifikasi digital milik Prosus. Dalam merger tersebut, EPMG menerima US$ 150 juta dari OLX Group dan investor lain sehingga valuasi perusahaan menembus US$ 1 miliar.

Salah satu poin dari merger adalah diserahkannya operasional bisnis klasifikasi properti OLX ke EPMG di empat negara. Buntut dari perjanjian tersebut, bisnis properti OLX Indonesia diserahkan ke Lamudi.co.id, perusahaan milik EPMG di Indonesia.

EMPG pada Oktober 2022, mengumumkan pendanaan investasi sebesar US$200 juta (Rp3,11 triliun).

OLX Autos sendiri adalah bisnis yang dibangun lewat akuisisi startup Belimobilgue. Pendiri Belimobilgue, Johnny Widodo, kemudian diangkat sebagai CEO OLX sebelum meninggalkan perusahaan ke TaniHub pada Juli 2022.

Kepada Dealstreet Asia, grup OLX menolak mengomentari rumor pasar tetapi mengkonfirmasi PHK tersebut.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa OLX mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi struktur biayanya sehubungan dengan perubahan kondisi ekonomi makro. Oleh karena itu, kami mengurangi jumlah tenaga kerja kami di seluruh perusahaan, termasuk OLX Autos di Indonesia. Kami mohon maaf telah berpisah dengan kontributor berharga ini, tetapi melakukan hal itu diperlukan untuk memenuhi ambisi masa depan dalam melayani pelanggan kami,” kata juru bicara OLX dalam sebuah pernyataan.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230131085935-37-409552/olx-dikabarkan-phk-300-karyawan-mau-jual-bisnis-mobil-bekas

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *