Nutrisi Penting untuk Kesehatan Ibu Hamil dan  Menyusui

Pasang Iklan Disini

Sekarang ini sebagian orang sudah mengetahui akan pentingnya DHA untuk ibu hamil dan janin. DHA itu juga sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui karena diketahui sangat bermanfaat untuk mendukung kinerja sistem saraf pusat, otak, dan mata.

Perkembangan Otak Bayi

Sebuah studi telah menemukan bahwa seorang ibu yang mengkonsumsi suplemen DHA selama kehamilan dan menyusui bisa memiliki anak yang cerdas.

Perkembangan Visual Bayi

Sebuah penelitian lainnya juga mengungkapkan adanya hubungan antara asupan DHA oleh ibu hamil selama trimester kedua dan ketiga dengan ketajaman visual pada bayi yang berusia dua bulan.

DHA untuk Kehamilan

Omega-3 diketahui memiliki efek positif dalam mendukung kehamilan yang sehat. Peningkatan sebuah asupan EPA dan DHA telah terbukti dapat mencegah persalinan prematur, menurunkan risiko preeklamsia ataupun darah tinggi pada kehamilan.  Serta juga dapat meningkatkan berat lahir bayi.

Bagi seorang ibu yang sedang menyusui, maka memperhatikan asupan makanan juga penting untuk memastikan kebutuhan gizi terpenuhi. Tak hanya makronutrien seperti halnya karbohidrat, protein dan lemak saja, maka mikronutrien seperti vitamin dan mineral pun tidak boleh luput dari perhatian. Mikronutrien tersebut terdiri dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui, hal ini tidak bisa dibuat oleh tubuh tapi bisa didapatkan dari makanan.

Berikut ini beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu menyusui

  • Kalsium

Kebutuhan asupan kalsium harian bisa didapatkan dari susu, keju, yogurt, ikan, tahu, bok choy, brokoli, kubis ataupun lobak hijau.

  • Zinc

Meski tidak ada bahaya yang signifikan karena asupan zinc yang kurang, tapi ibu menyusui harus tetap memenuhi kebutuhan zinc di masa menyusui. Makan daging sapi, daging ayam, makanan laut, telur, biji-bijian, kacang polong, dan yogurt merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan asupan zinc harian Anda.

  • Magnesium

Ibu menyusui bisa memperoleh asupan magnesium dari kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berwarna hijau, kerang, dan juga tiram.

  • Vitamin B6

Ibu menyusui bisa memperoleh vitamin ini dari pisang, unggas, daging, ikan, kentang, ubi jalar, bayam, semangka, kacang polong, sereal, dan juga kacang-kacangan.

  • Vitamin E

Makanan yang menjadi sumber vitamin E yaitu kacang-kacangan seperti halnya almond dan kacang tanah, biji-bijian termasuk biji bunga matahari, sayur dan buah seperti bayam, brokoli, mangga, dan tomat.

Inilah beberapa nutrisi penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil dan menyusui. Kekurangan dari asupan nutrisi tersebut bisa berdampak pada janin dan bayi.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *