Nggak Usah Bingung Beli di Apotek, Cukupi Vitamin C dengan Konsumsi 10 Makanan Ini

Daftar Indodax

Nggak Usah Bingung Beli di Apotek, Cukupi Vitamin C dengan Konsumsi 10 Makanan Ini. Meningkatnya kasus Covid-19 membuat kita harus pintar menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin C. Selain berperan sebagai antioksidan, vitamin C dapat merawat kesehatan gigi dan tulang serta memproduksi kolagen.

Tak heran banyak orang memburu tablet vitamin C di apotek. Tapi sebenarnya, vitamin C ada dalam sayuran dan buah-buahan yang kita konsumsi. Berikut ini makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan harianmu.

1. Jeruk

Buah jeruk dapat memberikan 70 mg vitamin C dan mencukupi 78 persen kebutuhan vitamin harian untuk tubuh kita. Vitamin C dalam jeruk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga ampuh melawan flu dan infeksi. Nggak hanya untuk kesehatan, jeruk juga dapat mencerahkan wajah dan mencegah penuaan.

2. Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan 87 mg vitamin C setiap 145 gramnya dan menyumbang 97 persen kebutuhan vitamin harianmu. Vitamin C dalam pepaya memberikan efek antiinflamasi pada otak dan dapat membantu meningkatkan daya ingat. Buah ini dapat menurunkan stres dan peradangan pada penderita Alzheimer.

3. Sawi

Sayuran hijau ini mengandung 195 mg vitamin C dan memenuhi kebutuhan vitamin C harian hingga 217 persen. Mengonsumsi sawi dapat melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan tulang, mencegah anemia, dan mendukung fungsi hati. Sawi juga kaya akan vitamin A, serat, kalsium, folat, kalium, dan mangan.

4. Jambu Biji

Buah ini mengandung 126 mg vitamin C yang dapat memenuhi 140 persen kebutuhan harian. Jambu biji juga memiliki antiokasidan likopen yang berperan mencegah pertumbuhan sel kanker. Rutin mengonsumsi 7 buah jambu biji setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

5. Kesemek

Buah berwarna oranye berselimut bubuk putih ini, punya rasa yang manis seperti sawo. Selain lezat, buah ini mengandung 16,5 mg vitamin C yang dapat menyumbang 18 persen kebutuhan vitamin C harian. Kesemek juga memiliki banyak manfaat seperti menurunkan kadar kolesterol, mencegah diabetes, dan mengobati batuk.

6. Cabai

Sayuran dengan sensasi pedas ini menyimpan 109 mg vitamin C dan mencukupi 121 persen kebutuhan vitamin harian. Selain vitamin C, cabai kaya akan kandungan capcaisin. Zat ini dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit.

7. Lemon

Lemon mentah mengandung 83 mg vitamin C. Kebutuhan harianmu bisa terpenuhi sebanyak 92 persen dengan mengonsumsi jus lemon. Selain itu, buah ini kaya akan antioksidan dan mencegah anemia.

8. Stroberi

Buah stroberi memiliki kandungan vitamin C sebanyak 89 mg setiap 152 gramnya dan mampu mencukupi 99 persen kebutuhan vitamin harian. Buah ini juga menyimpan banyak zat lain yang bermanfaat seperti flavonoid, antioksidan, mangan, dan folat. Semua zat tersebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, kanker, dan demensia.

9. Kiwi

Buah kiwi menyimpan 71 mg vitamin C sehingga 79 persen kebutuhan harianmu bisa terpenuhi. Mengonsumsi buah kiwi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena penyakit stroke dan pembekuan darah.

10. Leci

Kandungan vitamin C dalam satu buah leci adalah 7 mg. Buah dengan rasa manis dan sedikit asam ini dapat mencukupi 7,5 persen dari kebutuhan vitamin C harianmu. Konsumsi buah leci juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan sintesis kolagen.

Itulah beberapa pilihan makanan dengan kandungan vitamin C tinggi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain sehat, makanan tersebut murah dan cukup mudah ditemukan loh. Kamu bisa membeli buah-buahan dan sayuran tersebut di pedagang kaki lima untuk membantu mereka bertahan hidup di masa pandemi yang sulit ini.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *