Muncul Gejala Ini Saat BAB? Awas! Bisa Jadi Tanda Hepatitis

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Muncul Gejala Ini Saat BAB? Awas! Bisa Jadi Tanda Hepatitis. Penyakit hepatitis akut diketahui telah menyebar ke bayak negara termasuk Indonesia. Sejumlah gejala dilaporkan pada kasus hepatitis ini, termasuk saat buang air besar (BAB).

Dalam beberapa kasus, hepatitis menimbulkan sindrom klinis yakni adanya peningkatan enzim hati. Berikut daftarnya:

1. Penyakit kuning
2. Sakit perut
3. Diare
4. Urine dengan warna kecoklatan seperti air teh
5. Nyeri atau rasa tidak nyaman di perut
6. Mual dan muntah
7. Masalah perut
8. Warna feses pucat

Namun, pada beberapa kasus yang melaporkan penyakit hepatitis misterius ini tanpa diikuti dengan gejala demam.

Ada sejumlah cara untuk terhindar dari penularan penyakit ini, beberapa di antaranya adalah rajin mencuci tangan serta menjaga kebersihan udara.

Kasus hepatitis misterius ini diumumkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) sejak 15 April 2022 lalu. Ini terjadi pada sejumlah anak-anak yang tersebar di wilayah Eropa, Amerika serta Asia.

Beberapa anak dilaporkan mengalami gagal hati akut. Sejumlah kecil kasus diantaranya bahkan membutuhkan transplantasi hati.

Sementara itu, otoritas kesehatan Inggris memperkirakan penyebab wabah ini akibat infeksi adenovirus karena setengah dari total kasus terkonfirmasi positif adenovirus dan sebagian lainnya positif terinfeksi hepatitis misterius.

Namun, ada juga yang memperkirakan hepatitis akut ini disebabkan oleh tipe baru adenovirus sehingga gejalanya cukup berat. WHO hingga kini belum dapat memberikan kejelasan mengenai wabah hepatitis misterius ini.

UKHSA juga memastikan hepatitis tersebut tidak terkait dengan vaksin Covid-19. Para ilmuwan dan dokter juga masih mempertimbangkan penyebab termasuk Covid-19, infeksi virus lain dan faktor lingkungan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *