Menjelaskan Cara Kerja Teknologi Screen Touch ID di Vivo V11 Pro


Saat di acara peluncuran Vivo V11, cukup banyak yang takjub saat mencoba kecanggihan fitur Sensor Touch ID di Vivo V11 Pro untuk pertama kalinya. Dan itu hal yang wajar. Ikon sidik jari yang tiba-tiba muncul di layar dan hanya merespons sidik jari yang telah didaftarkan, memang terdengar dan terlihat seperti aksi sulap saat pertama.

Namun seperti yang kita tahu, itulah kemajuan teknologi yang memang kadang terlihat seperti keajaiban. Tapi sebenarnya bagaimana cara kerja Screen Touch ID? Berikut penjelasan singkatnya.

Menggunakan sensor pemindai sidik jari khusus

Untuk mewujudkan sensor sidik jari di bawah layar, Vivo menggandeng Synaptics yang menciptakan sensor tersebut. Sensor ultrasonic (bukan kapasitif seperti pada layar sentuh) tersebut menggunakan gelombang suara unuk menciptakan pemetaan 3 dimensi pola sidik jari.

Sedangkan dari sisi pemakaian – mulai dari mendaftarkan hingga menggunakan sidik jari untuk membuka – tidak ada perubahan dibanding sensor sidik jari biasa. Teknologi sensor sidik jari dari Synaptics ini hanya dapat bekerja dengan layar OLED, memanfaatkan celah yang ada di antara pixel untuk memindai sidik jari.

Dengan menempatkan sensor sidik jari di bawah layar, berarti tidak dibutuhkan ruang khusus untuk memuat sensor sidik jari fisik seperti pada umumnya. Penempatan sensor di layar juga lebih memudahkan bagi pengguna yang kebanyakan butuh membuka kunci layar setelah melihat informasi di layar.

Screen Touch ID di Vivo V11 Pro

Pada Screen Touch ID di Vivo V11 Pro, Anda bisa mendaftarkan 5 sidik jari. Ini diperlukan mengingat sensor tidak akan bisa membaca jari yang basah, kotor atau berminyak. Jadi saat butuh membuka kunci layar dalam kondisi jari kotor sedang makan, Anda dapat menggunakan jari yang masih bersih.

Vivo V11 Pro juga memberikan tiga pilihan ikon dan animasi Screen Touch ID yang dapat dipilih sebagai variasi. Dari pengujian kami, membuka kunci ponsel dengan Screen Touch ID dapat dilakukan dengan mudah dan akurat. Rata-rata, dibutuhkan sekitar 1 detik untuk membuka kunci ponsel.

Hanya saja perlu diperhatikan bahwa Anda perlu sedikit menekan ikon agar sensor dapat mengenali sidik jari. Jadi tidak cukup menyentuh atau menyapukan jari di atas sensor.

Fitur keamanan lain yang diandalkan Vivo V11 Pro adalah Face Access. Ini adalah fitur pembuka kunci layar melalui pengenalan wajah. Untuk meningkatkan kecepatan pengelanan wajah, Vivo menggunakan sinar infra merah (infrared). Jadi dengan menembakkan sinar inframerah yang tidak terlihat oleh mata ke wajah, Vivo V11 Pro akan dapat memetakan 1024 titik muka. Kelebihan Face Access yang ada di Vivo V11 Pro, ponsel akan dapat mengenali wajah dalam kondisi gelap sekalipun.

Inovasi Screen Touch ID yang dibawa Vivo V11 Pro memang mengejutkan. Pasalnya Vivo V11 Pro “hanyalah” sebuah smartphone kelas menengah dengan harga 4 jutaan rupiah saja. Biasanya teknologi yang terbaru dan tercanggih akan hadir terlebih dahulu di ponsel flagship yang harganya kini mencapai di atas 10 jutaan rupiah.

Kami sudah mengulas lengkap tentang Vivo V11 Pro di artikel ini. Bagi yang berminat membeli Vivo V11 Pro, informasi penjualan bisa dilihat di tautan ini. Sedangkan informasi tentang Vivo V11 Pro juga bisa dibaca di link berikut.

Komentar



Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *