Mengirim Ikan Hias Itu Mudah, Begini Caranya agar Aman dan Legal

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Ikan hias kini banyak diminati berbagai kalangan. Baik untuk sekadar hobi hingga untuk bisnis ikan hias. Para penjual ikan pun banyak dijumpai di berbagai daerah. Malahan tak sedikit pula yang memasarkan ikan hias melalui situs belanja online.Namun begitu, para penjual sering kali kurang memperhatikan pengiriman ikan hias. Masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengirimkan ikan hias yang legal agar tak ditolak ekspedisi.

Mungkin, bila jangkauan pembeli dan penjual tak terlalu jauh, jasa kirim melalui ojek online jadi favorit. Apalagi, saat ini pada beberapa situs e-commerce, menyediakan layanan ojek online untuk pengiriman pada hari yang sama dengan batas enam jam.Lantas bagaimana bila mengirim melalui jasa ekspedisi?

Kepala Seksi Budidaya Balai Riset Budidaya Ikan Hias Kota Depok Deni Setiawibawa menyebut bahwa ada beberapa tahapan yang harus dilalui. “Tapi sebenarnya kami melalui ekspedisi kurang begitu tahu teknisnya. Yang jelas, prosesnya sama, wajib menggunakan karantina,” ungkap Deni kepada Wikimedan.Hal yang wajib diperhatikan adalah pengemasan ikan, mulai dari plastik, hingga pembungkus paketnya.

Plastik wajib menggunakan setidaknya dua lapis, dan pembungkus paket wajib pakai styrofoam agar suhu udara terjaga serta tak rusak bila tertindih barang lain.Bagaimana bila ingin kirim ikan ke luar negeri? Deni menyebut bahwa mekanismenya tentu lebih mudah. “Kalau itu tunjuk eksportir yang punya semacam kewenangan yang ditetapkan KKP,” tutup dia.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *