Mengenal Vantablack, Warna Hitam Paling Gelap yang Bisa Menyerap Hampir 100 Persen Cahaya

Daftar Indodax

Mengenal Vantablack, Warna Hitam Paling Gelap yang Bisa Menyerap Hampir 100 Persen Cahaya – “Mejikuhibiniu” istilah untuk warna-warna dasar yang artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Biasanya warna itu juga yang muncul pada pelangi. Warna lain yang kita kenal adalah perpaduan dari warna-warna dasar. Selain itu, kita juga mengenal hitam dan putih yang dianggap sebagai warna netral.

Mungkin sebagian orang menganggap hitam sebagai warna paling pekat dan gelap. Namun, ternyata ada warna yang lebih hitam dan gelap daripada warna hitam itu sendiri. Namanya adalah vantablack. Wikimedan akan membahas lebih lanjut tentang vantablack, yang kalau dilihat seperti portal hitam menuju dunia lain.

Vantablack diciptakan sebagai pewarna khusus

Vantablack sebenarnya adalah merek warna super hitam yang diciptakan sebagai pewarna khusus oleh sebuah perusahaan teknologi di Inggris bernama Surrey NanoSystems. Warna super hitam ini pertama kali muncul pada 2014. Saat itu vantablack langsung menjadi pembicaraan karena bisa menyerap hampir 100 persen cahaya, tepatnya 99,96 persen. Awalnya, vantablack dikembangkan untuk sistem kalibrasi benda hitam yang dibawa satelit.

Saking gelapnya, benda tiga dimensi yang diwarnai vantablack nantinya jadi seperti tanpa bentuk dan menjadi seperti siluet. Kalau benda berwarna vantablack disandingkan dengan benda warna hitam, maka benda hitam itu bakal terlihat seperti abu-abu. Bahkan vantablack sampai dijuluki sebagai black hole. Kebayang kan betapa gelapnya?

Tercipta dari zat kimia unik

Ada alasan kenapa vantablack bisa jadi super hitam karena berupa karbon nanotube yang ukurannya sangat kecil. Susunan karbon nanotube punya jarak yang sama, nggak terlalu berjauhan maupun berdekatan, jadi seperti ada ruang kosong. Sehingga partikel-partikel cahaya bisa masuk ke ruang di antara karbon nanotube. Hasilnya, cahaya seperti terperangkap di dalamnya.

Karbon nanotube terbuat dari zat kimia bernama partikel katalis. Zat kimia unik itu dipisahkan menggunakan gas kemudian menghasilkan vantablack. Menariknya, partikel katalis punya kemampuan buat memunculkan reaksi kimia super cepat. Itulah yang bikin vantablack sampai bisa super hitam dan menyerap hampir 100 persen cahaya.

Vantablack dipakai untuk lapisan satelit dan mobil

Vantablack utamanya digunakan untuk mewarnai satelit luar angkasa. Fungsinya untuk mencegah pantulan benda lain yang mungkin bisa mengganggu satelit. Jadi, cahaya di luar angkasa dari benda lain bakal diserap oleh satelit berwarna vantablack itu. Selain itu, vantablack juga dipakai untuk mewarnai mobil dan karya seni.

Ada mobil BMW dan Ferrari dengan warna vantablack. BMW X6 dilapisi vantablack varian VBx2 yang bentuknya spray alias semprot. Mobil super hitam ini nggak memantulkan cahaya yang kelihatannya jadi seperti mobil kartun dua dimensi. Tapi BMW X6 tidak dijual bebas, karena produksinya susah. Selain itu juga belum teruji keamanannya saat dipakai berkendara. Sejauh ini, BMW X6 hanya untuk keperluan show atau pameran.

Punya banyak kelebihan

Bukan sekadar warna biasa, vantablack punya banyak kelebihan. Nggak cuma bisa menyerap hampir 100 persen cahaya dari beragam sisi, vantablack juga anti lembab. Maksudnya adalah benda tiga dimensi warna vantablack bakal tetap terlihat dua dimensi walaupun kena air atau lembab. Air tidak akan menempel pada permukaan benda yang dilapisi oleh vantablack. Seperti daun talas yang terkena air. Bahkan, vantablack juga tahan suhu panas tinggi, guncangan, dan getaran.

Ada warna yang lebih hitam dari vantablack

Vantablack sudah dianggap warna paling hitam, ternyata ada yang mampu mengalahkannya. Ada warna hitam yang lebih hitam daripada vantablack bernama Redemption of Vanity. Pencipta Redemption of Vanity adalah MIT (Massachusetts Institute of Technology), kampus terbaik dunia di Amerika Serikat. Konon, Redemption of Vanity 10 kali lebih gelap dan hitam daripada Vantablack. Warna paling hitam sedunia ini bisa menyerap cahaya sampai 99.995 persen.

Pencipta Redemption of Vanity ternyata nggak sengaja menciptakan warna terhitam dan tergelap di dunia. Awalnya Kehang Cui, salah satu penggagas Redemption of Vanity, melakukan eksperimen membuat lapisan alias coating berwarna gelap. Fungsinya buat meningkatkan sifat panas dan listrik benda yang dilapisi warna Redemption of Vanity. Sewaktu sudah jadi, terlihat sangat gelap. Akhirnya dilakukan tes dan hasilnya warna itu bisa menyerap cahaya benar-benar hampir 100 persen.

Itulah vantablack, warna paling hitam yang bisa menyerap hampir 100 persen cahaya. Meski sempat disebut warna paling hitam, ternyata masih ada saingannya. Jangan-jangan, ke depannya akan ada warna hitam yang bisa menyerap 100 persen cahaya? Gimana menurut kamu soal warna paling hitam ini? Jadi membayangkan punya mobil vantablack yang terlihat keren?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *