Mengenal Kecanggihan Fitur AI Camera di Vivo V11 Pro


Tidak lagi mengejar besaran megapixel, produsen ponsel kini berlomba menanamkan kecerdasan buatan ke dalam kamera yang ada di smartphone. Salah satunya adalah Vivo yang baru saja memperkenalkan V11 Pro dengan AI Camera.

Menyempurnakan fitur AI di kamera yang ada di smartphone sebelumnya, fitur AI pada kamera Vivo V11 Pro lebih pintar lagi. Berikut kecanggihan fitur-fitur baru AI Camera pada Vivo V11 Pro.

AI Scene Recognition

Kamera belakang Vivo V11 Pro akan dapat mengenali obyek, elemen dan pemandangan yang berbeda seperti “Malam hari”, “Portret” untuk subyek manusia, “Makanan” atau “Bunga”. Kemudian AI Scene Recognition akan mengoptimalkan pengaturan kamera sehingga menghasilkan foto yang terbaik menurut Vivo V11 Pro.

Misalnya jika V11 Pro mendeteksi makanan, maka saturasi warna akan dinaikkan sehingga makanan terlihat lebih menarik dan mengundang selera seperti contoh foto berikut.

IMG_20180716_123627

Jika tidak ingin menggunakan AI Camera, Anda tinggal beralih ke mode Professional.

AI Portrait Framing

Sebuah foto yang baik tidak melulu ditentukan oleh kameranya, tapi juga teknik memotret. Kamera Vivo V11 Pro telah dilengkapi fitur AI Portrait Framing. Analoginya, fitur ini ibarat fotografer handal yang mendampingi Anda untuk menghasilkan foto lebih baik.

Jadi saat fitur ini diaktifkan, ponsel akan memberitahu apakah komposisi yang ada di layar sudah oke atau belum. Jika masih kurang oke, AI Portrait Framing akan meminta Anda menggerakkan ponsel ke titik tertentu agar komposisi foto menjadi lebih baik.

Sebagai catatan, AI Portrait Framing tidak akan bekerja jika kamera tidak mengenali subyek atau obyek yang ada di dalam frame. Misalnya, saya mengarahkan kamera ke tembok dan pintu dan AI Portrait Framing tidak memberikan rekomendasi apa pun. Sebaliknya, saat saya arahkan kamera ke sesosok wajah manis di acara peluncuran Vivo V11 Pro, AI Portrait Framing langsung merekomendasikan saya menggeser kamera untuk komposisi lebih baik.

Berikut hasil rekomendasi AI Portrait Framing yang menyuruh agar ponsel digeser agak ke kiri sehingga posisi subyek tidak pas di tengah.

IMG_20180912_150158

AI Selfie Lighting

Fitur selfie yang sedang naik daun ini juga ada di V11 Pro. Intinya, kamera akan dapat menyimulasikan efek cahaya untuk hasil foto selfie yang lebih kreatif dan unik. Tercatat ada 6 efek pencahayaan yang bisa dipilih yaitu Natural Light, Studio Light, Stereo Light, Loop Light, Rainbow Light, dan Monochrome Background.

Berikut beberapa contoh foto dengan Selfie Lighting, langsung dari kamera.

Rainbow Light
Vivo V11 Pro

Monochrome Background
Vivo V11 Pro

Studio Light
Vivo V11 Pro

Dengan fitur ini, Anda bisa bereksperimen menghasilkan foto selfie terbaik yang layak dibagikan di media sosial.

Anti-Backlight AI HDR

Memotret dalam kondisi cahaya latar yang amat kontras sering menghasilkan foto dengan latar terlalu terang atau subyek terlalu gelap. Vivo mengantisipasi hal itu dengan menanamkan fitur Anti-Backlight AI HDR. Fitur ini akan dapat mendeteksi cahaya latar yang terlalu terang dan mengompensasinya sehingga hasil foto lebih berimbang.

Berikut contoh foto sebelum dan sesudah menggunakan fitur Anti-Backlight AI HDR.

Vivo V11 Pro
Vivo V11 Pro

Seperti terlihat, latar pada foto tanpa fitur HDR terlihat terlalu terang dan tidak jelas. Sebaliknya pada foto dengan fitur HDR aktif, detil di latar belakang foto terlihat dengan jelas.

Fitur ini juga berguna saat Anda mengambil foto selfie dengan matahari terbenam di latar dan kondisi pencahayaan yang amat kontras lainnya.

Fitur AI untuk hasil foto lebih menarik

Satu fitur menarik yang dimiliki Vivo V11 Pro adalah AI Face Beauty. Fitur ini dapat dijalankan di kamera depan maupun belakang. Di dalamnya, Anda akan dapat mengatur banyak hal seperti skin tone, bentuk wajah, mata, dagu, mulut, serta hidung. Efek hasil pengaturan akan selalu ditampilkan secara real-time. Dengan pengaturan yang pas, Anda akan mendapatkan hasil foto yang diinginkan.

Sekali lagi, fotografi tidak melulu mengenai besaran megapixel pada sensor atau diafragma lensa. Inovasi dari sisi software juga dibutuhkan untuk memberikan pengalaman memotret dan hasil foto terbaik. Dan itulah yang dibuktikan Vivo V11 Pro yang telah mengemas beragam fitur AI di kamera yang relevan dan berguna untuk beberapa kondisi.

Hasil foto langsung dari kamera Vivo V11 Pro (tanpa penyuntingan) bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut mengenai Vivo V11 Pro, simak ulasan lengkap YANGCANGGIH.COM. Sedangkan informasi pembelian dan promo bisa dilihat di tautan ini.

Komentar



Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *