Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

Pasang Iklan Disini

Ketika demam, Anda pasti akan memakai termometer untuk mengukur suhu tubuh. Namun dari sekian banyak jenis termometer yang ada di pasaran, mana yang paling tepat buat Anda? Sudah tahukah Anda cara pakai termometer yang benar?

Jenis-jenis dan cara pakai termometer 

Beda jenis termometer, ternyata cara menggunakannya tidak sama. Berikut jenis-jenis termometer yang paling umum serta cara pakaimua.

1. Termometer air raksa

Termometer air raksa adalah yang paling umum dan paling banyak digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Cara pakai termometer ini adalah dengan diselipkan ke ketiak atau ke dalam mulut.

Butiran air raksanya akan bergerak naik ke ruang kosong dalam tabung dan berhenti pada angka yang menunjukkan suhu tubuh Anda.

Termometer ini sudah tidak umum lagi digunakan karena tabungnya rentan pecah. Kandungan merkurinya berisiko bahaya jika langsung terkena kulit atau lidah.

2. Termometer digital

Sesuai dengan namanya, termometer digital akan menyajikan suhu tubuh Anda dalam angka digital. Cara pakainya sama seperti termometer raksa, yaitu letakkan di lidah atau ketiak. Bisa juga dimasukkan ke dalam anus, tapi tentu Anda harus membedakan mana termometer untuk anus dan untuk lidah atau ketiak.

Biarkan 2-4 menit sampai termometer berbunyi dan muncul angka akhirnya.

3. Termometer empeng digital

Termometer empeng ditujukan khusus bagi anak kecil dan bayi. Cara pakai termometer ini cukup mudah karena bentuknya mirip seperti empeng atau dot, masukkan langsung ke dalam mulut dan tunggu 2-4 menit sampai keluar hasilnya.

4. Termometer inframerah

Cara pakai termometer ini berbeda dari umumnya karena tidak perlu dimasukkan atau ditempelkan pada bagian tubuh tertentu. Cukup dekatkan ujung termometer yang memiliki sensor pada lubang telinga atau permukaan dahi dan nyalakan. 

Pastikan untuk meletakkan ujung sensor tidak terlalu dalam atau terlalu jauh dari target. Nantinya dari ujung termometer itu akan “ditembakkan” sinar inframerah yang membaca panas tubuh.

Berapa suhu tubuh yang normal?

Menurut Journal of American Medical Association, suhu tubuh normal rata-rata orang dewasa yang sehat adalah 36º Celsius sementara  bayi atau anak-anak berkisar pada 36,5-37º Celsius.

Apabila lebih tinggi dari angka normal, kemungkinan Anda atau anak Anda mengalami demam, infeksi, atau masalah kesehatan lainnya. Sebaiknya periksa ke dokter untuk cari tahu penyebab dan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga:


Kategori : Berita Kesehatan

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *