Mengatasi Sembelit dengan Kopi? Sehatkah?

Pasang Iklan Disini

Siapa yang tidak kenal kopi, si hitam yang beraroma menggoda ini ternyata memiliki banyak khasiat yang bisa kamu dapat baik dengan meminumnya maupun menjadikannya masker kulit. Lebih dari 50 negara telah membudidayakan tanaman yang satu ini. Selain memiliki manfaat bagi tubuh, kopi juga dapat digunakan sebagai pewangi alami untuk menghilangkan bau amis dan apek pada ruangan kamu.

Banyak orang berpandangan dan meyakini bahwa kopi sangat ampuh untuk mengobati sembelit. Kemampuan kafein dan senyawa lain yang terkandung di dalam kopi bisa memberikan efek laksatif yaitu memicu kontraksi dalam usus. Dengan adanya kontraksi dalam usus inilah buang air besar dapat berjalan dengan lancar.

Kopi Jangan Jadi Andalan Obat Sembelit

Pada tahun 1990 di sebuah jurnal Gastroenterology, sebuah penelitian mengemukakan bahwa setelah beberapa orang meminum kopi, “respon gastrocolonic” terinduksi oleh kopi. Di dalam perut hormon gastrin diproduksi kemudian dijadikan sebagai peningkat aktivitas motorik usus besar. Disimpulkan bahwa meningkatnya aktivitas usus besar tersebut menjadi efek pencahar kopi.

Wanita lebih sering mengalami sembelit dibandingkan dengan pria. Hal ini dikarenakan rektum wanita lebih sensitif. Masalah perut dan kesulitan buang air rata-rata memang dialami wanita dibanding laki-laki, dan kopi menjadi obat sembelit andalan. Namun mengandalkan kopi untuk obat sembelit tidak disarankan karena dapat menyebabkan efek mual-mual, kepala pusing, dan sensasi perut kembung.

Obat Sembelit

Obat yang dikenal sebagai obat untuk mengatasi sembelit disebut obat pencahar. Selain untuk mengatasi konstipasi atau sembelit, obat pencahar juga digunakan dalam tindakan medis untuk membersihkan tinja di dalam usus, maupun operasi usus atau kolonoskopi. Di pasaran juga sudah banyak beredar obat konstipasi yang bisa dibeli secara ecer.

Kamu bisa membeli obat sembelit untuk mengatasi kasus sembelit baik di apotek maupun toko online seperti pada https://www.goapotik.com/produk/psidii-60-ml-sirup yang bisa kamu kunjungi untuk menemukan solusi permasalahan kamu. Pastikan kamu menemukan obat yang kamu cari, ya. Jangan takut untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan masalah sembelit.

Kamu juga bisa mencoba beberapa obat sembelit dan susah buang air alami selain kopi di sekitar kamu.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *