Meneropong Wajah Industri Telekomunikasi 2019

Pasang Iklan Disini

Jakarta, WikimedanKehadiran 4G membuat ekosistem DNA (device, network, application) semakin berkembang di Indonesia. Namun ditengah meningkatnya pengguna smartphone yang mendorong lonjakan konsumsi data, industri selular sesungguhnya terbilang rapuh. Hingga semester pertama 2018,  kinerja operator terus melorot. Bahkan sudah mengalami negative growth baik dari sisi pendapatan (-12,3%) dan juga EBITDA (-24,3%).

Rendahnya tarif data, diikuti dengan dampak dari kebijakan registrasi pra bayar, dan kondisi ekonomi makro yang tak kondusif, seperti kurs rupiah yang masih tertekan terhadap dolar, membuat operator bakal menutup 2018 dengan kinerja yang kurang menggembirakan.

Seperti halnya operator, industri smartphone juga tumbuh dibawah ekspektasi. Pertumbuhan penjualan ponsel pada tahun ini diperkirakan tak sebaik tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh melemahnya daya beli masyarakat dan kondisi ekonomi Indonesia, karena turunnya tingkat konsumsi dan investasi.Lantas bagaimana kinerja operator di tahun 2019 ini ?

Untuk mengetahui bagaimana merumuskan strategi penyehatan industri dan upaya bertumbuh di industri telekomunikasi Indonesia, Wikimedan mengadakan Selular Business Forum 2019 dengan tema “Mencari Ruang Pertumbuhan di Tengah Ketatnya Iklim Kompetisi”.

Selular Business Forum 2019 ini akan diselenggarakan pada hari Kamis, 17 Januari 2019 pukul 08.30 hingga 12.00 wib di Mawar Room, Balai Kartini, Jln. Gatot Subroto Kav. 37, Jakarta. Acara ini turut diisi oleh pembicara dari lembaga pemerintahan, provider, vendor smartphone dan asosiasi.

Pembicara yang akan menjadi narasumber diantaranya:

  • Keynote Speaker: Sri Mulyani – Menkeu RI*

  • Ahmad M. Ramli – Dirjen PPI Kemkominfo

  • Ismail MT – Dirjen SDPPI Kemkominfo

  • Ririek Adriansyah – Ketua Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI)

  • Chris Kanter – Dirut Indosat Ooredoo*

  • Dian Siswarini – Dirut XL Axiata

  • Kristiono – Ketua Umum Masyarakat Telekomunikasi

  • Hasan Aula – Ketua Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI)

  • Tjandra Lianto – Marketing Director Advan

  • Bhima Yudhistira Adhinegara – Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef)

Para pelaku industry telekomunikasi, startup, Lembaga Pemerintahan dan asosiasi terkait juga akan turut menghadiri Forum ini.

Acara ini terbuka untuk para pembaca Wikimedan dan para pelaku industri. Untuk menghadiri acara ini silahkan Daftar Di sini atau klik banner yang ada di SelularID.

Untuk konfirmasi dan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Yuni, email: [email protected], Mobile: 0813-1143-5466
Donnie, email: [email protected], Mobile 0878-8923-4471/0858-850-6263

Kategori : Berita Teknologi

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *