Mendeteksi Ciri-Ciri Keloid Sejak Awal Kemunculannya


Keloid adalah jaringan parut berlebih yang terbentuk di atas luka yang baru pulih. Dikarenakan tumbuh secara berlebihan, maka bagian yang ditumbuhi keloid akan terlihat menonjol di atas kulit. Keloid tidak langsung tumbuh begitu saja, melainkan pelan-pelan. Namun, kita bisa mendeteksi ciri keloid yang akan tumbuh sejak awal.

Tidak semua orang yang memiliki bekas luka akan mengalami keloid. Beberapa luka seperti luka bakar, jerawat yang parah, dan luka bekas operasi bisa saja ditumbuhi keloid. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi faktor genetik (keturunan) termasuk salah satu penyebab munculnya keloid.

Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai ciri keloid yang biasanya ditunjukkan di awal kemunculannya.

Apa saja ciri keloid ketika pertama-tama muncul?

penyebab keloid

Keloid tidak muncul begitu saja secara instan. Biasanya, kemunculan keloid ditandai dengan berbagai tanda seperti:

Awalnya, muncul bekas luka

Biasanya keloid dimulai dengan bekas luka yang berwarna merah muda, merah, atau ungu. Bentuknya beragam, bisa bulat dan juga oval. Jika pada bekas luka mulai terlihat ada tonjolan yang warnanya berbeda dibandingkan dengan bagian kulit Anda lainnya, bisa jadi itu adalah tanda awal keloid.

Tumbuh secara perlahan

Keloid biasanya muncul dengan ukuran yang kecil, hingga lama-lama membesar dan terus menyebar. Karena itu, tak jarang keloid pada bekas luka Anda berukuran cukup besar dan mengganggu penampilan. Keloid muncul secara perlahan dan biasa memakan waktu 3 hingga 12 bulan atau bahkan lebih lama di bagian kulit yang mengalami bekas luka.

Berwarna pucat dengan tekstur padat tetapi kenyal

Bekas luka yang telah ditumbuhi keloid biasanya akan terasa berbeda jika disentuh. Umumnya akan terasa lebih menonjol dengan tekstur yang padat tetapi kenyal. Selain itu, warnanya juga biasanya lebih pucat atau gelap seiring dengan berjalannya waktu dibandingkan dengan bagian kulit yang lain.

Keloid yang berwarna gelap biasanya diakibatkan oleh paparan sinar matahari langsung ke bagian tersebut.

Terasa sakit, gatal, dan nyeri

Ciri keloid tumbuh di awal mula yaitu Anda akan merasa gatal, sakit, dan juga nyeri pada bagian bekas lukanya. Namun, gejala ini umumnya akan hilang dengan sendirinya saat keloid sudah berhenti tumbuh. Usahakan untuk tidak menggaruknya terlalu keras. Anda bisa mengompresnya dengan air hangat jika rasa gatal cukup mengganggu.

Baca Juga:



Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *