Menangi Pemilu, Berikut Rahasia Kampanye Jokowi

Wikimedan – Presiden Joko Widodo kembali blusukan ke Kota Palembang, Minggu (25/11). Dalam lawatannya tersebut, mantan Wali Kota Solo ini sempat membeberkan rahasia kampanyenya selama ini kepada para pendukung dan relawannya.

Dikatakan Jokowi, pada saat pertama mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo, dirinya dihadapkan dengan beberapa calon yang sangat dikenal.

Sedangkan, dirinya hanya orang biasa yang terkadang orang pun bertanya ‘siapa Jokowi ini’. Namun, ia membuktikan dengan berhasil menang walaupun sangat tipis dibandingkan pesaingnya.

Kemudian, di periode keduanya ia berhasil memborong suara di Solo hampir 90 persen. “Ini berkat kampanye door to door yang dilakukannya,” ucap Jokowi saat ditemui di Gedung The Sultan Convention Center Palembang, Minggu (25/11).

Kemudian, dalam pencalonannya menjadi Gubernur DKI, masyarakat pun masih banyak yang tidak diketahui masyarakat. Ia pun kembali melakukan kampanye door to door hingga dirinya pun berhasil memenangkannya dan menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Tak sampai situ saja, ia pun dipercaya kembali menjadi orang nomor satu di Indonesia lewat Pilpres 2004 lalu. Karena itu, ia mengingatkan para pendukung dan relawan untuk selalu mengimbau agar para pendukung dan relawan selalu menjalankan kampanye ala door to door sehingga dapat lebih dikenal.

Menurutnya, kampanye dengan menggunakan gaya ini lebih efektif dibandingkan media sosial (medsos). Seperti contoh, pada saat pemilihan presiden Amerika Serikat. Dimana Hillary Clinton lebih dikenal dibandingkan Donald Trump. Namun, pada kenyataannya yang menang yakni Donald Trump.
“Jadi yang paling efektif yakni berkampanye dengan cara door to door. Namun, tidak melepaskan upaya medsos,” ujarnya.

Dirinya meyakini jika di Sumsel sendiri mampu mencapai target. Apalagi tokoh politik seperti Syahrial Oesman, Herman Deru dan Alex Noerdin. “Untuk targetnya kami serahkan kepada TKD Sumsel,” singkatnya.

(lim/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *