Memasak Nasi Dengan Campuran Tepung Kelapa Baik untuk Penderita Diabetes

Pasang Iklan Disini

Nasi putih sering dianggap sebagai musuh bebuyutan pengidap diabetes karena kandungan gulanya dapat memicu kenaikan gula darah yang drastis. Namun, kini Anda tak perlu khawatir jika ingin makan nasi. Katanya, memasak nasi putih dan tepung kelapa berbarengan justru baik buat orang diabetes. Kenapa begitu? Simak ulasan lengkapnya di sini.

“Duet” nasi putih dan tepung kelapa turunkan gula darah

Tak hanya dijadikan sebagai bahan pembuat kue, tepung kelapa ternyata juga bisa dijadikan campuran nasi putih. Mengutip Republika, Dr. Didah Nur Faridah, kepala Pengembangan Layanan Analisis Pangan di IPB mengatakan bahwa memasak 1 cangkir belimbing (±180 gram) nasi putih dengan menambahkan 6-7 sendok makan (sdm) tepung kelapa dapat secara drastis menurunkan indeks glikemik nasi.

Skor indeks glikemik dinilai dengan rentang skor 1-100. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat makanan tersebut menaikkan gula darah. Berdasarkan tabel nilai IG dari Harvard Medical School, skor satu porsi nasi putih umumnya sekitar 75.  Nah ketika menambahkan tepung kelapa saat memasak nasi, Dr. Nur Faridah mengatakan nilai indeks glikemik seporsi nasi tersebut turun menjadi 49. Kok bisa?

Manfaat tepung kelapa buat penderita diabetes ini datang dari kandungan seratnya yang tinggi. Serat tepung kelapa bahkan diketahui 14 kali lebih banyak ketimbang tepung terigu biasa. Serat tepung kelapa dapat memperlambat proses penyerapan glukosa dari nasi putih di dalam tubuh, sehingga gula darah tidak akan tiba-tiba melonjak setelah makan nasi.

Pada umumnya, makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu mencegah kadar gula darah dan kadar insulin melonjak tinggi dengan cepat. Peran makanan bernilai indeks glikemik rendah terhadap kontrol gula darah juga sudah dibuktikan oleh banyak penelitian.

Cara memasak nasi putih dan tepung kelapa

Proses memasak nasi dengan campuran tepung kelapa sebenarnya tidak jauh berbeda seperti cara menanak nasi biasanya. Jika ingin mencoba masak nasi dan tepung kelapa, berikut tips-tips yang bisa Anda ikuti di rumah:

  • Cuci beras sampai bersih.
  • Campurkan tepung kelapa bersama beras putih dan air ke dalam wadah rice cooker. Sebelum dimasak, aduk tepung kelapa, beras dan air hingga tercampur rata.
  • Masak nasi sampai matang.

Ingat, tetap perhatikan porsi makan Anda!

Meski makanan dengan indeks glikemik rendah baik untuk membantu mengendalikan gula darah para diabetesi, penting untuk tetap memerhatikan porsi makan nasi Anda.

Sebab meski tepung kelapa bisa bantu menurunkan indeks glikemik nasi, asupan nasi putih dalam porsi berlebihan tetap berisiko membuat gula darah Anda naik.

Jadi, pastikan Anda tetap memerhatikan berapa banyak porsi makan nasi Anda, ya! Segala yang berlebihan tentu tidak baik buat tubuh.

Baca Juga:


Kategori : Berita Kesehatan

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *