Mau Tahu Apa itu Crypto? Yuk, Simak Pengertian Serta Resiko Bagi Membernya

Pasang Iklan Disini

Mau Tahu Apa itu Crypto? Yuk, Simak Pengertian Serta Resiko Bagi Membernya. Mungkin Anda sudah mengetahui mengenai apa itu crypto yang mana sempat menjadi perbincangan di beberapa tahun sebelumnya. Mengapa oleh Bank Indonesia melarangnya sebagai aset komoditi jangka panjang?

Padahal apabila ditelusuri crypto ini sangat membantu transaksi keuangan. Daripada Anda bingung mengenai bursa jangka panjang ini. Yuk, segera simak dan ulas lebih mendalam mengenai pengertian, manfaat serta resikonya.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Crypto

Mata uang yang beberapa tahun ini cukup booming adalah crypto. Uang kripto atau cryptocurrency merupakan media untuk bertransaksi memakai kriptografi.

Apakah Anda sudah mulai paham apa itu crypto? Dimana cryptocurrency ini diprogram untuk menjadi aset digital. Pada intinya hampir sama seperti trading saham, namun ada beberapa perbedaan dalam hal bertransaksi.

Aset digital ini lahir karena adanya blockchain di masyarakat. Bahkan terdapat pula aset digital yang mencapai ratusan juta rupiah.

Itulah mengapa crypto termasuk dalam bursa berjangka menurut Bappebti. Walaupun sebenarnya aset ini sempat dilarang oleh Bank Indonesia sebagai alat untuk berinvestasi.

Perlu diketahui bahwa apa itu crypto atau cryptocurrency memiliki sebuah tujuan bagi para membernya, yaitu keuntungan yang berlimpah. Sebab dalam perdagangannya aktivitas jual beli tersebut berlangsung selama 24 jam per hari selama seminggu

Meskipun pada kenyataannya memiliki risiko cukup tinggi. Lantas seperti apa sih resiko yang harus diterima oleh membernya?

Resiko Tinggi Yang Akan Menghampiri  Para Member

Dalam aktivitas trading crypto Anda sebagai member harus berhati-hati. Mengapa demikian? Hal ini agar terhindar dari adanya kerugian yang bernilai cukup fantastis di bursa jangka panjang crypto.

Bila ingin terjun dalam trading crypto maka perlu mengetahui adanya kerugian yang harus diterima, yaitu:

Nilai Turun Tak Terbatas

Sebagai seorang trader pemula Anda harus mengetahui kelebihan dan kelemahan apa itu kripto. Sebab seperti yang diketahui bahwa nilai aset digital crypto bisa saja melejit hingga ratusan bahkan tanpa batas.

Keuntungan yang sangat menggiurkan untuk mereka yang belum mengetahui dunia trading crypto. Meskipun demikian tetap memiliki adanya sebuah resiko besar yang harus para trader tanggung yaitu penurunan tanpa batas.

Bisa jadi sebagai investor mengalami keuntungan yang berlipat dalam waktu satu hari. Namun, bisa juga menjadi merugi hingga ratusan akibat adanya jual beli cryptocurrency.

Apa itu crypto sebuah aktivitas yang mengalami pasang surut dalam berinvestasi yang mana akan mengaktifkan sistem auto rejection. Akan tetapi, ada perbedaan jika Anda berinvestasi seperti di pasar modal saham atau reksadana.

Untuk bursa efek yang ada di Indonesia, jika mengalami penurunan saham kurang lebih 7 persen setiap harinya. Saat itu pulalah, maka pihak otoritas bursa akan menetapkan adanya suspensi.

Dengan demikian maka para trader atau Para investor tak akan mengalami kerugian cukup besar. Cukup mengasyikkan, bukan? Bila bisa mendapatkan keuntungan besar?

Tidak Memiliki Fundamental

Pastinya Anda sudah mengetahui mengenai seluk beluk apa itu crypto bukan? Di mana bukan merupakan mata uang rupiah ataupun dolar walaupun kenyataannya disebut uang.

Dalam aktivitas ini cryptocurrency tidak mempunyai adanya fundamental, seperti kondisi ekonomi pada suatu negara dan suku bunga.z Selain itu pula jika dilihat dari segi fundamental trading crypto tidak akan bisa dianalisis.

Ini sama seperti saham emiten yang mana tidak akan memiliki adanya dividen, laba, pendapatan ataupun operasi bisnis. Sedangkan untuk Reksadana bisa dilihat adanya sebuah portofolio.

Itulah mengapa Apa itu crypto akan kesulitan dalam hal menganalisis ataupun memprediksi sebuah nilai wajar. Crypto lahir karena adanya sistem blockchain yang mana memungkinkan para trader untuk melakukan transaksi secara instan.

Sebab dalam sistem blockchain tidak ada badan otoritas yang memberikan aturan secara jelas dalam membatasi sebuah perdagangan. Dapat disimpulkan bahwa Para investor atau trader tak akan memiliki perlindungan hukum apabila terjadi permasalahan pada aset kripto.

Lain halnya jika saham atau reksadana yang mana berada di bawah pengawasan otoritas jasa keuangan. Sedangkan apa itu crypto jika terjadi adanya pergerakan yang tidak sesuai maka tidak ada tidak akan ada sanksi.

Namun, meskipun demikian berbakti kementerian perdagangan tetap akan mengontrol para pemilik akses kripto yang sudah diperdagangkan di Indonesia.

Perbedaan Antara Investasi dan Trading

Bila Anda ingin terjun dalam dunia investasi dan trading. Perlu mengetahui mengenai apa sebenarnya tujuan dari kegiatan tersebut. Sebagai contoh bila berinvestasi maka tujuan yang harus diketahui yaitu mendapatkan untung dalam waktu jangka lama.

Sedangkan apa itu crypto  merupakan keuntungan berlebih yang bisa menghasilkan ketika adanya aktivitas jual beli saham. Sayangnya keuntungan tersebut hanya dinikmati dalam waktu singkat.

Bila ingin mendapatkan untung, maka sebaiknya melakukan investasi, yang mana bertahan dalam jangka panjang. Tentunya jika mengalami fluktuasi naik turun pasar harian tak akan berpengaruh.

Mereka akan mendapatkan fluktuasi pasar harian dalam kegiatannya menjual atau membeli saham yang sudah mereka miliki.

Perbedaan lain yang mendasar mengenai apa itu crypto bisa dilihat dari manfaatnya, yaitu:

Adanya Tujuan

Perbedaan mendasar dari adanya kegiatan trading dan investasi, yaitu adalah tujuan. Seperti yang anda ketahui bahwa sebuah investasi merupakan aktivitas dalam menyimpan keuangan di waktu mendatang.

Namun, lain halnya bagi para trader yang ingin memiliki sebuah uang banyak dalam waktu singkat. Sedangkan untuk investor memiliki visi dan misi harta atau keuangan di masa mendatang.

Para investor akan Menginvestasikan uang tersebut dalam sebuah saham blue chip, emas, properti, dan reksadana. Sedangkan, mereka yang terjun kedalam aktivitas apa itu crypto, menikmati saham dalam waktu singkat.

Mengambil Sebuah Keputusan

Jika dilihat dari keputusan antara investasi dan trading, maka para trader harus menguasai ilmu analisis saham agar tidak salah dalam membelinya. Di lain sisi mereka juga harus pintar dalam hal mengetahui trend pasar yang cukup berpengaruh.

Biasanya mereka yang paham tentang dunia crypto maka bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Mereka sudah mengerti kapan Harus menjual ataupun membeli aset.

Apa itu crypto? Yaitu jual beli aset crypto yang mana menggunakan strategi DCA. Hal ini memungkinkan para trader tersebut harus selalu berinvestasi meskipun terjadi naik turun aset di pasar.

Adanya Resiko

Seperti yang sudah dijelaskan pada point atas mengenai resiko yang menghampiri. Mereka yang terjun pada dunia trading saham akan memiliki resiko tinggi jika dibandingkan dengan berinvestasi.

Bila Anda sudah terjun pada trading maka harus memiliki pengalaman yang cukup baik. Hal tersebut agar bisa mengetahui secara singkat Apakah aktivitas tersebut memiliki keuntungan atau kerugian.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian jika terjun dalam dunia trading crypto. Meskipun pada dasarnya aktivitas Ini menghasilkan keuntungan cukup besar dalam waktu yang singkat.

Pada intinya jika ingin terjun ke dunia trader, maka Anda harus mengetahui apa itu crypto. Dengan demikian, Anda akan bisa bersikap dalam mengambil keputusan mengenai keuntungan dan kerugian.

Share :