Mata Uang Asia Pulih Karena Rebound China

Daftar Indodax

Wikimedan – Mata uang Asia yang terpapar perdagangan naik tipis pada hari Senin karena rebound China dari pandemi COVID-19 tetap pada jalur kuartal lalu, bahkan ketika kehati-hatian tentang hasil pemilihan AS membuat dolar AS tetap didukung terhadap mata uang utama lainnya.

Produk domestik bruto China tumbuh 4,9% pada kuartal September dari tahun sebelumnya, lebih lambat dari perkiraan tetapi lebih cepat dari kuartal ketiga dan dibantu oleh keuntungan yang kuat dalam output industri dan akselerasi penjualan ritel.

Yuan dan dolar Australia dan Selandia Baru yang sensitif terhadap risiko merosot dari tertinggi sesi setelah tajuk utama PDB meleset, tetapi tetap dibeli dengan pandangan bahwa data konsumsi adalah pertanda pertumbuhan yang lebih baik pada kuartal saat ini.

Yuan stabil terakhir dalam perdagangan darat di 6,6982 per dolar, setelah mencapai puncak baru 18 bulan di 6,6852 dalam perdagangan pagi.

Aussie dan kiwi, keduanya naik tipis 0,1%, memangkas kenaikan sebelumnya karena pernyataan bank sentral dovish minggu lalu tetap menjadi beban di Antipodean.

“Angka PDB (China) datang sedikit di bawah ekspektasi, tetapi data bulanan menunjukkan tidak ada alasan untuk menjadi terlalu pesimis,” kata Yoshiko Shimamine, kepala ekonom di Dai-ichi Life Research Institute di Tokyo.

“Perekonomian China masih berada di jalur pemulihan, didorong oleh peningkatan ekspor. Belanja konsumen juga menuju ke arah yang benar, tetapi kami tidak dapat mengatakan itu telah sepenuhnya menghilangkan hambatan yang disebabkan oleh virus corona.”

Output industri pada September meningkat 6,9% dari tahun sebelumnya, sementara penjualan ritel tumbuh 3,3%, keduanya jauh di atas ekspektasi.

Dolar secara luas stabil di tempat lain, dengan kekhawatiran investor tentang meningkatnya kasus virus korona, pemilihan AS yang membayangi, dan memudarnya prospek stimulus fiskal sebelumnya memberikan dukungan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *