Manfaat dan Contoh Senam Hamil

Senam hamil sangat bagus dan disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil, tujuan dari senam tersebut adalah untuk kehamilannya yang sehat. Terdapat banyak sekali manfaat dari senam untuk ibu hamil.

Mulai dari tidur menjadi nyenyak, sendi yang menjadi kuat, otot menjadi kencang, menghilangkan ketidaknyamanan ketika hamil, dan yang paling utama adalah ibu hamil dapat mempersiapkan dirinya untuk menghadapi persalinan.

Senam Hamil

Beberapa Contoh Senam Hamil serta Manfaatnya

1. Duduk Bersila

Yang pertama dari gerakan senam hamil adalah duduk bersila. Ibu hamil dapat menggunakan matras untuk dijadikan alas. Pertama, kedua tangan ditarik ke arah depan dada. Lalu setelah itu, nafas ditarik secara perlahan-lahan dengan penuh rileks, dan lakukan berulang. Turunkanlah kedua tangan sambil nafas dihembuskan. Lakukanlah secara berulang dengan penuh ketenangan. Manfaat dari duduk bersila adalah otot dari ibu hamil dikencangkan serta dapat menghilangkan stress karena hamil.

2. Duduk Berjongkok

Gerakan ini begitu simple untuk dilakukan. Untuk yang pertama, ibu hamil berdiri dengan membelakangi dinding dengan menghimpit sebuah bola senam antara dinding dengan punggung sambil membukakan kaki sedikit. Turunkan badan dengan kemiringan 90 derajat. Lalu berdiri lagi atau kembali pada posisi awal. Lakukan gerakan ini maksimal 10 kali. Manfaatnya adalah masa kelahiran akan terbantu karena dibukanya jalan untuk lahir bagi bayi.

3. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan salah satu dari gerakan senam hamil. Gerakan ini sangat mudah dilakukan dan dapat dilakukan di mana saja serta kapan saja. Ibu hamil hanya perlu melakukan jalan kaki, menggerakkan kakinya, jalan kaki secara perlahan. Lakukanlah jalan kaki secara sering. Gerakan ini memang sangat sederhana, namun mempunyai manfaat untuk mengurangi waktu dari persalinan.

4. Mengangkat Kaki

Gerakan ini bertumpu pada kedua tangan ibu hamil. Tangan harus diluruskan pada bawah bahu dengan lutut yang kemiringannya 90 derajat, pastikan punggungnya untuk sejajar dengan tangan yang diangkat lurus. Setelah posisi benar, kembalilah pada posisi awal jika sudah menahan gerakan tadi selama beberapa detik. Manfaat dari mengangkat kaki adalah menjadikan punggung lebih kuat.

5. Senam Kegel

Untuk melakukan senam kegel, jangan pernah gunakan otot perut, otot paha, dan otot pantat, karena hal itu mempunyai resiko untuk ibu hamil. Lakukanlah menggunakan dasar panggul sebagai penahan, tahanlah selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali, sesuai yang diinginkan oleh ibu hamil. Manfaatnya adalah untuk melatih otot kegel.

6. Duduk di Kursi untuk Melakukan Senam

Pada senam hamil ini, ibu hamil dapat melakukannya dengan menggunakan handuk yang panjang. Handuk tersebut ditarik oleh tangan yang telah disangkutkan pada kaki. Tariklah tubuh sampai terasa bahwa perut sudah kencang. Tahanlah beberapa detik untuk dapat kembali pada posisi pertama.

 

Lakukanlah gerakan ini maksimal 10 kali. Semoga bermanfaat.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *