LvG: Guardiola Satu-Satunya Pelatih yang Memainkan Sepakbola Menyerang

Berita Liga Inggris: Mantan Pelatih Manchester United yang kini sudah memutuskan untuk pensiun, Louis Van Gaal, bicara soal kondisi dunia sepakbola saat ini.

Dalam wawancara dengan Sport/Foot, Van Gaal bicara banyak tentang Barcelona, klub dimana ia memberikan ban kapten kepada Pep Guardiola saat ia baru melatih klub Katalan tersebut dalam enam pekan. Van Gaal mengatakan bahwa bos Manchester City tersebut adalah salah satu manajer terhebat saat ini.

“Saya memberinya ban kapten karena attitude yang ia tunjukkan di sesi latihan. Saya suka Pep karena ia senang bicara soal sepakbola dan taktik,” ujar LvG.

“Dalam sesi latihan misalnya, ia menghampiri saya dan berkata: Mister, Figo dan Stoichkov seharusnya lebih sering menyisir sisi sayap supaya saya bisa mengirim bola ke mereka dengan mata tertutup. Ia bicara hal itu hampir setiap saat dan kini ia seorang manajer. Ia memang terlahir untuk industri ini.”

Van Gaal yang baru-baru ini mengkritik gaya main pelatih baru United, Ole Gunnar Solskjaer, juga menjelaskan bahwa ia hanya percaya pada satu filosofi, yakni sepakbola menyerang.

Baginya, menjadi juara dengan memainkan sepakbola menyerang adalah kepuasan tertinggi di dunia.

Pria Belanda tersebut juga mengatakan bahwa sekarang jauh lebih mudah menerapkan strategi bertahan ketimbang menyerang. Ia menyebut bahwa Pep Guardiola kini adalah pelatih tersisa yang memainkan sepakbola menyerang.

“Hanya tinggal satu yang tersisa, yakni Pep Guardiola. Ernesto Valverde mencobanya, tapi tidak seperti Guardiola. Jurgen Klopp pun demikian. Tapi strategi pep tidak ada artinya karena Manchester City belum berhasil menjuarai Liga Champions.”

Opini Van Gaal tersebut bisa berubah musim ini apabila Pep mampu mengantarkan City meraih gelar Liga Champions perdananya musim ini.

Menutup sesi wawancara, Van Gaal bicara mengenai tim mana saja yang memainkan strategi menyerang. Kepada Sport/Foot Van Gaal mengatakan, “Untuk saat ini hanya Barcelona, Ajax, dan Manchester City. Liverpool sedikit menyerang, Timnas Belanda juga.”

Artikel Tag: Louis Van Gaal, Guardiola, Pep Guardiola

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *