Kuy, Baca 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A70!

Ada banyak HP Samsung seri A yang menarik untuk dipilih. Dari mulai yang murah sampai yang cukup mahal. Ada juga Samsung seri A yang harganya ada di tengah-tengah, yakni Samsung Galaxy A70.

Samsung Galaxy A70 ini dijual dengan harga Rp5 jutaan saja. Tentu itu adalah harga awal karena biasanya HP Samsung bakal mengalami penurunan harga. Bisa jadi dalam waktu dekat harga HP ini dibawh Rp5 juta.

Dengan harga tersebut, apa yang menarik dari Samsung Galaxy A70 ini? Simak saja langsung ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A70 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A70

  • Chipset: Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)

  • RAM & Memori: 6 GB & 128 GB

  • Kamera: Triple 32 MP + 8 MP + 5 MP

  • Kisaran Harga: Rp 5.799.000

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy A70

Tertarik membeli HP Samsung Galaxy A70? Kalau begitu, Anda juga perlu tahu beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh HP besutan Korea Selatan ini, ya.

1. Performa Lebih dari yang Diharapkan

performa galaxy a70

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=uXxYvLMTBDc

Samsung Galaxy A70 dibekali Snapdragon 675, chipset kelas menengah dari Qualcomm. Namun kemampuan chipset ini sebenarnya mendekati kelas atas, bahkan cenderung lebih baik jika dibandingkan Oppo R17 Pro atau Realme 3 Pro yang memakai Snapdragon 710.

Snapdragon 675 sendiri terdiri dari dua kluster. Kluster pertama adalah Kryo 460 Gold  yang merupakan kluster performance dengan dual core 2.0 GHz. Kluster kedua adalah Kryo 460 Silver yang merupakan kluster untuk efisiensi daya.

Dengan Snapdragon 675 ini, Samsung Galaxy A70 dapat menjalankan gim dengan baik. Menurut AndroidAuthority, performa Samsung Galaxy A70 ini tergolong baik untuk main gim maupun untuk kebutuhan sehari-hari.

Terlebih faktor penggunaan One UI 1.1, yang merupakan UI Samsung berbasis Android Pie, membuat HP ini memiliki performa yang lebih baik. One UI yang ada di HP ini bahkan cenderung mirip dengan apa yang ada di Samsung Galaxy S10.

One UI 1.1 ini adalah UI yang mudah digunakan. Selain itu, UI ini juga mendukung navigasi gesture meski ada pilihan juga untuk menggunakan navigasi tiga tombol klasik.

Dengan sokongan Snapdragon 675 dan optimalisasi One UI, membuat performa HP ini cenderung apik. Terlebih nilai benchmark HP ini juga tergolong baik di kelas menengah. Seperti terlihat di gambar berikut ini kalau Antutu dari Snapdragon 675 memiliki nilai 167.644.

antutu dan 3d mark galaxy a70

* sumber: www.androidauthority.com

Selain itu, pada pengujian 3D Mark, HP ini ternyata mendapat skor 1063 untuk Sling Shot Extreme Vulkan dan 975 untuk Sling Shot Extreme OpenGL. Bagaimana dengan nilai Geekbench? Untuk Geekbench, terlihat seperti gambar di bawah ini, bahwa Geekbench single core HP ini adalah 2391 dan multi-core mencapai skor 6584.

Geekbench samsung galaxy a70

* sumber: www.gsmarena.com

Geekbench samsung galaxy a70

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik data benchmark tersebut, terlihat kalau Samsung Galaxy A70 memiliki performa yang cukup sebenarnya. Tentu performa Hp ini tidak sebanding dengan HP yang memiliki Snapdragon 845 atau Snapdragon 855. Tetapi di kelasnya sudah mumpuni.

AndroidAuthority misalnya menguji gim PUBG di Samsung Galaxy A70. Gim populer ini ternyata bisa dimainkan di Samsung Galaxy A70. dengan pengaturan grafis ultra. Ada peringatan penurunan framerate tetapi secara keseluruhan, gim berjalan lancar dan baik.

GSMArena juga tampak setuju kalau Samsung Galaxy A70 memiliki performa yang bagus di kelasnya. Performa HP ini tampak memiliki kekuatan yang baik di kelas harganya. GSMArena juga sependapat dengan AndroidAuthority  yang menyatakan kalau OneUI jadi faktor yang membuat HP ini bisa berjalan dengan baik.

2. Tampilan Layar yang Bagus

layar galaxy a70 2

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=uXxYvLMTBDc

AndroidAuthority menyebut layar di HP sebagai “Great Display”. Hal ini berarti layar yang ditawarkan oleh HP ini cenderung bagus. Dan memang harus diakui kalau layar HP ini memiliki tampilan layar yang baik.

Layarnya sendiri mengusung dimensi 6,7 inci Full HD+. Layarnya memiliki bezel tipis dan ada notch berbentuk Infinity-U. Bezel layar HP ini tergolong tipis, termasuk bagian dagunya tipis. Hal ini berpengaruh pada keseluruhan layar yang tampak penuh.

layar galaxy a70

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=uXxYvLMTBDc

Hal menarik dari layar HP ini adalah rasio layarnya yang mengusung 20:9. Menurut Gadgetbyte, rasio layar ini bagus karena bakal membuat HP mampu menampilkan video lebih sinematik. Hanya saja masalahnya belum banyak konten video dengan rasio 20:9.

Tentu tidak ketinggalan untuk memuji panel layar HP ini. Panel layar Galaxy A70 memakai panel Super AMOLED yang sudah diakui kualitas tampilan layarnya yang mampu menampilkan warna yang baik dan warna hitam yang pekat.

3. Daya Tahan Baterai yang Lama

baterai galaxy a70

Samsung Galaxy A70 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong besar dan mampu membuat HP ini bisa bertahan lama. Kalau menurut AndroidAuthority, daya tahan baterai ini bisa mencapai 2 harian. Dengan penggunaan yang cukup sering, daya tahannya bisa seharian lebih sedikit.

GSMArena juga memuji daya tahan baterai dari Samsung Galaxy A70. Hasil pengujian yang dilakukan GSMArena ternyata menghasilkan skor yang memuaskan, yakni endurance rating dengan skor 103.

baterai samsung galaxy a70

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik gambar di atas, Samsung Galaxy A70 ternyata dapat bertahan memutar video sampai 17 jam lamanya. HP ini juga bisa digunakan browsing terus-menerus sampai 13 jam lamanya.

Oh yah, hasil skor 103h pada Samsung Galaxy A70 ini setara dengan skor yang didapatkan Samsung Galaxy M20. Malah, Samsung Galaxy M20 dibekali baterai 5.000 mAh. Faktor penggunaan panel Super AMOLED di Samsung Galaxy A70 tampaknya jadi faktor penentu mengingat Samsung Galaxy M20 memakai panel PLS TFT.

4. Mendukung Pengisian Cepat

fast charging galaxy a70

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=uXxYvLMTBDc

Daya tahan baterai yang awet di HP ini didukung dengan pengisian daya yang cepat. Yah, Samsung Galaxy A70 ini dibekali pengisian daya cepat 25W. Daya ini mambuat membuat Samsung Galaxy A70 terisi sampai 42% dalam waktu 30 menit saja.

Daya 42% yang didapatkan dengan waktu 30 menit mungkin bukan hal biasa. Hal ini karena HP lain seperti teknologi VOOC punya Oppo mampu memberikan daya yang lebih banyak dalam waktu yang sama. Tapi terlepas dari itu, kemampuan pengisian daya HP ini patut diapresiasi.

5. Kamera Depan Tergolong Baik

kamera depan galaxy a70

* sumber: www.themobileindian.com

HP ini memiliki kamera depan dengan sensor 32 MP. Ukuran sensornya sebenarnya tidak 32 MP tetapi 8 MP dengan teknologi Pixel Binning. Meskipun demikian, hasil tangkapan kamera depan HP ini tergolong baik. Seperti kata AndroidAuthority, hasil tangkapan kamera depan HP ini cocok untuk yang suka selfie dan posting di media sosial.

6. Fitur Rekaman Video Slow-motion

galaxy a70

Samsung Galaxy A70 dibekali dengan kemampuan merekam video sampai resolusi 4K dengan 30fps. Tidak ada fitur stabilization untuk rekaman videonya. Namun yang menarik justru bukan soal dukungan rekaman video normal.

Yang menarik, Samsung Galaxy A70 ini mendukung rekaman video slow-motion. Rekaman video slow-motion yang didukung adalah resolusi 720p dengan 480fps. Hasil rekaman video slow-motion ini tergolong bagus.

7. Kehadiran USB Type-C dan Jack Audio

usb type-c galaxy a70

* sumber: www.themobileindian.com

Samsung Galaxy A70 tidak seperti HP lain di kelas menengah atas yang mulai menghilangkan audio jack. HP ini masih memiliki port 3,5mm audio jack dan tentu di tengah era kehilangan port ini, kehadiran port 3,5mm audio jack di HP ini patut diapresiasi.

Selain kehadiran port 3,5mm audio jack, Samsung Galaxy A70 juga menghadirkan port USB Type-C. Kehadiran port USB Type-C ini jelas jadi kelebihan lain, mengingat masih ada HP lain yang masih memakai micro USB.

Kekurangan Samsung Galaxy A70

Meski terlihat sangat menarik dari segi kelebihannya, ternyata Galaxy A70 ini punya beberapa kekurangan lho. Untuk mengetahuinya, Anda bisa cek penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Hasil Tangkapan Kamera Belakang Tergolong Biasa

kamera galaxy a70

Kamera belakang Samsung Galaxy A70 hadir dengan 3 kamera. Kamera tersebut terdiri dari kamera utama 32 MP dengan bukaan f/1.7 dan fitur PDAF. Kamera kedua hadir dengan sensor 8 MP ultra-wide,. Kamera ketiga adalah kamera 5Mp untuk memberi efek bokeh.

Kamera belakang Samsung Galaxy A70 ini juga dilengkapi dengan AI yang memungkinkan kamera membaca objek foto.Contohnya ketika memotret makanan, maka kamera akan membaca kalau objek yang difoto adalah makanan. Setelah itu, kamera akan menyesuaikan warna sesuai objek foto agar hasilnya maksimal.

foto kamera galaxy a70

Setidaknya, ada 20 scenario yang bisa dibaca oleh kamera ini. Mulai dari objek foto berupa teks, orang, bung, anjing, burung, bahkan pemandangan malam hari. Fitur semacam ini tentu menarik. Lantas, apakah hasil tangkapan kamera ini sebagus fiturnya? Mari simak contoh foto hasil tangkapan kamera Galaxy A70 berikut ini.

hasil kamera belakang galaxy a70 4 wide

* sumber: www.androidauthority.com

* sumber: www.androidauthority.com

hasil kamera belakang galaxy a70 5

* sumber: gadgets.ndtv.com

hasil kamera belakang galaxy a70 2

* sumber: www.techradar.com

hasil kamera belakang galaxy a70 1

* sumber: www.techradar.com

Menilik hasil fotonya, hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy A70 ini cenderung biasa. Seperti akta AndroidAuthority, hasil tangkapan kamera HP ini cenderung mengekspos gambar secara berlebihan agar terlihat lebih terang. Akibatnya, ada banyak detail yang hilang.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Techradar. Menurut Techradar, hasil foto kamera HP ini masih bisa diterima tetapi terasa hasilnya kurang detail, terutama ketika berada di kondisi kurang cahaya.

GSMArena juga memiliki pendapat yang kurang lebih sama. Hasil tangkapan kamera belakang dari HP ini cenderung biasa malah kurang mengesankan, terutama untuk kondisi kurang cahaya. Pendapat-pendapat tersebut jelas mengindikasikan kalau hasil tangkapan kamera HP ini cenderung biasa alias tidak istimewa di kelas harganya.

2. Fingerprint Underdisplay Kurang Responsif

fingerprint galaxy a70

Samsung Galaxy A70 dibekali dengan sensor sidik jari di layar. Kehadiran sensor jari di layar ini tentu patut diapresiasi, meski sebenarnya jadi biasa mengingat sensor ini juga hadir di Samsung Galaxy A50.

Hal yang disayangkan, respon membaca sidik jarinya kurang cepat. Menurut AndroidAuthority, dibutuhkan satu detik penuh atau malah lebih agar sensor bisa membaca jari. Sensor pengenalan wajah malah performanya tergolong lebih cepat jika dibandingkan sensor sidik jari.

3. Desain Bodi Plastik dan Rentan Terkena Goresan

body belakang galaxy a70

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=uXxYvLMTBDc

Samsung Galaxy A70 tidak menawarkan desain premium. Bagian belakang HP ini terbuat dari plastik mengkilap. Samsung menyebut teknologi ini sebagai ‘3D Glasstic’, sebutan marketing untuk bodi plastik mengkilap yang berwarna-warni sehingga terlihat “warnanya ngedangdut”.  

Sebenarnya bodi HP dengan plastik masih bisa diakali dengan memakai kasing berkualitas. Sayangnya, Samsung Galaxy A70 berada di kelas harga kisaran Rp5 jutaan. Seharusnya di kelas harga ini, desainnya lebih menarik.

Oh yah, penggunaan kasing di HP ini tampak sangat disarankan. Hal ini karena bodi HP ini cenderung mudah terkena goresan, seperti yang disampaikan oleh AndroidAuthority. Satu kekurangan lain tentunya.

Simpulan

Samsung Galaxy A70 merupakan HP Samsung kelas menengah yang memiliki banyak keunggulan. Performa, layar AMOLED, daya tahan baterai, dan kamera depan yang cukup oke jadi keunggulan tersendiri.

Kamera belakang HP ini juga tergolong lumayan meski di kelas harga yang sama, ada HP dari vendor lain yang menawarkan tangkapan kamera belakang yang lebih baik. Bodi plastik juga jadi nilia kekurangan lain dari HP ini. Tetapi jika hal-hal ini bukan masalah, silakan beli HP ini di  di Bukalapak dengan klik link ini.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *