Kisah Paing Takhon, Peragawan yang Jadi Biksu dan Kini Ditangkap Oleh Militer Myanmar

Daftar Indodax

Aksi protes terhadap kudeta pemerintahan Myanmar semakin memanas. Untuk meredam aksi tersebut, pemerintahan baru justru menangkap sejumlah aktivis yang dianggap terlibat dalam aksi demo tolak kudeta. Salah satu aktivis yang sudah lama menjadi buronan pemerintah adalah Paing Takhon.

Paing merupakan salah satu dari sekian banyak selebritas Myanmar yang terlibat dalam aksi tolak kudeta. Di akun sosial medianya, Paing tak takut menyerukan pembebasan terhadap Aung San Suu Kyi. Namun kini Paing telah ditangkap oleh pihak militer Myanmar. Seperti apa kisah Paing Takhon? Simak cerita selengkapnya berikut ini.

Dijuluki pria paling tampan

Paing Takhon berprofesi sebagai model, aktor sekaligus penyanyi. Pria kelahiran 17 September 1996 ini memulai debutnya di dunia hiburan sejak tahun 2014. Setelah memulai debut di dunia akting dengan bermain film berjudul Midnight Traveller dan Bad Boys 2 di tahun 2017, namanya semakin bersinar. Tak hanya prestasi, wajahnya yang rupawan membuat Paing Takhon dijuluki pria paling tampan dan menduduki peringkat ke-10 pria tertampan di dunia versi TC Candler.

Selebritas paling berpengaruh di Myanmar

Di tahun 2020, Paing Takhon sempat dipercaya menjadi Duta Pariwisata Myanmar untuk Thailand oleh Asosiasi Pemasaran Pariwisata Myanmar bersama dengan Federasi Pariwisata Myanmar. Diketahui dari akun sosial media, Paing merupakan selebriti paling berpengaruh di negara Seribu Pagoda tersebut. Instagramnya saja sudah diikuti lebih dari 1 juta orang. Sayangya, akun Instagram pria 24 tahun ini menghilang setelah dirinya ditangkap.

Aktor serba bisa

Paing Takhon adalah selebritis dengan segudang bakat. Mulai dari modelling, akting hingga menyanyi sudah pernah ia lakoni. Namun tak hanya itu, Paing juga sangat pandai melukis. Ia pernah memposting salah satu lukisannya di Instagram.

Penganut Buddha yang taat

Sebelum viral dengan turut serta menolak kudeta, Paing Takhon pernah mendapat pusat perhatian saat dirinya menjadi biksu selama 10 hari. Ia tak ragu untuk mencukur habis rambut panjangnya. Aksinya tersebut ia lakukan di awal tahun 2021.

Pria pemberani dan penyayang

Dari sejumlah video aksi demo yang beredar, Paing dikenal sebagai sosok yang pemberani. Ia tak gentar saat dihujani gas air mata oleh aparat keamanan Myanmar. Selain itu, Paing merupakan anak yang berbakti kepada orang tuanya. Ia pernah memposting momen bahagia saat memberikan hadiah berupa mobil dan rumah untuk orang tuanya. Artis yang sering dibilang mirip dengan Kim So Hyun dari Korea Selatan itu juga sosok pria penyayang binatang.

Ditangkap di rumah sang ibu

Akibat terlibat dalam aksi demo, Paing menjadi buronan pihak militer Myanmar. Bahkan ia sampai meminta bantuan PBB melalui akun Facebooknya. Tapi pada Kamis, 8 April 2021 pukul 5 pagi waktu setempat, Paing Takhon ditangkap di rumah ibunya yang terletak di Yangon, Myanmar. Pihak militer mengerahkan 50 tentara dan 8 truk untuk menangkap Paing. Media lokal mengabarkan kesehatan Paing sedang memburuk saat ditangkap.

Selain Paing Takhon, lebih dari 2.000 orang juga ditahan secara ilegal. Hingga kini konflik Myanmar yang berkepanjangan terus menimbulkan korban jiwa. Sedikitnya 70 orang dilaporkan kehilangan nyawa saat melakukan aksi demonstrasi. Semoga keadilan segera terwujud untuk seluruh rakyat Myanmar.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *