Ketahui Cara Mengajar Anak Agar Makan Makanan Bergizi Tanpa Paksaan

Daftar Indodax

Ketahui Cara Mengajar Anak Agar Makan Makanan Bergizi Tanpa Paksaan. Anak kecil memang membutuhkan asupan makanan yang mempunyai nutrisi yang bagus. Itulah mengapa orang tua harus mengetahui beberapa ciri-ciri makanan bergizi untuk anak.

Mengapa Memilih Makanan Bergizi?

Sebenarnya, orang tua memang mempunyai beberapa alasan mengapa memilih makan makanan bergizi untuk pertumbuhan sang buah hati. Orang tua berharap bahwa makanan bergizi tersebut dapat membantu anak agar tidak mudah terserang penyakit. Hal tersebut ditandai dengan daya tahan tubuh sang anak yang lebih tahan dan sehat.

Bukan hanya itu, usia anak-anak memang termasuk perkembangan otak yang sudah berada pada  periode emas. Sehingga apabila nutrisi anak tersebut sehat maka dapat mendukung kecerdasan yang dimiliki sang anak nantinya. Bahkan anak yang selalu memakan makanan yang bergizi dapat membuat anak tersebut lebih aktif.

Adapun beberapa jenis makanan sehat yang biasanya dimakan oleh sang buah hati seperti makanan buah dan sayuran. Bukan hanya itu, anak juga membutuhkan makanan berupa biji-bijian seperti roti gandum untuk setiap harinya. Selain itu, produk susu yang sebaiknya diminum oleh sang anak harus mengandung lemak, mineral, maupun energi.

Cara yang Akan Dilakukan Supaya Anak Mau Makan Makanan yang Bergizi

Makanan berupa sayuran maupun buah-buahan memang merupakan makanan yang tidak menarik untuk disantap sang anak. Hal ini menyebabkan sang anak dapat menolak makanan tersebut dan membuat sang anak tidak rutin makan. Adapun cara yang dapat dilakukan orang tua agar anak mau makan makanan bergizi dengan mudah:

1.Jangan Memberikan Makanan Fast Food

Makanan fast food merupakan makanan seperti hamburger, kentang goreng, dan lain sebagainya yang memang meningkatkan nafsu makan anak. Namun makanan seperti itu, tentu tidak baik untuk dikonsumsi anak setiap haru. Olehnya itu, orang tua diharapkan untuk lebih menyiapkan makanan rumahan saja karena sudah terjamin.

2.Memiliki Kreatif dalam Mengolah Makanan

Dalam mengolah makanan, orang tua harus selalu memiliki ide kreatif untuk meningkatkan nafsu makan anak. Dimana orang tua harus menyiapkan makanan seperti membuat roti yang memiliki isi daging dan sayur. Nantinya orang bisa membuat roti tersebut dengan bentuk yang lucu seperti bentuk mata maupun bentuk mulut.

3.Selalu Mengenalkan Variasi Makanan Bergizi

Seperti yang diketahui bahwa makanan bergizi memang mempunyai berbagai variasi yang harus dikenalkan kepada anak secara rutin. Adapun variasi makanan bergizi tersebut seperti mengolah brokoli yang dicampur dengan wortel, terong, ikan, dan lain sebagainya. Sangat disarankan dalam setiap masakan sebaiknya mencampur bahan makanan bergizi hingga 3 jenis.

4.Jangan Membiasakan Jajan di Luar

Dagangan berupa makanan di luar memang belum dapat terjamin kebersihannya sehingga tidak boleh membiasakn anak jajan di luar. Memang makanan di luar belum tentu sehat dan memiliki gizi yang bagus untuk sang buah hati. Terutama ketika sang buah hati selalu jajan cemilan yang memiliki rasa manis, berwarna, dan berminyak.

5.Mendongeng Saat Makan

Untuk mengajarkan anak agar mau memakan makanan bergizi, orang tau harus mendongeng pada saat proses makan berlangsung. Dimana orang tua harus mendongeng dengan tema pentingnya makanan bergizi untuk anak. Adapun isi dari dongeng tersebut seperti menceritakan seorang anak yang memakan brokoli sehingga bisa mengalahkan monster.

Itulah pengjelasan lengkap mengenai alasan orang tua memilih makan makanan bergizi untuk sang buah hati. Selain itu, orang tua juga harus mengetahui bagaimana cara untuk membiasakan sang buah hati memakanan makanan tersebut. Memang cara yang dilakukan tidak rumit sehingga para orang tua bisa melakukannya dengan rutin.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *