Ketahui 5 Perbedaan Samsung Galaxy Tab S6 dan Galaxy Tab S7


Apakah Anda masih ingat ketika banyak orang memiliki perangkat smartphone dan tablet secara bersamaan? Ketika itu, bahkan, seseorang tidak cukup memiliki satu perangkat pintar. Saat itu pulalah kemudian banyak tablet yang diproduksi ke pasaran. Tablet jadi banyak dipilih juga karena menawarkan layar yang lebih besar tetapi masih tetap nyaman dibawa

Sayangnya, seiring berkembangnya waktu, saat ponsel pintar semakin pintar, dan layarnya semakin lebar, popularitas tablet menurun. Terlebih ketika layar smartphone hadir dengan rasio lebih dari 16:9, ada yang 18:9, ada juga yang 19:9. Bahkan ada yang lebih.

Dengan rasio yang lebih panjang, membuat layar smartphone lebar. Efeknya, saat ini, kebanyakan ponsel pintar hadir dengan layar 6 sampai 7 inci. Di saat seperti inilah, tablet serasa tidak terlalu dibutuhkan. Dan banyak produsen tablet akhirnya tidak berjualan tablet lagi.

Namun lain cerita dengan Samsung. Samsung adalah salah satu produsen yang konsisten menghadirkan tablet terbaru tiap tahunnya. Produsen asal Korea Selatan ini begitu gencar menghadirkan tablet yang menarik. Dan banyak orang juga mencari tablet dari Samsung ini karena kualitasnya sudah teruji.

Salah satu tablet Samsung yang menarik adalah Samsung Galaxy Tab S6. Tablet ini hadir resmi di Indonesia pada 2019. Spesifikasi yang ditawarkan tablet ini tergolong kelas atas sehingga tablet ini merupakan tablet yang bisa diandalkan untuk kerja maupun bermain gim.

Di 2020, Samsung pun menghadirkan penerus dari Galaxy Tab S6, yakni Samsung Galaxy Tab S7. Tablet ini hadir resmi di Indonesia berbarengan dengan Samsung Galaxy Tab S7 Plus. Tetapi pada pembahasan kali ini, yang akan dibahas adalah Galaxy Tab S7 untuk melihat perbedaannya dengan Galaxy Tab S6.

Sebelum memulai pembahasan, mari sima spesifikasi yang ditawarkan Galaxy Tab S6 dan Galaxy Tab S7 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6

Samsung Galaxy Tab S6

  • Layar: Super AMOLED 10.5 inches, 321.9 cm2 (~82.5% screen-to-body ratio)
  • Chipset: Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
  • GPU: Adreno 640
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 1TB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 7040 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S7

  • Layar: LTPS IPS LCD 11 inci
  • Resolusi Layar: 1600 x 2560 pixels, HDR10+, 120Hz refresh rate
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot) up to 1 TB
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 8000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Samsung Galaxy Tab S6 dan Tab S7

Setelah mengetahui spesifikasi Galaxy Tab S6 dan Tab S7, selanjutnya mari kuliti perbedaan spesifikasi diantara kedua tablet ini.

1. Dimensi Bodi

 Samsung Galaxy Tab S6

Samsung Galaxy Tab S6 dan Tab S7 hadir dengan dimensi layar yang lebar. Hanya saja, keduanya memiliki ukuran dimensi yang berbeda. Samsung Galaxy Tab S6 datang dengan dimensi 244.5 x 159.5 x 5.7 mm dengan bobot 420 gram Sementara Samsung Galaxy Tab S7 hadir dengan dimensi 253.8 x 165.3 x 6.3 mm  dan bobot 498 gram.

Dari dimensinya, jelas kalau Samsung Galaxy Tab S7 sedikit lebih berat dan ukurannya lebih tebal dibandingkan Galaxy Tab S6. Meskipun demikian, kedua tablet ini sama-sama hadir dengan desain bodi berbahan aluminum. Frame yang digunakan juga memakai aluminum. Sementara di bagian depan, tersemat lapisan kaca.

2. Layar AMOLED vs IPS

Samsung Galaxy Tab S7

Samsung Galaxy Tab S6 dan Samsung Galaxy Tab S7 memiliki perbedaan di sektor layar. Samsung Galaxy Tab S6 hadir dengan layar 10,5 inci. Layarnya ini mengusung panel Super AMOLED dengan resolusi 1600 x 2560 piksel. Layarnya ini memiliki kerapatan 287 ppi.

Sementara Samsung Galaxy Tab S7 hanya hadir dengan dimensi layar 11 inci dengan resolusi 1600 x 2560 piksel dan kerapatan layar 274 ppi. Lebih lebar sedikit dibandingkan Samsung Galaxy Tab S6. Sayangnya, panel layar yang digunakan hanya IPS.

Tapi tunggu dulu! Meskipun panel layarnya IPS, layar Samsung Galaxy Tab S7 sudah mendukung HDR10+, fitur yang banyak ditemukan di ponsel kelas atas. Selain itu, layarnya juga sudah mendukung refresh rate 120 Hz.

Dengan fitur tersebut, jelas layar Samsung Galaxy Tab S7 lebih unggul. Terutama jika tablet ini digunakan untuk menikmati konten video maupun untuk bermain gim. Sementara Samsung Galaxy Tab S6 unggul dari sisi tampilan berkat AMOLED yang memberikan efek warna hitam yang lebih pekat dan memberikan pengaruh efisiensi daya dibandingkan IPS.

3. Perbedaan Chipset

Snapdragon 865 Samsung Galaxy Tab S7

Samsung Galaxy Tab S6 dan Samsung Galaxy Tab S7 sama-sama menawarkan chipset Snapdragon kelas atas. Bedanya, chipset Snapdragon yang digunakan beda generasi. Samsung Galaxy Tab S6 memakai Snapdragon 855 yang dibangun dengan fabrikasi 7 nm. Sementara Samsung Galaxy Tab S7  hadir dengan Snapdragon 865+ yang dibangun dengan fabrikasi 7 nm+.

Snapdragon 855 sendiri merupakan chipset yang didalamnya terdapat tiga kluster. Kluster pertama adalah empat core Kryo 485 dengan kecepatan 1.78 GHz untuk hemat daya. Yang kedua, adalah 3 core Kryo 485 dengan kecepatan 2.42 GHz untuk performa. Dan yang terakhir adalah satu core prime Kryo 485 2.84 GHz untuk performa yang lebih kencang.

Snapdragon 865+ juga memiliki tiga kluster. Kluster pertama adalah empat core Kryo 585 dengan kecepatan 1.8 GHz untuk hemat daya. Yang kedua, adalah 3 core Kryo 585 dengan kecepatan 2.42 GHz untuk performa. Dan yang terakhir adalah satu core prime Kryo 585 3.9 GHz untuk performa yang lebih kencang.

Menilik spesifikasi tersebut, jelas performa dari Samsung Galaxy Tab S7 lebih baik. Meskipun sebenarnya, performa dari Samsung Galaxy Tab S6 juga tidak buruk dan masih kelas atas.

4. Baterai dan Teknologinya

 Samsung Galaxy Tab S6

Karena menawarkan dimensi layar yang berbeda, jelas hal ini berpengaruh juga pada kapasitas baterai yang digunakan kedua tablet. Samsung Galaxy Tab S6 datang dengan baterai berkapasitas 7.040 mAh. Untuk Tab S7, kapasitas baterai yang dimiliki adalah 8.000 mAh.

Kedua tablet sama-sama mendukung teknologi pengisian cepat. Bedanya, Samsung Galaxy Tab S6 sudah mendukung pengisian cepat 45W. Sementara Samsung Galaxy Tab S7 hanya mendukung pengisian cepat 15W.

Dari spesifikasi yang diberikan, jelas Galaxy Tab S6 masih kalah. Daya tahan baterai mungkin bisa lebih efisien berkat layar AMOLED dan hanya refresh rate 60 Hz. Tapi waktu pengisian jadi soal lain. Samsung Galaxy Tab S7 jelas lebih menarik karena menawarkan pengisian yang lebih cepat yang tentunya berguna untuk mereka yang memang sibuk.

5. Posisi Sensor Sidik Jari

 Samsung Galaxy Tab S6

Samsung Galaxy Tab S6 dan Samsung Galaxy Tab S7 sama-sama menawarkan sensor biometrik sidik jari. Hanya saja keduanya menerapkan teknologi dan posisi sensor sidik jari yang memberikan pengalaman berbeda kepada penggunanya.

Karena menawarkan layar AMOLED, Samsung Galaxy Tab S6 memakai teknologi pengisian sidik jari di bawah layar. Teknologi ini semakin banyak dipakai ketika ponsel tersebut hadir dengan panel AMOLED.

Sementara Samsung Galaxy Tab S7 tidak memakai AMOLED. Panel layar yang digunakan adalah IPS. Karena itu, sensor sidik jari di tablet ini tidak di bawah layar, melainkan ada di bagian samping.

Selain kelima perbedaan tadi, ada pula perbedaan lain yang cukup minor. Contohnya adalah teknologi USB Type-C. Samsung Galaxy Tab S7 sudah memakai tipe 3.2 yang lebih baik dibandingkan tipe 3.1 yang ada di Samsung Galaxy Tab S6.

Selain itu, Samsung Galaxy Tab S7 hadir dengan stylus pen atau S Pen yang lebih presisi jika dibandingkan dengan stylus pen Samsung Galaxy Tab S6. Pasalnya S Pen di Samsung Galaxy Tab S7 memiliki latency 9 ms yang membuat pemakai akan terasa seperti menulis di atas kertas. Bandingkan dengan S Pen Tab S6 yang punya latency 26 ms.

Menilik perbedaan spesifikasi tersebut, jelas Samsung Galaxy Tab S7 lebih layak dipilih. Terlebih jika menilik harga kedua tablet ini yang sama-sama dibanderol di kisaran Rp12 jutaan. Dengan prosesor yang lebih baru dan teknologi yang lebih baik, memilih membeli Samsung Galaxy Tab S7 adalah pilihan tepat.

 

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *