Kemendag Pastikan Stok Sembako Aman hingga April

Wikimedan – Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan pasokan kebutuhan pokok menjelang natal dan tahun baru aman. Bahkan, Kemendag menjamin stok masih aman setidaknya sampai empat bulan ke depan atau April.

Guna memastikan pasokan Sembako aman, Kemendag juga menggandeng stakeholder daerah. “Kami melakukan pengecekan stok kebutuhan pokok di sejumlah daerah di Jateng, dan memastikan pasokan masih aman. Dan InsyaAllah dalam empat bulan ke depan stok masih aman,” terang Staf Khusus Menteri Perdagangan (Mendag) bidang Hubungan Antar Lembaga, Eva Yuliana kepada Wikimedan, Jumat (7/12) .

Salah satu lokasi pasar yang didatangi untuk memastikan stok sembako adalah Pasar Nusukan di Solo. Usai melakukan kunjungan tersebut, Eva mengatakan, bahwa memang terjadi kenaikan sejumlah bahan pokok. Salah satunya adalah komoditas cabai.

Menurutnya, kenaikan tersebut masih dalam batas wajar. “Kalau saya menyebutnya kenaikan karena pemakluman cuaca. Karena terjadi hujan maka harganya juga naik. Hal ini disebabkan saat hujan turun otomatis biaya produksi juga akan meningkat. Sehingga, harga juga mengalami kenaikan,” ucapnya.

Dan jika nanti, lanjut Eva, kondisi cuaca sudah kembali seperti semula maka harga juga akan turun. Meski terjadi kenaikan, menurutnya harga masih relatif stabil dan tidak perlu dikhawatirkan.

Sementara itu, untuk menjaga ketersediaan pasokan dan juga harga yang stabil Kemendag turut menggandeng stakeholder setempat. Hal ini ditujukan agar para pemangku kepentingan turut ambil bagian untuk menjaga harga. Terutama menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun mendatang.

“Kalau sampai ada penimbunan maka kami akan turun tangan. Tapi selama ini kami belum menemukan adanya penimbunan,” pungkasnya.

(apl/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *